15 Fakta Menarik Kucing Persia Paling Menakjubkan

Burungnya.com – Kucing Persia dikenal memiliki wajah datar, mata besar, hidung pesek, dan bulu panjang serta mewah. Namun, tidak hanya kecantikan fisik saja, kucing Persia memiliki fakta menarik yang sangat menakjubkan.

Banyak hal menarik pada kucing Persia, mulai dari jenis peaknose, flatnose, himalaya, hingga medium. Ya, mari kita bahas semuanya agar pecinta kucing mengetahuinya.

Fakta menarik kucing Persia mungkin akan membuat Anda terkejut. Sebab, pembahasan fakta kucing ini tidak hanya dari Indonesia saja, melainkan dari seluruh dunia, seperti disadur dari Thesprucepets.com.

1. Asal Usul Kucing Persia Masih Misterius

Meski asal usul kucing Persia dapat ditelusuri pada tahun 1600-an, tapi kisah awalnya masih misterius. Umumnya, kucing Persia dipercaya berasal dari Mesopotamia.

Sehingga kucing ini dinamakan Persia. Negara tersebut kemudian dikenal dengan nama Iran Modern. Terlepas dari kepercayaan tersebut, kucing Persia memiliki susunan genetik yang mirip dengan kucing dari Eropa Barat.

Asal usul kucing Persia masih misteri, tapi ada teori populer yang tentang kucing tersebut. Teori ini mengatakan bahwa ada seorang bangsawan Italia bernama Pietro della Valle bawa delapan kucing Persia pula ke Eropa Barat.

Kucing ini dibawa pulang setelah mengetahui tentang ras tersebut saat dia bepergian melalui Iran. Teori lainnya, kucing Persia dibawa ke Eropa oleh pelaut, pedagang, hingga pelancong. Kucing sering dibawa ke mana-mana untuk keberuntungan.

Kucing Persia Peaknose (thesprucepets.com)
Kucing Persia Peaknose (thesprucepets.com)

2. Kucing Persia punya Berbagai Warna dan Varietas

Ternyata kucing Persia memiliki banyak warna dan varietas. Mungkin Anda mengenal kucing ini karena warna khasnya yakni bulu putih panjang dengan mata biru cerah.

Sebenarnya ada banyak warna kucing Persia, seperti abu-abu, orange, hitam, hingga tiga warna. Jenis kucing Persia juga beragam, di antaranya Tortoiseshell, Calico, Tuxedo, Peaknose, Flatnose, Medium, dan Himalaya.

3. Kucing Persia Tidak Selalu Pesek

Selama ini mungkin kucing Persia dikenal sebagai kucing hidung pesek. Padahal, dulu kucing ini tidak pesek. Setelah mutasi genetik pada tahun 1950-an, kucing Persia jadi pesek dan berwajah datar.

Justru wajah unik pada kucing ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Walau unik, kucing ini bisa sering terkena beberapa penyakit, seperti mata berair, kesulitan bernapas, masalah pernapasan lainnya, dan sulit makan.

4. Kucing Persia punya Bulu Tebal dan Panjang

Ciri khas kucing Persia memiliki bulu panjang dan mewah. Ada dua lapisan bulu pada kucing Persia, yaitu bagian bawah lebih pendek dan atasnya lebih panjang serta halus.

Meski begitu, bulu kucing ini cenderung mudah rontok. Saran kami, bila Anda ingin memelihara kucing Persia, siap-siaplah membeli alat penyedot debu atau vacuum cleaner yang bisa menyedot bulu kucing.

5. Kucing Persia Tidak Bisa Melompat Jauh

Tak seperti kucing lain, kucing Persia tidak mahir dalam hal lompat melompat di udara. Biasanya kucing lain bisa melompat dari tempat rendah ke tinggi atau sebaliknya.

Kalau kucing Persia lebih sering beraktivitas di bawah karena tubuhnya besar dan kekar. Sehingga dia malas untuk melompat lincah.

6. Kucing Persia Bukan Kucing Primadona

Tahukah Anda, selama ini kucing Persia dianggap kucing primadona yang populer dipelihara kaum menengah ke atas. Namun, faktanya kucing ini salah satu ras dari kalangan menengah ke bawah.

Dia populer di Indonesia karena terlihat lucu dan banyak dipelihara masyarakat. Selain itu, harganya lumayan mahal. Sehingga memelihara kucing Persia jadi terlihat prestisius.

Fakta Kucing Persia (bioguard.com)
Fakta Kucing Persia (bioguard.com)

7. Kucing yang Menang Pertunjukan Kucing Pertama di Dunia

Anda mungkin belum mengetahui kalau kucing Persia adalah kucing yang menang pertunjukan kucing pertama di dunia pada tahun 1871.

Loading...

Pertunjukan ini diadakan di Crystal Palace London dan menarik perhatian 20.000 pengunjung. Mereka menampilkan beberapa kucing paling eksotif di dunia, seperti kucing Siam, kucing Anggora, kucing Liar Skotlandia, kucing Polidaktil, dan kucing Persia.

Bahkan, kucing Persia pulang membawa emas dan diberi gelar Best in Show.

8. Kucing Persia ke Amerika Serikat Tahun 1900

Semua meyakini kucing Persia pertama kali tiba di Amerika Serikat pada tahun 1895. Saat Asosiasi Peternak Kucing dibentuk di tahun 1906, kucing Persia menjadi salah satu ras terdaftar pertama dalam organisasi.

Sejak saat itulah kucing Persia menjadi salah satu ras paling populer di Amerika Serikat. Fakta sebenarnya kucing Persia tidak terlalu populer. Menurut Cat Fancier’s Association, kucing Persia menempati posisi keempat dalam peringkat ras paling populer mereka di tahun 2017.

9. Kucing Persia Disukai Bangsawan, Tokoh Sejarah, dan Selebriti

Ada beberapa nama bangsawan dan tokoh sejarah yang menyukai kucing Persia, di antaranya Ratu Victoria, Florence Nightingale, Marilyn Monroe, sampai Mitsou.

10. Kucing Persia Main Film

Jika Anda pernah melihat film James Bond, Anda pasti ingat musuh utama James Bond, yaitu Blofield memiliki teman seekor kucing Persia bulu putih dan mata biru.

Kucing Persia (pinterest.com)
Kucing Persia (pinterest.com)

11. Lukisan Kucing Terbesar di Dunia

Kucing Persia masuk dalam bagian lukisan kucing terbesar di dunia. Ada sebuah lukisan bernama My Wife’s Lovers yang menampilkan kucing Anggora dan kucing Persia.

Lukisan kucing berukuran 6 kaki kali 8,5 kaki dan dijual seharga 820.000 dolar AS. Sebenarnya ada beberapa lukisan kucing Persia, tapi tidak sebesar lukisan yang tadi.

12. Umur Kucing Persia

Jika dirawat dengan baik, kucing Persia dapat hidup hingga umur 10-15 tahun. Namun, perawatan kucing ini harus benar-benar bagus agar umurnya panjang. Pastikan kucing ini tidak terkena penyakit agar tetap sehat.

13. Kucing Persia Tidak Suka Keramaian

Fakta yang jarang diketahui, sebenarnya kucing Persia tidak suka keramaian. Jadi, dia tergolong kucing introvet yang suka menyendiri atau tidak suka tempat ramai.

14. Karakter Kucing Persia Pendiam

Kucing Kampung sangat lincah sekali. Tapi bila dibandingkan dengan kucing Persia sangat berbeda. Sebab, kucing Persia lebih pendiam, suka bermanja-manja, dan malas-malasan. Daripada harus melompat ke sana ke mari, lebih baik santai di kasur atau karpet.

15. Harga Kucing Persia Mahal

Dari dulu sampai sekarang harga kucing Persia tetap mahal. Harga beli kucing Persia usia 3 bulan saja bisa mencapai Rp 5 juta – Rp 8 juta. Ini belum termasuk biaya perawatan, vaksin, vitamin, makanan, dan lain-lain.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa fakta menarik kucing Persia paling menakjubkan. Dari sini Anda sekarang tahu bahwa kucing Persia memang spesial. Tak heran harga kucing Persia sangat mahal.

Meski begitu, perawatan kucing Persia juga bisa dibilang sulit. Ada beberapa penyakit genetik yang membuat kucing Persia rentan jatuh sakit. Jadi, siagalah dalam merawat kucing Persia.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!