5 Fakta Unik Burung Hantu yang Jarang Diketahui

5 Fakta Unik Burung Hantu yang Jarang Diketahui

Burungnya.com – Selama ini banyak orang beranggapan burung Hantu merupakan hewan yang menakutkan karena beraktivitas di malam hari. Terlebih, namanya menggunakan kata-kata hantu, sehingga burung Hantu sering dikaitkan dengan kehadiran hantu atau makhluk halus. Dari situlah, gambaran buruk tentang burung Hantu bermunculan. Padahal, faktanya tidak demikian, justru burung Hantu merupakan hewan yang lucu sekaligus ganas.

Iya, kalau masih kecil, burung Hantu memang terlihat menggemaskan. Namun, kalau sudah dewasa, burung Hantu jadi menakutkan. Di sini menakutkan dalam artian hewan pemangsa yang mengerikan seperti burung Elang. Tak heran, banyak orang lebih suka memelihara burung Hantu saat usianya masih muda atau anakan. Akan tetapi kalau sudah dewasa malah jadi menakutkan karena ukurannya yang besar dan bisa membahayakan orang sekitar.

Ternyata Burung Hantu Bukan Hewan Peliharaan

Burung Hantu sejatinya bukan hewan peliharaan. Hal ini disampaikan oleh The Owl World of Indonesia. Menurut mereka, burung Hantu seharusnya bukan untuk dipelihara karena termasuk satwa liar. Yang perlu disayangkan lagi, masyarakat kurang memperhatikan kesejahteraan burung Hantu.

Burung Hantu Terkecil di Dunia (imgur.com)
Burung Hantu Terkecil di Dunia (imgur.com)

Terkadang, mereka cuma suka memelihara saja, tapi cara merawatnya tidak disesuaikan dengan kehidupannya di alam. Sebagai contoh, burung Hantu aktif di malam hari, tapi malah diajak main atau latihan di siang hari. Kemudian, makanan utama burung Hantu adalah daging atau hewan kecil lainnya, tetapi sebagian orang malah memberinya buah-buahan.

Baca juga: 10 Perbedaan Cara Memberi Makan Burung Hantu Besar dan Kecil

Hal ini seperti ini mungkin sepele di mata mereka, tetapi dapat membuat burung Hantu stres dan merasa tidak nyaman. Kalau sudah demikian, burung Hantu bisa jatuh sakit, tidak mau makan, dan akhirnya mati. Banyak orang yang memelihara burung Hantu untuk gaya-gayaan saja, menirukan tokoh Harry Potter. Kemudian, setelah beli, burung Hantu cuma diikat kakinya di tangkringan dan sering diajak bermain di siang hari.

Jangan sampai hal seperti ini terulang kembali, biarkan burung Hantu hidup di alam bebas. Kalau ingin memelihara burung Hantu, peliharalah di tempat terbuka seperti di persawahan. Biarkan burung memangsa tikus-tikus di sawah yang sering dianggap sebagai hama. Sehingga terjadi simbiosis mutualisme antara petani dan burung Hantu. Petani untung karena sawahnya aman dari hama tikus, sementara burung Hantu jadi kenyang karena makan banyak tikus.

Nah, berbicara tentang burung Hantu, ternyata burung ini mempunyai fakta unik yang jarang diketahui banyak orang. Jadi, burung Hantu tidak hanya aktif di malam hari, dapat memutar kepala ke belakang, atau hewan karnivora. Burung Hantu memiliki kebiasaan unik lainnya yang tidak diketahui orang-orang pada umumnya.

Fakta Unik Burung Hantu yang Jarang Diketahui

1. Burung Hantu Aktif di Siang Hari

Diketahui burung Hantu selalu aktif di malam hari atau hewan nokturnal. Namun, ternyata ada sebagian jenis burung Hantu yang aktif dan berburu di siang hari, seperti sebagai berikut:

  • Northern Hawk Owl
  • Northern Pygmy Owl
  • Great Gray Owl

Mangsa burung Hantu tersebut kebanyakan aktif di siang hari. Sehingga mau tidak mau, mereka juga harus ikut berburu di siang hari agar bisa makan. Makanan yang disukai burung Hantu tadi di antaranya mamalia dan beberapa jenis burung. Burung ini bisa hidup di siang karena masih berkerabat dengan burung Elang.

2. Burung Hantu Pintar Berenang

Kebanyakan orang mengira burung Hantu cuma bisa memangsa di malam hari dan mengeluarkan suara yang menakutkan. Padahal, ada lagi kemampuan burung Hantu yang jarang diketahui banyak orang, yaitu berenang.

Burung Hantu Berenang (lazerhorse.org)
Burung Hantu Berenang (lazerhorse.org)

Burung Hantu bertanduk (telinga panjang) dapat berenang dengan lihai menggunakan kedua sayapnya yang kuat. Bulunya tentu akan basah, tapi pengorbanan tersebut dibayar dengan makanan yang lezat. Jadi, burung Hantu bertanduk lebih memilih untuk berenang untuk menangkap mangsa, kemudian menepi sampai ke pantai. Setelah menyelam ke dalam laut, dia tidak bisa terbang lagi, sehingga burung Hantu harus berenang, lalu mengeringkan bulu di tepi pantai.

Loading...

3. Telinga Burung Hantu Tidak Sama Persis

Burung Hantu mempunyai telinga yang tidak sama atau asimetris. Masing-masing telinga burung Hantu mampu mendeteksi frekuensi bunyi yang berbeda. Bahkan, burung Hantu dapat menentukan lokasi mangsa dari perbedaan waktu dan nada suara yang dideteksi menggunakan telinga asimetris.

Telinga Burung Hantu Unik (abc7chicago.com)
Telinga Burung Hantu Unik (abc7chicago.com)

Hebat ya, walau terkesan tidak sempurna tapi malah bermanfaat untuk menangkap mangsa. Oleh karena itu, jangan melihat sesuatu dari luarnya saja. Belum tentu fisik yang tidak sempurna merupakan sebuah kelemahan, karena kita tidak pernah tahu ada rahasia apa di balik ketidaksempurnaan tersebut.

4. Burung Hantu Mempunyai Mata Palsu

Ada salah satu jenis burung Hantu yang terlihat memiliki mata palsu. Jadi, sekilas burung Hantu tersebut mempunyai 4 mata di depan dan di belakang kepala. Burung Hantu yang istimewa ini adalah Northern Pygmy Owl.

Burung Hantu Mata Palsu (birdcanada.com)
Burung Hantu Mata Palsu (birdcanada.com)

Jadi burung Hantu ini mempunyai bulu seperti mata besar warna kuning dan hitam di belakang kepalanya. Seolah-olah bulu tersebut tampak seperti mata. Hal ini ternyata sangat membantu untuk mengecoh predator yang hendak memangsanya dari belakang. Jadi, walau burung Hantu tidak melihat pemangsa di area belakang, tapi si pemangsa terkejut karena mengira kehadirannya sudah diketahui.

5. Burung Hantu Betina Lebih Besar

Semua orang mungkin mengira burung Hantu jantan lebih besar dari betina. Namun, faktanya burung Hantu betina yang lebih besar dari pejantan. Menurut para ilmuwan, tubuh burung Hantu jantan lebih kecil dari betina karena lebih sering berburu mangsa, sehingga tubuhnya tetap terjaga. Selain itu, tubuh kecil dan ramping dapat mempercepat pergerakan burung Hantu saat menangkap mangsa.

Burung Hantu betina juga tidak memandang fisik pasangannya. Walau burung Hantu jantan lebih kecil, tetapi dia tetap suka dan akhirnya kawin hingga mendapatkan keturunan. Jadi, sekali lagi, fisik bukanlah segalanya. Meski tubuh Anda kecil, tapi tetap spesial di mata pasangan Anda.

Baca juga:

Demikian beberapa fakta unik burung Hantu yang jarang diketahui banyak orang. Mengapa jarang diketahui, karena aktivitas unik tersebut dilakukan burung Hantu di alam liar, bukan di kebun binatang. Terlepas, dari itu semua, sekarang kita jadi tahu hal-hal unik yang dimiliki oleh burung Hantu.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!