3 Gaya Bertarung Murai Batu yang Unik dan Cara Melatihnya

3 Gaya Bertarung Murai Batu yang Unik dan Cara Melatihnya

Burungnya.com – Selain suara dan ekornya yang unik, burung Murai Batu mempunyai sisi menarik daripada burung lainnya, yaitu gaya bertarung. Ya, gaya bertarung Murai Batu ternyata bermacam-macam tergantung jenis burung Murai Batu dan bentuk ekornya.

Saat ini suara burung Murai Batu, panjang ekor Murai Batu, dan asal usul Murai Batu dianggap sebagai nilai jual utama. Namun, ternyata di mata juri, gaya bertarung burung tersebut juga diutamakan karena terlihat unik dan menarik.

Sepertinya kalau cuma mendengarkan kicauan Murai Batu, akan terasa membosankan. Namun, kalau suara yang indah dipadukan dengan gaya bertarung tentunya akan menghasilkan penampilan Murai Batu yang unik dan mengagumkan.

Awalnya gaya bertarung burung Murai Batu cuma dua macam saja, yakni ngobra atau ngeply ekor dan menggelembungkan dada atau mbalon. Lalu, seiring berjalannya waktu, gaya bertarungnya bertambah menjadi Murai Batu teler mirip Anis Merah.

Baca juga: 26 Suara Masteran Burung yang Dilarang Untuk Isian Murai Batu

Macam-macam Gaya Bertarung Murai Batu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gaya bertarung Murai Batu ini dibagi menjadi tiga, di antaranya ngobra, menggembungkan dada, dan teler.

Perbedaan gaya bertarung Murai Batu ini disebabkan oleh berbagai macam faktor. Namun, diyakini gaya bertarung Murai Batu berbeda-beda tergantung pada asal usul, jenis burung, dan panjang ekor.

1. Murai Batu dengan Gaya Bertarung Ngobra

Murai Batu dengan gaya tarung ngobra adalah burung yang sering menaikkan kepalanya seperti ular kobra sambil ngeply ekor.

Cirinya yaitu Murai Batu akan menaik turunkan ekornya dan mendongakkan kepala ke atas seperti ular kobra.

Untuk Murai Batu gaya ngobra biasanya didominasi oleh Murai Batu ekor panjang dan Murai Batu Medan Sumatera.

Loading...

2. Murai Batu dengan Gaya Bertarung Menggembungkan Dada

Gaya bertarung Murai Batu selanjutnya adalah menggelembungkan dada atau mungkin juga disebut mbalon. Biasanya Murai Batu ini akan berkicau sambil membusungkan dadanya seperti sedang menantang lawan untuk berkelahi.

Oh iya, gaya tarung model menggembungkan dada biasanya dilakukan oleh Murai Batu Borneo Kalimantan dan jenis Murai Batu ekor pendek.

3. Murai Batu dengan Gaya Bertarung Teler

Sejatinya, gaya bertarung teler sudah dimiliki oleh burung Anis Merah. Bahkan, ini sudah menjadi ciri khas Anis Merah dalam bertarung melawan musuhnya di lomba.

Namun, ternyata ada juga Murai Batu dengan gaya tarung teler. Bagian kepala naik turun seperti mabuk. Terkadang kepalanya goyang ke kanan dan ke kiri. Sementara ekornya tidak terlalu menunjukkan adanya gerakan.

Penasaran dengan Murai Batu teler, Anda dapat melihat videonya berikut.

Cara Melatih Gaya Bertarung Murai Batu

Agar gaya bertarung Murai Batu muncul di gantangan, Anda dapat memberikan sejumlah latihan dengan burung lain. Berikut cara melatih Murai Batu untuk memunculkan gaya tarung di lapangan.

  1. Burung Murai Batu selalu dilatih fisiknya di kandang umbaran.
  2. Murai Batu dilatih agar mental bertarungnya meningkat.
  3. Dekatkan Murai Batu Anda dengan Murai Batu fighter.
  4. Sering mengajak Murai Batu ke gantangan, walau tidak ikut lomba.
  5. Memperlihatkan gaya bertarung Murai Batu lain.
  6. Diperlihatkan video gaya bertarung Murai Batu melalui smartphone atau tablet.
  7. Sering dimaster menggunakan suara burung-burung fighter.

Demikian beberapa macam gaya bertarung Murai Batu yang unik dan cara melatihnya. Jika Anda mempunyai salah satu jenis Murai Batu tersebut, tidak ada salahnya memberikan latihan agar mempunyai gaya bertarung tertentu.

Baca juga: 10 Cara Memaster Murai Batu yang Paling Benar Biar Cepat Masuk

Sebab, gaya tarung Murai Batu mempunyai nilai poin tersendiri saat berada di lapangan. Oleh karena itu, sambil merawat Murai Batu untuk meningkatkan kekuatan suara, Anda juga perlu melatihnya agar Murai Batu memiliki gaya bertarung yang bagus.

Bagi Anda yang sudah mempunyai Murai Batu dengan gaya bertarung menakjubkan, silakan berbagi perawatan melalui kolom komentar Burungnya.com. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara membuat dada murai membusung
  • Cara membuat murai batu hormat juri
  • murai unik
  • tipe dan cara bertarung murai

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!