12 Hal yang Dipersiapkan Saat Beli Anak Kucing

Burungnya.com – Ingin pelihara anak kucing atau kitten? Coba persiapkan dulu seluruh kebutuhannya. Jangan cuma ingin adopsi tanpa mengetahui kebutuhan kitten itu sendiri.

Anak kucing memang lucu dan energik. Adopsi anak kucing merupakan momen yang bahagia. Namun, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya di rumah.

Bila Anda sebelumnya tidak pernah memelihara kucing, sebaiknya mulai dari hal-hal dasar dulu.

Hal yang Dipersiapkan Saat Adopsi Anak Kucing Baru

1. Kalung kucing

Pilih kalung kucing yang nyaman dan longgar. Kalau bisa beli kalung kucing yang dapat diberi tanda pengenal. Jadi, bila nanti kucing tersebut hilang, dia dapat dikembalikan oleh orang yang menemukannya.

Di kalungnya bisa diberi tanda pengenal seperti pemilik, nomor telepon, alamat, dan lain-lain. Jika yang menemukan kucing orang baik, tentu akan dikembalikan ke pemiliknya.

2. Tas Carrier Kucing

Untuk membawa kucing ke mana-mana, Anda mungkin harus membeli tas carrier kucing. Apalagi kalau masih kitten, tentu Anda akan sering pergi ke klinik atau dokter untuk perawatan, pengobatan, hingga pemberian vaksin.

3. Litter Box

Walau masih kecil, sebaiknya anak kucing sudah diajari buang kotoran di litter box. Nanti, saat dewasa dia akan terbiasa buang kotoran di situ.

Sehingga rumah tetap bersih dan tidak ada kotoran kucing di mana-mana. Ini sangat membantu, walau awalnya mungkin berat dalam mengajarkannya.

Baca juga: 

4. Makanan Anak Kucing

Banyak pilihan makanan anak kucing. Anda bisa memberikan makanan yang disesuaikan dengan usia kucing. Jangan memberikan makanan kucing dewasa pada kitten.

Sebab, dari segi tekstur makanan dan nutrisinya sangat berbeda. Nanti kalau asal memberikan makanan, justru pencernaan anak kucing akan bermasalah.

5. Mangkuk Makanan Kitten

Oh iya, ada lagi yang penting walau terkedang dianggap sepele, yaitu mangkuk makanan kucing. Pilih mangkuk yang dari keramik atau aluminium.

Alasannya dua bahan tersebut aman untuk anak kucing. Kalau Anda memberikan makanan di wadah dari plastik, nanti banyak sisa makanan yang masih menempel dan akhirnya menjadi sarang bakteri serta bibit penyakit.

Aksesoris dan Makanan Anak Kucing Kitten
Aksesoris dan Makanan Anak Kucing Kitten

6. Makanan Kucing Kalengan atau Makanan Basah

Anak kucing giginya masih kecil, sehingga jarang bisa mengunyah makanan kering. Anda bisa memberikan makanan kalengan atau makanan basah.

Setelah selesai, jangan lupa membersihkan gigi anak kucing. Sebab, kalau dibiarkan kotor nanti bisa jadi kucing Anda akan sakit gigi.

7. Camilan Kucing

Oh iya, camilan kucing ini juga penting. Sebab, makanan ini sangat enak dan pastinya disuka kucing. Namun, fungsi dari camilan ini untuk selingan saja.

Sehingga berikan camilan anak kucing setiap seminggu sekali atau saat kucing tidak mau makan. Ini hanya untuk pancingan saat kucing tidak mau makan sama sekali.

Makanan basah juga bisa dipakai untuk memancing selera makan kucing. Keduanya bagus untuk kucing tapi tidak baik diberikan setiap hari.

Nanti anak kucing bisa kegemukan dan akhirnya mengalami berbagai penyakit. Jadi, lebih baik berikan makanan harian saja, berupa makanan kering.

8. Benda Untuk Tempat Garuk atau Cakar Kucing

Kalau Anda tidak mau perabotan di rumah cepat rusak, lebih baik berikan tempat garukan kucing atau cakaran kucing. Ini penting karena sejatinya kucing memang suka menggaruk.

9. Sisir Bulu Kucing

Mungkin sekarang bulu kucing Anda masih pendek, tapi tetap disisir agar tidak dijadikan tempat sarang kutu. Selain itu, agar bulu selalu lembut dan tidak kusut. Kalau ada kutu, biasanya kutunya akan berjatuhan.

10. Gunting Kuku Kucing

Sebagai perawatan, gunting kuku kucing juga penting. Alasannya, kuku kucing mudah panjang dan bisa membahayakan orang sekitar bila dibiarkan panjang.

Terlebih bila kucing terlalu aktif, nanti takutnya kukunya patah karena mencakar benda keras.

11. Tempat Tidur Kucing

Nah untuk tempat tidur kucing, Anda bisa membuatnya sendiri. Cari handuk bekas yang tidak terpakai tapi masih lumayan tebal dan bagus.

Kemudian, letakkan handuk pada keranjang atau box karton. Biarkan kucing tidur di situ agar selalu hangat dan nyaman.

12. Mainan Anak Kucing

Anak kucing kitten butuh sekali mainan dan diajak main. Dia bukan tipe hewan penyendiri, sehingga butuh teman untuk bermain.

Mainan anak kucing pilih yang kecil dan mengeluarkan bunyi. Kucing akan suka mengejar suaranya dan menggitnya.

Kesimpulan

Demikian beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat mengadopsi anak kucing baru. Banyak juga ya kebutuhan untuk memelihara kucing?

Memang, pelihara kucing sama seperti merawat anak manusia. Sehingga, persiapkan uang sendiri untuk memelihara anak kucing.

Aksesoris dan makanan anak kucing bisa menguras kantong lho. Belum lagi, pengobatan, vaksin, dan vitaminnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.