Sebelum Bangun Rumah Walet (youtube.com)

8 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Bangun Rumah Walet

Burungnya.com – Keuntungan bisnis sarang burung Walet sangat menjanjikan. Tak sedikit orang terpikat dan langsung membuat rumah burung Walet. Namun, siapa sangka bangun rumah Walet yang megah sekalipun belum tentu bisa mengundang burung Walet dan tinggal di rumah tersebut.

Ada beberapa hal yang harus diketahui agar burung Walet bisa betah tinggal di dalam rumah Walet. Selain itu, diperlukan desain rumah Walet yang sesuai agar burung Walet terpancing dan mau tinggal di sana.

Sebelum Bangun Rumah Walet

Rumah burung Walet (bangunrumahmas.com)
Rumah burung Walet (bangunrumahmas.com)

1. Suhu di Dalam Rumah Walet

Bagaimana menciptakan rumah Walet yang nyaman? Tentu saja hal tersebut tidak terlepas dari suhu yang ideal. Cara menciptakan suhu yang ideal di dalam rumah adalah membuat suasana rumah seperti di goa.

Artinya walau berada di dalam rumah, udara tetap harus bisa masuk dan sejuk. Buat udara yang masuk ke dalam rumah agar tetap sejuk dengan cara membuat banyak angin-angin kecil.

Anda bisa melihat bahwa goa memiliki angin-angin yang banyak tapi di dalamnya tetap gelap. Seakan-akan udara di dalam rumah Walet seperti berada di dalam goa.

2. Kelembaban yang Ideal

Selain suhu yang ideal, ciptakan kelembaban yang ideal. Cara membuat kelembaban tetap terjaga di dalam rumah yaitu dengan memberikan kolam di dalam rumah.

Anda juga bisa memberikan kipas angin dan blower dalam jumlah banyak. Jumlahnya bisa menyesuaikan luas ruangan dan besarnya rumah. Kalau bisa keberadaan kipas angin dan blower tidak mengganggu burung-burung Walet yang menginap.

3. Ukuran Ruangan yang Pas untuk Burung Walet

Berapa ukuran ruangan yang ideal untuk rumah Walet. Standar ukuran ruangan yang baik menurut para pakar dan petani Walet yakni minimal 4 meter. Kamar manusia mungkin 3 meter persegi sudah cukup, tapi kalau burung Walet minimal 4 meter.

Tujuan dari ruangan yang diharuskan berukuran 4 meter agar burung Walet bisa melakukan manuver terbang. Biasanya Walet yang masuk dari angin-angin akan bermanuver dulu mengelilingi ruangan sebelum hinggap di sarang.

Ternyata ukuran ruangan yang luas juga kurang baik untuk Walet. Alasannya burung Walet kurang nyaman karena jarak antara sarang satu dengan sarang lain terlalu jauh.

4. Tinggi Ruang Walet

Perlu Anda ketahui, tinggi ruangan burung Walet bervariasi di antaranya 2 meter, 2,5 meter, hingga 3 meter. Katanya semakin tinggi ruangan maka semakin baik. Namun, kita juga harus memperhatikan tingkat efisien dan efektivitas.

Dari pengalaman para petani Walet, biasanya burung Walet betah di tinggi ruangan 2 meter dan 2,5 meter. Jika tinggi ruangan segini sudah membuat burung Walet betah dan mau tinggal, mengapa harus membuat rumah Walet tinggi serta menghabiskan banyak uang.

5. Sirip Sarang Walet

Anda harus memperhatikan pemilihan bahan sirip yang bagus untuk budidaya Walet. Biasanya sirip memakai bahan yang mudah dihinggapi Walet, tahan terhadap pelapukan, serta memiliki pori-pori yang cukup. Tujuannya agar memudahkan air liur Walet menempel di sirip.

Loading...

Ini ada tips dan trik supaya burung Walet mau hinggap di sirip kayu. Caranya kayu diberi alur paritan sebesar ujung paku. Selain itu, ada juga sirip kayu yang diberi besek. Namun, perlu diperhatikan bagian siripnya agar tidak ditumbuhi jamur.

6. Suara Panggil Walet

Di dunia budidaya burung Walet, suara Walet sangatlah penting. Suara Walet dibagi menjadi tiga, yaitu suara panggil, suara tarik, dan suara inap.

  • Suara panggil untuk memancing burung Walet memasuki rumah Walet.
  • Jenis suara tarik untuk menuntun Walet memasuki ruangan.
  • Suara inap agar Walet mau menginap dan bersarang di dalam rumah.

Anda dapat menggunakan twitter atau speaker untuk memancarkan suara Walet. Peletakkan speaker ini bisa ditempatkan di tengah ruangan atau di sela-sela sirip di beberapa bagian ruangan.

7. Sekat Ruangan

Agar burung Walet lebih nyaman Anda bisa memberikan sekat ruangan. Oh iya, sekarang ruangan dibagi menjadi sekat full dan sekat gantung. Kalau sekat full seperti tembok untuk menyekat kamar. Sementara sekat gantung adalah pembatas atau sekat yang dipasang di sirip.

Apa fungsi sekat? Sekat dapat dimanfaatkan untuk memberi rasa aman untuk Walet dan menstabilkan suhu ruangan. Kalau ruangan terlalu luas sebaiknya diberi sekat.

8. Lubang Masuk Burung Walet

Ukuran lubang masuk burung Walet bisa berukuran kecil atau besar. Semuanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Kalau lubang besar, burung Walet akan lebih mudah masuk ke rumah. Namun, kekurangannya burung pemangsa lain juga bisa masuk dengan mudah, contoh burung Hantu.

Sedangkan lubang masuk kecil cukup menyulitkan Walet masuk rumah, tapi pemangsa juga sulit masuk. Jadi lebih baik pilih lubang masuk besar atau kecil. Lebih baik lihat lingkungan sekitar dulu. Jika di sekitar rumah Walet banyak pemangsa, alangkah baiknya lubang masuk diberi yang ukurannya kecil, begitu juga sebaliknya.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa hal yang harus diketahui sebelum membangun rumah Walet. Jadi jangan sembarangan dan terburu-buru bangun rumah burung Walet. Nanti Anda bisa menyesal karena biaya pembangunan rumah tersebut juga tidak sedikit.

Kalau saran kami, Anda bisa bertanya pada petani Walet profesional. Kemudian minta izin untuk melihat rumah Walet mereka. Dari situ Anda bisa belajar membangun rumah Walet yang disukai burung-burung Walet.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!