Cara Memaster Kenari agar Cepat Masuk (muraibatu-aceh.blogspot.com)

5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Memaster Burung Kenari

Burungnya.com – Sebelum memaster burung Kenari, Anda harus mengetahui artinya. Jadi, memaster Kenari adalah melatih burung Kenari agar mampu menirukan suara burung lain. Tujuannya agar burung Kenari memiliki suara yang bervariasi dan indah.

Kalau jenis suara Kenari cuma satu pasti akan terdengar monoton. Sehingga Kenari perlu dimaster agar suaranya variatif. Pemasteran burung membutuhkan waktu dan tidak bisa instan. Sebab, burung mempelajari jenis suara yang tidak pernah ia nyanyikan.

Sama seperti manusia yang tidak bisa menyanyi lagu dangdut. Pastinya dia akan berlatih cengkok nadanya dulu, kemudian alunan musik suara kendang, dan lain-lain.

1. Metode Pemasteran Kenari

Burung Kenari juga begitu, pertama Anda harus menentukan mau melakukan pemasteran metode aktif atau pasif. Cara memaster Kenari dibedakan menjadi dua, yaitu aktif dan pasif.

Metode pemasteran aktif artinya burung Kenari dibiarkan belajar atau berlatih sendiri menirukan suara burung lain. Burung tersebut juga bebas tergantung pilihan dari burung Kenari.

Kalau pemasteran pasif, burung Kenari seperti dipaksa mendengarkan suara burung masteran. Kemudian burung harus bisa menirukan suara tersebut sampai menjadi kebiasaannya.

Tips Memaster Burung Kenari (youtube.com)
Tips Memaster Burung Kenari (youtube.com)

2. Kelebihan dan Kekurangan Metode Pemasteran

Pemasteran Kenari Aktif

Kelebihan

  • Burung Kenari lebih cepat ingat dengan suara masteran.
  • Suara kicauan burung lebih variatif.
  • Burung tidak mudah lupa.
  • Kenari tidak stres dan sehat secara psikis.

Kekurangan

  • Pemilik burung harus memiliki burung masteran yang banyak.
  • Burung Kenari bisa kebingungan menentukan mau menirukan jenis suara yang mana.

Pemasteran Kenari Pasif

Kelebihan

  • Suara burung masteran bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik.
  • Caranya lumayan mudah karena bisa didapat dari suara MP3, YouTube, dan lain-lain.

Kekurangan

  • Burung Kenari cepat bosan.
  • Waktu pemasteran relatif lama.
  • Kenari mudah lupa dengan suara masteran.

3. Pemasteran Kenari di Alam Bawah Sadar

Apakah Anda pernah mendengar sebuah lagu dan langsung terngiang-ngiang seharian? Lagu tersebut mungkin cuma didengarkan sekali, tapi bisa ingat terus menerus karena sudah masuk alam bawah sadar.

Sehingga saat mendengar lagu itu lagi, mungkin Anda akan teringat dengan kenangan tertentu. Suasana, lokasi, waktu, dan kejadian apapun akan langsung ingat saat lagu tersebut diputar.

Nah, cobalah memaster Kenari di alam bawah sadar. Sehingga burung bisa mengingat suara tersebut terus menerus. Bahkan, kemungkinan Kenari bisa lupa dengan suara aslinya. Seperti beberapa Kenari yang viral di Instagram, dia lupa suaranya sendiri dan justru menirukan suara Lovebird hingga burung Gereja.

Loading...

Baca juga:

4. Cara Memaster Burung Kenari Anakan

Tahukah Anda, burung Kenari mulai bisa mendengar saat usianya 25 hari. Sehingga setelah usia 25 hari Anda bisa memaster Kenari. Harapannya Kenari akan mengingat suara masteran sampai dewasa.

Selain itu, suara burung masteran akan mudah diingat karena dari kecil suara yang didengar cuma itu-itu saja. Saat Kenari dewasa, otomatis dia akan lancar mengeluarkan suara seperti burung masteran.

Hal ini sama seperti anak yang dilahirkan di Jawa Barat dengan bahasa Sunda. Sehari-hari orangtua, keluarga, dan temannya menggunakan bahasa Sunda. Dia akan mahir berbahasa Sunda.

Namun, saat anak tersebut sudah beranjak remaja dan diajak pindah ke Jawa Timur, tentu dia akan kesulitan menggunakan bahasa Jawa. Alasannya karena dia sudah terbiasa berbahasa Sunda. Sehingga dia butuh latihan dan belajar lagi untuk menguasai bahasa Jawa.

5. Tips Memaster Kenari Agar Cepat Masuk

  1. Suasana tenang atau ruangan tenang.
  2. Beri kerodong atau sekat.
  3. Burung masteran harus lebih gacor.
  4. Usia burung masteran 2 tahun lebih tua dari burung yang akan dimaster.
  5. Pemasteran Kenari mulai usia 25 hari.
  6. Jika Kenari agak dewasa, cukup dimaster dengan sesama jenis Kenari yang 2 tahun lebih tua dan gacor.
  7. Burung Kenari mudah menirukan suara yang satu frekuensi.
  8. Kenari gantung berjejer dengan burung masteran tapi diberi sekat dan tidak boleh saling melihat.

Kesimpulan

Demikian hal yang wajib diketahui sebelum memaster burung Kenari. Setiap burung Kenari mempunyai tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Dia juga mempunyai tingkat kepintaran dalam hal merekam suara, menirukan suara, dan mengingat suara.

Kalau mau suara masteran cepat masuk, berikan suara dengan jenis burung yang sama. Selain itu, lakukan pemasteran sejak dini, minimal usia burung 25 hari. Dengan begitu, proses pemasteran Kenari akan berhasil dan cepat masuk.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!