Harga Cendet di Pasar Splendid Malang Jawa Timur

Burungnya.com – Belum lama ini kami melakukan perjalanan lintas kota dan mampir ke pasar Splendid Malang. Ada banyak jenis burung di sini, termasuk Cendet. Harga Cendet di pasar Splendid cukup beragam.

Bahkan bisa dibilang harga burung Cendet relatif mahal mengingat burung ini lumayan langka. Tidak banyak pedagang yang menjual burung Cendet di tahun 2022.

Dari sekian banyak lapak jualan burung, cuma tampak tiga tempat yang berjualan burung Cendet. Alhasil harga Cendet di Splendid jadi melambung tinggi.

Kami menanyakan harga Cendet di pinggir jalan tepatnya dekat jembatan. Ternyata mereka menjual Cendet bakalan seharga Rp 200.000 per ekor.

Baca juga: Harga Burung Pentet Update Terbaru 2022

Lanjut ke lapak berikutnya yang berada di dekat pintu masuk, ternyata harga Cendet lebih murah, yaitu Rp 125.000 per ekor.

Sementara satu tempat yang lain tidak kami tanya harganya karena kondisi burung sangat memprihatikan. Bagian kepala Cendet terluka dan berdarah.

Latihan Mental Cendet yang Bagus (ebird.org)
Latihan Mental Cendet yang Bagus (ebird.org)

Harga Cendet di Pasar Splendid Malang

Kami akan membahas spesifikasi harga Cendet di setiap lapak di pasar Splendid tadi. Beberapa orang menjual Cendet cukup mahal karena yang jualan sedikit.

1. Harga Cendet Rp 200.000

Untuk harga Cendet bakalan dijual Rp 200.000. Kondisi Cendet masih anakan dan bulunya belum tumbuh sempurna. Warna bulu masih belum cokelat pekat.

Anakan Cendet ini sudah makan voer lele dan suka sekali dikasih jangkrik dan ulat. Bapak penjualnya juga mengeluarkan burung tersebut dari sangkar.

Baca juga: Burung Cendet Makan Pelet Lele dan Manfaatnya

Ternyata burung belum bisa terbang dan cuma teriak-teriak di atas sangkar. Katanya Cendet umur segini masih bagus dan bisa dilatih agar jinak serta bisa diisi suara masteran.

Bapak di lapak ini juga mempunyai Cendet lain yang sudah remaja tapi tangkapan alam. Sehingga Cendet masih giras dan belum mau makan voer.

Cendet tersebut dijual seharga Rp 150.000. Mungkin karena spesifikasi Cendet masih giras dan belum bisa makan voer, sehingga harganya lebih murah.

Bapak ini berjualan di tikungan dekat jembatan depannya orang jualan Soto, Mie Ayam, dan Es Degan.

Kata bapaknya itu tadi jenis Cendet lokal Banyuwangi.

Racikan Pakan Cendet Gacor (ambrosiasoulfulcooking.com)
Racikan Pakan Cendet Gacor (ambrosiasoulfulcooking.com)

2. Harga Cendet Rp 125.000

Kemudian kalau kalian masuk dari pintu utama pasar Splendid, Anda akan menjumpai lapak bapak ini di kanan jalan.

Bapak ini jualan burung di lapak pertama setelah lapak penjual pakan burung di kanan jalan. Kebanyakan burung yang dijual berukuran kecil.

Namun, di sangkar bawah ada dua kandang isinya Cendet anakan hasil ternak dan satunya tangkapan alam.

Untuk Cendet anakan ternak, harganya Rp 125.000 per ekor. Namun, burung tersebut belum makan voer. Cendet masih harus dikasih ulat karena masih kecil.

Baca juga: 17 Cara Melatih Mental Cendet dan Ciri Cendet yang Bagus

Katanya makan voer bisa dilatih sendiri di rumah. Meski begitu, melatih Cendet makan voer tidak semudah yang dibayangkan.

Sementara harga Cendet satunya yang sudah agak remaja kami lupa harganya. Kalau tidak salah, hampir sama harganya dengan Cendet anakan.

Cendet tersebut juga belum makan voer, tapi kondisi tubuh bagus dan ekornya panjang.

Untuk yang ini katanya jenis Cendet lokal tapi belum tahu dari daerah mana.

Cendet Over Birahi (instagram.com)
Cendet Over Birahi (instagram.com)

Cara Melatih Cendet Makan Voer

Kami juga berjumpa dengan salah seorang pembeli. Beliau mendengar pembicaraan kami dan penjual.

Beliau memberitahu bahwa cara melatih Cendet makan voer ternyata bisa dengan kroto.

Baca juga: 5 Cara Melatih Cendet Makan Voer yang Benar

Caranya, voer dicampur sedikit air lalu dilumatkan dan dicampur sedikit kroto. Jumlahnya sedikit saja biar langsung habis.

Sebab, bila kebanyakan kroto bisa basi dan tidak enak lagi. Pertama Cendet diberi campuran voer dan kroto dulu, nanti lama kelamaan baru full voer.

Makanan bisa dimasukkan ke dalam cepuk atau dilolohkan kalau burung mau. Tekstur pakan harus sedikit mengental. Jadi pakan tidak encer ataupun keras.

Cara Mengetahui Cendet Jantan dan Betina

Kalau masih anakan, ternyata Anda bisa mengetahui Cendet jantan dan betina dari kacamata hitamnya. Kata seorang pedagang, kalau kacamata hitam di kanan dan kiri menyatu berarti jantan.

Soalnya, kalau Cendet betina kacamata hitamnya tidak menyatu. Kami belum melihat sendiri Cendet betina seperti apa. Pasalnya, burung yang dijual katanya Cendet jantan semua. Jadi, kami belum bisa membedakan mana yang Cendet jantan atau betina. Semoga info ini bisa dijadikan tambahan referensi saat membeli Cendet.

Kemungkinan info ini berlaku untuk Cendet anakan saja.

Baca juga: 12 Cara Menjinakkan Cendet tapi Tetap Gacor dan Fighter

Kesimpulan

Jadi bila disimpulkan harga Cendet di Malang Jawa Timur masih di atas Rp 100.000. Untuk Cendet anakan lebih mahal karena bisa dilatih dan diisi masteran.

Sementara harga Cendet tangkapan alam atau ombyokan lebih murah karena perlu dijinakkan dulu dan belum makan voer.

Apabila Cendet sudah jinak dan makan voer, biasanya akan dihargai lebih mahal lagi. Untuk harga Cendet Rp 125.000 tadi kemungkinan bila ditawar Rp 115.000 masih diberikan.

Jadi, coba tawar dulu harga Cendet di sana. Kalau Anda bisa mendapatkan Cendet di bawah Rp 100.000 berarti Anda sangat beruntung sekali.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...
error: Stop copy and paste because it is an illegal act.