Skip to content

Harga Kucing Anggora Asli, Perhatikan Ciri-Cirinya

Harga Kucing Anggora (meowguide.com)

Burungnya.com – Apakah harga kucing Anggora asli sangat mahal?  Ya, salah satu jenis kucing yang cukup banyak dipelihara adalah kucing anggora.

Meskipun banyak orang yang menganggap adanya kemiripan dengan kucing persia, Anda tetap bisa membedakan dengan memperhatikan ciri-cirinya. Hal ini akan mempermudah Anda juga untuk mengetahui harga kucing anggora di pasaran.

Kucing anggora termasuk dalam kucing ras tertua di dunia. Jenis kucing ini berasal dari aera Angora (Ankara, Turki).

Nah, agar tidak salah dalam mengidentifikasi kucing anggora, ada baiknya untuk lebih teliti dalam mengenali ciri dari kucing angoora.

Ciri-Ciri Kucing Anggora

Mengenali ciri dari kucing anggora dapat membantu Anda jika akan membeli kucing jenis ini. Mengenali ciri-cirinya juga akan membantu terhindar dari risiko tertipu kucing anggora palsu.

Berikut beberapa ciri kucing anggora yang akan membantu membedakannya dengan jenis kucing persia.

1. Bentuk kepala

Kucing anggora memiliki bentuk kepala yang jika dilihat seperti bentuk kepala kucing kampung.

Tetapi jika Anda memperhatikan dengan lebih teliti lagi kepala kucing anggora memiliki bentuk segitiga terbalik, dimana bagian atas kepala kucing tidak terlalu panjang.

2. Bentuk telinga

Telinga kucing anggora memiliki bentuk yang khas. Yang pertama harus diperhatikan adalah jarak antar telinga yang cukup dekat.

Selain itu, bentuk telinga kucing ini juga cukup lebar di bagian bawah dengan ujung meruncing seperti segitiga. Yang jadi ciri khasnya adalah bulu yang lebat di seluruh bagian telinga kucing.

3. Bentuk hidung

Berbeda dengan kucing persia yang memiliki hidung pesek, bentuk hidung kucing anggora cenderung lebih mancung seperti hidung kucing kampung. Selain itu, dengan bentuk wajah yang lonjong membuat kucing anggora terlihat lebih gagah.

4. Bentuk Tubuh kucing

Oh iya, tubuh kucing anggora cukup panjang dibanding kucing persia. Biasanya panjang kucing anggora juga mempengaruhi harga kucing anggora. bagian belakang kucing juga terlihat lebih tinggi dengan tulang yang terlihat menonjol.

Harga Kucing Anggora dan Ciri-cirinya (10wallpaper.com)

Harga Kucing Anggora dan Ciri-cirinya (10wallpaper.com)

5. Kaki kucing

Bentuk kaki kucing anggora cukup panjang dan terlihat tinggi. Hal ini juga didukung tubuhnya yang lansing, sehingga membuat pergerakan kucing lebih lincah.

6. Ekor kucing

Bagian ekor kucing anggora terbilang sangat khas dengan bulu lebat dan tebal. Jika kucing berlari, ekor kucing akan terlihat mengembang seperti kemoceng.

7. Bulu kucing

Tubuhnya yang ramping dan tinggi didukung engan bulu kucing yang tebal. Menariknya, bulu kucing anggora biasanya menyesuaikan dengan kondisi cuaca.

Jika cuaca sedang panas, bulu kucing akan terlihat pendek. Sedangkan jika cuaca dingin, maka bulu kucing akan terlihat lebih panjang.

Yang perlu diperhatikan adalah bulu kucing anggora tidak lebat seperti bulu kucing persia. Kucing anggora hanya memiliki bulu lebat di bagian leher dan ekor yang membuatnya terlihat gagah.

Baca juga:

Pemilik Kucing Anggora Asli di Indonesia

Ternyata pemilik kucing Anggora asli di Indonesia cuma 6 orang. Info ini didapat dari mediaindonesia.com. Di tahun 1970, kucing Anggora Turki ini didaftarkan secara resmi ke CFA sebagai ras kucing independen.

Ras kucing ini mempunyai ciri bulu warna putih panjang menjuntai dengan warna mata berbeda (odd eyes). Kemudian pada tahun 1978 barulah ada warna lain yang didaftarkan ke CFA.

Di CFA didaftarkan kucing Anggora Turki warna abu-abu, orange, dan hitam. Perlu Anda diketahui, Turki tidak sembarangan melepas jenis ras kucingnya. Jika ada permintaan dari luar negeri untuk membeli kucing ini, kucing diberi sertifikat dan sudah disteril.

Makanan Kucing Anggora

Makanan Kucing Anggora

Harga Kucing Anggora Asli

Jadi, kucing ras ini tidak bisa dikembangbiakkan di negara lain. Untuk di Indonesia sendiri, hanya ada enam orang yang memiliki kucing Anggora asli Turki. Mereka memegang sertifikat keasliannya. Harga kucing Anggora asli dengan sertifikat mencapai ratusan juta rupiah.

Jika Anda ditawari kucing Anggora asli seharga Rp 10 jutaan, berarti patut dipertanyakan keasliannya. Pasalnya, harga kucing Anggora asli sudah seperti harga mobil.

Saat ini beberapa kucing Anggora yang dijual di pasaran biasanya sudah campuran dengan kucing kampung ataupun kucing persia.

Inilah yang kemudian membuat harga kucing anggora hanya sekitar ratusan ribu saja. Kalau Anda lihat kucing Anggora seharga ratusan ribu rupiah, berarti dia bukan kucing anggora asli.

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki kucing anggora asli pastikan membelinya lengkap dengan surat dan vaksin ya?

Selain itu, perhatikan pula kondisi kesehatan kucing ya! Kucing yang baru dibeli harus dalam keadaan sehat walafiat agar perawatannya nanti juga mudah.

Kesimpulan

Harga kucing anggora sangat tergantung pada genetik kucing itu sendiri. Meski terbilang sebagai kucing yang langka, kucing anggora sangat menggemaskan jika Anda pelihara.

Masa pandemi seperti sekarang, rasanya memiliki hewan peliharaan seperti kucing anggora bisa membantu menghilangkan stres. Jadi, Anda tidak perlu keluar rumah, cukup main-main sama kucing saja.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.