Harga Murai Batu Medan Termurah hingga Termahal

Burungnya.comJenis Murai Batu yang paling digemari kicau mania adalah Murai Batu Medan. Kenapa banyak orang yang menyukai Murai Batu Medan? Ternyata karena suaranya yang khas dan ekornya yang panjang mencapai 35 cm. Tak heran, harga Murai Batu Medan semakin mahal karena peminatnya begitu banyak, tapi jumlahnya tidak sebegitu banyak.

Nah, berbicara tentang harga Murai Batu Medan, kami telah memantau secara online melalui laman olx.co.id. Ternyata harga burung ini bisa mencapai belasan juta rupiah. Untuk anakan Murai Batu Medan, harganya masih terjangkau yakni sekitar ratusan ribu.

Harga Murai Batu Medan Termurah

Harga Murai Batu Medan Termurah (olx.co.id)
Harga Murai Batu Medan Termurah (olx.co.id)

Dilihat dari daftar harga Murai Batu Medan yang dijual di OLX, untuk harga termurah yaitu Rp 650.000. Harga segitu untuk Murai Batu Medan trotolan atau anakan. Ada pula yang harganya Rp 700.000 yakni indilan Murai Batu Medan Super.

Kedua burung tersebut merupakan yang termurah di angka ratusan ribu. Sebab, anakan Murai Batu Medan asli lainnya sudah mencapai jutaan rupiah. Seperti anakan Murai Batu Medan Super jantan usia 6-7 bulan. Harga Murai Batu Medan ini mencapai Rp 1.150.000.

Baca juga: Penangkaran Murai Batu Ekor Terpanjang di Dunia Ternyata Ada di Indonesia

Harga Murai Batu Medan Termahal

Harga Murai Batu Medan Termahal (olx.co.id)
Harga Murai Batu Medan Termahal (olx.co.id)

Dari daftar harga yang terpampang di OLX, terlihat bahwa Murai Batu Medan paling mahal mencapai Rp 16.000.000. Harga tersebut ternyata untuk 2 pasang Murai Batu yang sudah jodoh dan siap ternak dengan pejantan trah juara serta betina Murai Batu Klawu.

Sementara, di bawahnya ada Murai Batu Medan harga Rp 15.000.000. Harga semahal ini untuk sepasang indukan Murai Batu Medan yang sudah produksi dan sedang mengerami yang ketiga kalinya.

Kedua harga Murai Batu Medan Rp 15.000.000 dan Rp 16.000.000 masih bisa dinego. Jadi harganya kemungkinan masih bisa turun jika Anda pintar menawar atau datang langsung ke tempatnya.

Tadi untuk Murai Batu Medan yang ingin diternak. Kalau mau Murai Batu Medan lomba, Anda bisa melirik burung yang harganya mencapai Rp 12.500.000. Ya, burung Murai Batu Medan ini dijual seekor dengan harga belasan juta karena memiliki ekor pola U dan panjangnya mencapai 22 cm. Murai Batu Medan ini sudah gacor dan bongkar isian, jadi tinggal diikutkan lomba.

Loading...

Baca juga: 12 Daftar Panjang Bulu Ekor Murai Batu Berdasarkan Habitat Aslinya

Tips Membeli Murai Batu Medan

Lantas bagaimana cara mengetahui ciri-ciri Murai Batu Medan asli agar tidak tertipu? Bagi yang ingin membeli Murai Batu Medan, kami akan memberikan beberapa ciri-ciri fisiknya.

Perhatikan Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli

  • Yang paling mudah lihat bagian ekornya. Murai Batu Medan Asli memiliki ekor berjumlah empat pasang berwarna putih strip hitam.
  • Ekor Murai Batu Medan yang asli bisa mencapai 35 cm. Biasanya panjang ekornya sekitar 27-35 cm dan bentuknya melengkung. Saking panjangnya, Murai Batu Medan bisa mengangkat ekornya sampai menyentuh kepalanya sendiri.
  • Masih terfokus di bagian ekor. Untuk Murai Batu Medan asli biasanya mempunyai pola ekor berbentuk huruf U dan terpotong di bagian tengahnya.
  • Jika terkena sinar matahari, warna bulu Murai Batu Medan yang hitam akan terlihat kebiru-biruan.
  • Sementara, untuk bagian kaki, Murai Batu Medan muda memiliki kaki berwarna merah gelap. Kalau Murai Batu Medan dewasa kakinya berwarna lebih gelap dari yang muda dan mempunyai sisik serta lekukan seperti buah belimbing.
  • Ukuran tubuh atau postur tubuh Murai Batu Medan lebih besar dari jenis Murai Batu yang lain.

Jangan Tertipu Ekor Murai Batu Medan Palsu

Murai Batu Medan dikenal mempunyai ekor yang panjang. Semakin panjang ekornya, harga burung ini semakin mahal. Namun, banyak oknum memanfaatkan hal tersebut untuk mencari keuntungan dengan cara menyambung ekor Murai Batu.

Jadi, ekor Murai Batu Medan yang pendek diganti dengan ekor Murai Batu lain yang panjang. Biasanya cara yang mereka lakukan dengan menggunakan lem atau perekat lainnya. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik bagian ekornya sebelum membeli.

Kami ada beberapa tips agar tidak terjebak ekor Murai Batu palsu. Berikut beberapa tips mengetahui ekor Murai Batu palsu:

  • Pertama-tama Anda harus meraba bagian pangkal ekornya. Kalau ekornya palsu, pasti akan terasa ada sambungan atau bekas lemas yang terasa kasar.
  • Lihat saat Murai Batu mengangkat ekornya atau melakukan suara ketrekan. Pada saat seperti ini akan terlihat Murai Batu tadi memiliki ekor asli atau palsu. Sebab, mayoritas Murai Batu ekor pendek tidak akan kuat mengangkat ekor yang panjang (palsu).
  • Sesekali kagetkan burung Murai Batu, jika ada bulu ekor yang jatuh berarti kemungkinan besar ekornya palsu atau sambungan.
  • Sambungan ekor Murai Batu palsu biasanya tertutup bulu-bulu halus. Untuk mengetahuinya, semprotkan air ke pangkal ekornya. Setelah itu lihat dan raba bagian pangkal ekor Murai Batu tersebut. Jarak sambungan dengan pangkal ekor biasanya sekitar 1 cm.
  • Tata letak pola ekor Murai Batu juga bisa dijadikan penanda bahwa itu ekor Murai Batu asli atau palsu. Burung Murai Batu yang asli umumnya mempunyai 8 helai ekor warna putih pendek dan 4 helai ekor warna hitam. Tata letaknya 2 helai ekor panjang di tengah dan 2 helai pendek di samping. Jika Anda mendapati tata letak ekor yang tidak sama, berarti Anda harus curiga.

Baca juga: 7 Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Ekor Murai Batu Rusak secara Alami

Demikian beberapa harga Murai Batu Medan Asli yang paling murah dan paling mahal di akhir tahun 2018. Dari dulu harga Murai Batu Medan tetap stabil, kemungkinan di tahun 2019, harganya tidak mengalami banyak perubahan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa dibagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar