7 Harga Vaksin Kucing Sesuai Jenis dan Umur

Burungnya.com – Vaksin manusia mungkin cukup mahal. Tapi apakah harga vaksin kucing juga mahal? Nah, bagi Anda yang ingin memelihara kucing, Anda harus menyiapkan segala kebutuhan kucing, termasuk vaksin kucing.

Pemberian vaksin kucing sama seperti imunisasi pada bayi. Jadi ada aturan jenis dan waktunya. Misal, vaksin A diberikan pada umur kucing sekian, kemudian vaksin B untuk jenis kucing umur segini.

Tidak boleh memberikan vaksin kucing secara asal-asalan. Vaksin sendiri diberikan agar kucing tidak mudah sakit.

Baca juga:

Ini sebagai tindakan pencegahan agar kucing tidak terjangkit penyakit serius. Kucing yang diberi vaksin sesuai waktunya pasti lebih sehat dari kucing yang tidak pernah vaksin.

Masalahnya berapa harga vaksin kucing? Apakah vaksin kucing mahal?

Harga Vaksin Kucing Terbaru
Harga Vaksin Kucing Terbaru

Jenis Vaksin Kucing

Terdapat tiga tahap vaksinasi kucing, yaitu sebagai berikut:

1. Tricat

Kucing diberi vaksin Tricat pada umur 8-10 minggu. Tujuan pemberian vaksin ini untuk melindungi kucing dari penyakit Feline Panleucopenia, Feline Rhinotracheitis, dan Feline Calicivirus.

2. Tetracat

Di tahap kedua, kucing diberi vaksin Tetracat dengan tujuan sama seperti sebelumnya, tapi ditambah perlindungan dari virus Chlamydia. Kucing divaksin Tetracat pada usia 12-14 minggu.

3. Rabies

Nah, untuk menghindari rabies, kucing bisa diberi vaksin rabies. Rabies sangat berbahaya karena bisa menyerang sistem kekebalan tubuh kucing. Bahkan, rabies bisa menular ke hewan atau manusia.

Apabila kucing Anda terkena rabies, segera bawa ke dokter. Anda juga harus memakai sarung tangan dan masker agar aman. Jangan sampai Anda terkena gigitan dan air liur kucing rabies.

Pemberian vaksin rabies dilakukan pada kucing umur 20 minggu.

Nama Obat Kucing Kotak P3K Kucing
Nama Obat Kucing Kotak P3K Kucing

Jenis Vaksin Kucing Tambahan

4. Bordetella

Kami sudah mengutip penjelasan vaksin Bordetella dari Halodoc. Ternyata Bordetella merupakan vaksin yang dapat melindungi hewan peliharaan dari bakteri Bordetella bronchiseptica.

Dia bakteri kecil, gram-negatif, bentuknya batang dari genus Bordetella. Bakteri ini bisa menyebabkan bronkitis pada kucing, anjing, dan hewan lainnya.

Walau virus ini jarang menginfeksi manusia, tapi vaksin Bordetella wajib diberikan sebagai tambahan vaksin.

5. FIV

Kali ini kami mengutip penjelasan dari RoyalCanin. Di sana dijelaskan bahwa virus imunodefisiensi kucing (FIV) Feline immunodeficiency virus mirip dengan HIV kucing.

Bahkan sudah 1-5% kucing sudah terinfeksi virus tersebut. Kalau kucing sudah terinfeksi virus tadi, virusnya akan bertahan di tubuh kucing selama sisa hidup kucing.

Sebenarnya virus ini tidak menyebar pada manusia, tapi kucing bisa menyebarkan virus tersebut. Penyebaran virus ini dari gigitan, dan perkelahian antar kucing.

Perkembangan virus ini sangat lambat tapi bisa menghancurkan sel darah putih kucing. Sehingga kucing bisa kehilangan kemampuan untuk melawan penyakit.

Gejala kucing terkena virus FIV adalah berat badan menurun, demam, infeksi, diare, dan lesu.

Vaksin ini bukan vaksin inti, sehingga pemberiannya bisa dikonsultasikan dengan dokter hewan menyesuaikan gaya hidup kucing.

Vaksin inti di antaranya:

  • Flu kucing – baik feline herpesvirus (fHV) maupun feline calicivirus (FCV)
  • Feline panleukopenia virus (FPV)
  • Feline leukaemia virus (FeLV)

6. FIP

Vaksin FIP merupakan vaksin kucing untuk mencegah mutasi virus corona pada kucing. Virus corona kucing tidak berbahaya tapi gampang menular ke kucing lain.

Harga Vaksin Kucing Murah
Harga Vaksin Kucing Murah

Harga Vaksin Kucing

Agar lebih update, kami mengutip penjelasan harga vaksin kucing dari Lifepal. Di sana ditunjukkan beberapa harga vaksin kucing menyesuaikan jenis penyakit dan umur kucing.

Umur Kucing 8-10 Minggu

Jenis Vaksin: Tricat (Feline panleukopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus)

Harga vaksin kucing = Rp 80.000 – Rp 250.000

Jenis Vaksin: Tetracat (Feline panleukopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus, Chlamydia)

Harga Vaksin Kucing = Rp 180.000 – Rp 210.000

Umur Kucing 12-14 Minggu

Jenis Vaksin: Tricat (Feline panleukopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus)

Harga Vaksin Kucing = Rp 170.000 – Rp 250.000

Jenis Vaksin: Tetracat (Feline panleukopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus, Chlamydia)

Harga Vaksin Kucing = Rp 180.000 – Rp 210.000

Umur Kucing 6 Bulan atau Belum Vaksin

Jenis Vaksin: Tricat (Feline panleukopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus)

Harga Vaksin Kucing = Rp 100.000 – Rp 250.000

Jenis Vaksin: Tetracat (Feline panleukopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus, Chlamydia)

Harga Vaksin Kucing = Rp 180.000 – Rp 210.000

Harga Vaksin Kucing di Puskewan sekitar Rp 150.000. Harga ini bisa lebih murah tergantung dari subsidi pemerintah Provinsi dan Kabupaten masing-masing daerah.

Kesimpulan

Jadi itu tadi harga vaksin kucing sesuai jenis dan umur. Dapat kita simpulkan bahwa harga vaksin satu kali pemberian sekitar Rp 150.000 – Rp 300.000.

Waktu pemberian vaksin kucing bisa dimulai dari hitungan minggu atau begitu kucing ditemukan di jalanan.

Biasanya kucing divaksinasi saat usia 6-8 minggu. Vaksin terhadap virus panleukopenia, rhinotracheitis, dan calici, diulang setiap 3-4 minggu sampai usia kucing 4 bulan.

Kalau vaksi Rabies diberikan setelah kucing berusia lebih dari 3 bulan.

Manfaat vaksin kucing tentu bisa menghindari kucing dari berbagai penyakit berbahaya. Kemudian, risiko penyakit kucing menular pada manusia menjadi menurun.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.