Hasil Persilangan Lovebird Klep dan Non Klep Jadi Lovebird Barong

Burungnya.com – Pernah mendengar istilah Lovebird Barong? Bagi peternak Lovebird pemula, mungkin bertanya-tanya apa itu Lovebird Barong? Ternyata Lovebird Barong adalah hasil persilangan Lovebird Klep dan Non Klep.

Bagi yang belum mengetahui Lovebird Klep dan Lovebird Non Klep, kami akan menjelaskan sedikit. Jadi, Lovebird Klep adalah Lovebird yang memiliki kacamata berwarna putih di sekitar matanya. Sementara Lovebird Non Klep berarti tidak mempunyai kacamata.

Untuk mendapatkan hasil kawin silang Lovebird yang bagus, sebaiknya Lovebird disilangkan dengan sesama jenisnya. Contohnya, Lovebird Non Klep dengan Lovebird Non Klep. Jika Lovebird Klep dan Lovebird Non Klep dikawinkan maka hasilnya bisa menjadi Lovebird Barong.

Baca juga: Cara Ternak Lovebird Poligami 1 Jantan 3 Betina agar Berhasil

Mengapa disebut Lovebird Barong?

Lovebird Barong bukan berarti barongan yang menyeramkan, tapi Lovebird yang tidak bisa menghasilkan keturunan atau Lovebird mandul / infertil.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika Lovebird Klep seperti Fischeri, Personatus, Nyasa, atau Blackcheecked dikawinkan dengan Lovebird Non Klep, maka hasil anakannya menjadi Lovebird Barong.

Kasihan, nanti Lovebird tersebut tidak bisa mempunyai keturunan. Saat Lovebird Barong diternak biasanya bisa bertelur tapi tidak ada isinya. Tentu hal ini akan cukup menguras tenaga dan modal pengeluaran.

Lovebird Barong mempunyai nilai persentase mandul sebesar 99,9 persen. Lovebird ini punya peluang tidak mandul sebesar 0,1 persen dengan Kuasa Allah SWT.

Mengapa Lovebird Barong bisa Mandul?

Pertanyaan ini sering muncul di kalangan peternak Lovebird, apalagi para kicau mania pemula yang ingin menangkar Lovebird. Jadi, sebenarnya pengaruh mandul tidaknya Lovebird Barong karena jumlah kromosom ganjil.

Baca juga: Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula yang Baru Memelihara Lovebird

Loading...

Lovebird Barong jadi mandul karena mempunyai jumlah kromosom ganjil yaitu 63. Perlu Anda ketahui, Lovebird Klep memiliki 62 kromosom, sedangkan Lovebird Non Klep 64 kromosom.

Jika kedua indukan ini disilangkan Lovebird Klep (31) dan Lovebird Non Klep (32), maka anaknya jadi Lovebird Barong (63) ganjil dan infertil atau mandul.

Sebagai gambaran nyata, jumlah kromosom Lovebird Agapornis Fischeri 62 dan Lovebird Agapornis Roseicollis 64, sehingga menghasilkan anakan Lovebird Hybrid dengan jumlah kromosom 63 (ganjil).

Kawin silang Lovebird Polyploid Hybrid
Kawin silang Lovebird Polyploid Hybrid

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengawinkan Lovebird yang satu spesies atau satu ras saja. Tujuannya agar hasil anakannya nanti tidak mandul.

Anda juga boleh mengawinkan Lovebird yang beda warna tapi harus tetap satu spesies. Misalnya, Lovebird Agapornis Personatus Blue Series warna violet dengan Lovebird Agapornis Personatus Green Series warna hijau standar.

Baca juga: 2 Cara Ternak Lovebird dan Parkit Lengkap dengan Hasil Silangan

Silangan Lovebird tersebut anakannya tidak mandul atau bukan Lovebird Barong. Namun, biasanya keindahan warna bulu anakannya nanti tidak seperti induknya atau istilah kasarnya warna Lovebird tersebut akan rusak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan disimpan sendiri, tapi bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • lovebird non klep di silang dgn klep
  • Ternak burung unik

Berikan komentar