Hobi Unik Pria di Gresik Beli Burung Lalu Dilepas ke Alam

Burungnya.com – Jarang sekali kicau mania ada yang melepas burung ke alam liar. Biasanya mereka sering membeli burung kemudian dirawat di rumah dan diikutkan lomba. Berbeda dari yang lain, salah satu kicau mania dari Gresik justru memiliki hobi unik yaitu melepas burung ke alam liar.

Tentu hal tersebut terbilang unik karena dia sampai beternak burung Murai Batu untuk membeli burung yang lain. Setelah membeli burung, dia melepaskan burung tersebut ke alam dekat rumahnya. Burung yang dilepas termasuk Murai Batu yang dia ternak.

Siapakah kicau mania asal Gresik yang mau melepaskan burung-burung ke alam? Anda pasti penasaran dengan sosok tersebut. Pria yang kami maksud adalah Ahmad Faruq berusia 37 tahun. Ahmad tinggal di Jalan Jamrud, Perumahan Kota Baru, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik.

Ahmad Faruq Hobi Melepas Burung (tribunnews.com)
Ahmad Faruq Hobi Melepas Burung (tribunnews.com)

Hobi Melepas Burung

Pria ini kerja sebagai pegawai salah satu toko onderdil kendaraan di Kota Surabaya. Setelah kerja, hobinya adalah merawat burung di pekarangan rumah. Dia sampai ternak Murai Batu di rumah. Nah, dari hasil ternak Murai Batu, uangnya digunakan untuk membeli burung-burung.

Mungkin banyak yang bertanya, mengapa uangnya tidak untuk kebutuhan sehari-hari atau bayar cicilan, dan lain-lain. Untuk masalah tersebut tentunya sudah dilakukan, kemudian sisanya digunakan untuk membeli burung. Tahukah Anda burung apa saja yang dibeli?

Diketahui Ahmad Faruq membeli burung Derkuku, Perkutut, Kutilang, hingga Trucuk. Jadi, burung-burung tersebut memang sudah lama hidup berdampingan dengan manusia. Kalau mereka dilepas di dekat rumah pun, burung-burung masih bisa bertahan hidup.

Lantas, apakah burung Murai Batu yang dia ternak juga pernah dilepas? Ternyata burung Murai Batu juga ikut dilepasliarkan. Namun, tidak diketahui apakah dia melepas Murai Batu di dekat rumah atau di hutan. Kalau dihitung-hitung, Ahmad Faruq sudah melepas burung hingga ratusan ekor.

“Kalau ditotal sudah ratusan ekor burung dari berbagai jenis burung mulai Derkuku, Perkutut, Kutilang, Trucuk hingga Murai Batu,” ucapnya, seperti yang disadur dari Tribunnews.com (1/9/2020)/

Burung-burung yang sudah dibeli kemudian dilepas begitu saja. Namun, sebelumnya Ahmad telah memastikan apakah burung dalam keadaan sehat atau dalam kondisi sakit. Jika burung sehat, maka dia siap dilepakan. Akan tetapi bila burung sedang sakit, maka Ahmad tidak jadi melepasnya. Burung dirawat dulu sampai sembuh, baru nanti dilepas lagi ke alam liar.

“Kemudian saya lepas ke alam bebas. Saya juga melepas burung Murai Batu ke alam bebas. Dan sebelum dilepas, saya pastikan burungnya tidak dalam kondisi sakit,” katanya.

Loading...

Alasan Lepas Burung ke Alam

Banyak orang yang bertanya-tanya mengapa Ahmad Faruq melepaskan burung ke alam dan rela menyisihkan uangnya untuk membeli burung dan dilepas kembali?

Alasannya sungguh mengejutkan, ternyata Ahmad Faruq sangat nyaman saat melihat burung-burung hinggap di pepohonan. Dia juga suka melihat indukan burung memberi makan anak-anaknya di atas pohon. Suara kicauan burung di alam lebih merdu dan menenangkan.

Selain itu, tujuannya agar anak cucu bisa melihat bentuk burung asli dan suara kicauannya. Jadi anak cucu kita tidak hanya melihat foto atau suara dari YouTube. Nah, dari situlah melepas burung sudah menjadi salah satu hobinya.

“Tujuan saya supaya kelak anak cucu bisa melihat bentuk dan kicau aslinya, bukan melihatnya dari layar handphone,” kata Faruq.

Terakhir Ahmad Faruq berpesan kepada masyarakat atau tukang mikat burung. Diharapkan orang-orang seperti itu segera menyadari bahwa alam beserta isinya bukan milik generasi sekarang saja tapi juga milik generasi yang akan datang.

Baca juga:

Kesimpulan

Apa yang dapat kita petik dari hobi Ahmad Faruq yang sering melepas burung ke alam hingga ratusan ekor? Jadi intinya tergantung dari masing-masing kicau mania. Tujuan dari memelihara burung apa. Kalau Ahmad Faruq sudah pasti dia merawat burung untuk melestarikannya. Ahmad sampai beternak burung Murai kemudian hasilnya untuk beli burung-burung lokal dan dilepaskan kembali.

Sungguh dia termasuk pecinta alam dan kegiatannya melepas burung perlu diapresiasi karena termasuk hobi yang unik. Sekarang jarang sekali ada orang yang melepas burung ke alam liar.

Terlebih dia melakukan semua ini secara individu tanpa tergabung dengan organisasi tertentu. Semoga akan banyak penerus Ahmad Faruq yang hobi melepas burung ke alam liar.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!