10 Ide Konten YouTube Burung Kicau Tanpa Menunjukkan Wajah

Burungnya.com – Video YouTube sudah menjadi konsumsi publik setiap hari. Dari situ kita bisa mendapatkan penghasilan. Apalagi kicau mania, mereka bisa menghasilkan uang dari YouTube. Tapi konten YouTube apa yang bagus untuk burung kicau?

Di sini tergantung dari pribadi masing-masing. Anda orangnya percaya diri atau tidak. Misalnya, Anda kurang percaya diri, Anda bisa membuat konten YouTube tanpa menunjukkan wajah dan suara.

Jadi, kontennya seperti apa? Ya, fokus dari pengambilan video berarti tentang burung Anda sendiri dan tangan Anda atau pakai masker hingga topeng tertentu. Kemudian, nanti Anda beri keterangan berupa teks di setiap langkah-langkahnya.

Baca juga: Cara Menangkap Burung Pakai Botol Bekas dan Video Pembuatan

Contoh Konten YouTube Burung Kicau Tanpa Menunjukkan Wajah

Anda bisa membuat video tips perawatan burung sehari-hari. Perawatan ini bisa dimulai dari pagi hari. Misalnya, pengembunan, penjemuran, mandi, umbarang, dan lain-lain.

Pengambilan video bisa menggunakan tripod atau minta bantuan keluarga Anda. Kemudian posisikan kamera agar yang kelihatan cuma burung dan tangan Anda saja.

Jadi, wajah dan suara tidak perlu ditunjukkan. Video YouTube seperti ini sudah banyak yang membuatnya. Terlihat pula bahwa video semacam ini bisa memunculkan iklan dan menghasilkan banyak uang.

Ide Konten YouTube Burung Kicau

Lantas, kalau mau buat konten burung, kira-kira konten video apa yang bagus di YouTube? Banyak sekali konten burung kicau yang bisa Anda upload di YouTube.

1. Lomba Burung

Sebagian wartawan di media konvensional beralih menjadi YouTuber lomba burung karena dinilai lebih menguntungkan. Mungkin karena pesaingnya masih sedikit dan peminat lomba burung cukup banyak.

Anda bisa meliput lomba burung dari mulai lokasinya, tempat pendaftaran, pemilihan area gantang, profil pemenang lomba, profil peserta yang beda dari lainnya, burung juara, sangkar unik, hadiah lomba, dan masih banyak lagi.

Dalam sekali datang ke lomba burung, Anda bisa mendapatkan 3-5 konten. Lumayan, kalau Anda datang ke lomba setiap akhir pekan, berarti video Anda di YouTube bisa update secara rutin dua hari sekali.

Baca juga: Bule Cantik Ikut Lomba Burung Lovebird dapat Juara

2. Cara Merawat Burung

Perawatan burung kicau sangat diminati oleh penonton. Pasalnya, mereka banyak yang belum cara membuat burung gacor. Jadi, Anda buatkan video YouTube tutorial cara membuat burung gacor dengan cepat.

Kasih tips perawatan yang beda dari yang lain. Mungkin Anda bisa membocorkan sedikit tips perawatan agar burung gacor di lomba. Tips yang menarik dan tidak umum biasanya menarik minat banyak orang untuk menontonnya.

Contoh setingan terapi bambu pada burung Lovebird. Burung Lovebird pada umumnya tidur tanpa glodok atau saat kawin dikasih glodok untuk tempat bertelur.

Nah, ada orang yang membagikan tips membuat Lovebird ngekek panjang dengan memasukkan bambu. Jadi, fungsi bambu ini untuk tempat tidur burung Lovebird.

Burung yang dikasih bambu rata-rata durasi ngekeknya bertambah. Burung juga rajin ngekek karena tidurnya nyenyak dan nyaman.

Baca juga: Cara Menambah Durasi Ngekek Lovebird dengan Terapi Bambu Gila

3. Latihan Burung Jinak

Kegiatan melatih burung agar cepat jinak juga seru. Terlebih bila segala jenis burung bisa Anda jinakkan. Tentu semua orang ingin merawat burung yang jinak.

Sebab, burung jinak bisa diajak main dan tidak perlu dimasukkan ke dalam sangkar setiap hari. Pulang kerja bisa ajak main burung di mana saja.

4. Masteran Burung

Apabila Anda mempunyai burung kicau yang gacor dor tak kowor-kowor, rekam saja dan upload videonya di YouTube. Pengambilan video harus dekat dengan burung dan suara jernih.

Dengan begitu, suara burung Anda terdengar seperti burung asli di alam. Jadi, orang yang melihatnya tertarik untuk memutarkan video Anda ke burung kicauan penonton di rumah.

Terus, kalau bisa durasi video masteran burung agak lama biar penonton tidak perlu bolak-balik play video.

5. Buat Racikan Makanan Burung

Ada lagi video YouTube yang banyak penontonnya yaitu cara membuat racikan makanan burung. Kalau makanan burung kemasan mungkin sudah biasa ya.

Namun, racikan pakan burung seperti sebuah rahasia yang dibocorkan ke publik. Sehingga peminatnya banyak sekali.

Bahan makanan dipilih yang alami dan murah. Agar penonton bisa membeli dan mencobanya di rumah. Kalau Anda buat makanan dengan bahan mahal dan alat yang mahal, tentu sulit dipraktekkan banyak orang.

6. Cek Harga Burung di Kios

Harga burung selalu mengalami peningkatan dan penurunan. Anda bisa melakukan survei ke semua kios burung untuk mengetahui harganya.

Sebelumnya minta izin dulu ke penjual bahwa Anda akan meliput harga burung, pakan burung, atau sangkar. Nanti penjual akan mendapatkan promosi gratis di video dan deskripsi.

Kalau Anda memiliki modal, coba beli produk yang dijual kemudian review sekaligus promosikan.

7. Kunjungan ke Pengrajin Sangkar

Apabila Anda mengetahui lokasi pengrajin sangkar di dekat rumah Anda, coba datangi dan jadikan konten video. Tanyakan harga sangkar, cara buat, kerumitan, teknik pembuatan, dan lain-lain.

8. Kunjungan ke Peternak Burung

Peternak burung selalu memiliki rahasia bagaimana mencetak burung juara. Anda bisa mendatangi para peternak untuk menanyakan hal tersebut. Paling tidak, rekam desain sangkarnya, dan perawatan hariannya.

Sebab, tidak akan ada orang yang mau membagikan rahasia dapur mereka. Jadi, tanyakan yang sifatnya umum saja untuk menjaga privasi.

Baca juga: Penangkaran Murai Batu Ekor Terpanjang di Dunia Ternyata Ada di Indonesia

9. Vlog Wisata Taman Burung

Apabila Anda sedang tidak sibuk, ajak keluarga ke taman burung. Anda bisa meliput video burung sekaligus jalan-jalan. Untuk video seperti ini tentunya memiliki modal.

Namun, tidak masalah karena ini sifatnya memang liburan tapi sambil cari uang. Dalam perekaman tempat wisata, coba ambil poin pentingnya, seperti harga tiket, lokasi, koleksi burung, fasilitas, tempat seru, hingga atraksi burung.

10. Cara Menangkap atau Memikat Burung di Hutan

Ada lagi konten video YouTube yang banyak penontonnya, yaitu cara menangkap atau memikat burung di hutan. Tentu ini konten eksklusif karena tidak semua orang bisa menirunya.

Konten alam seperti di hutan memang seru. Soalnya, banyak orang tinggal di pedesaan dan perkotaan. Jadi, kalau lihat suasana hutan, rasanya kayak beda gitu.

Kesimpulan

Demikian beberapa ide atau inspirasi konten YouTube burung kicau tanpa menunjukkan wajah dan banyak penontonnya. Konten burung cukup banyak diminati karena hampir setiap rumah ada yang memelihara burung.

Pilih burung yang biasa dipelihara banyak orang. Anda juga bisa kolaborasi dengan YouTuber lainnya supaya channel Anda cepat dapat banyak subscriber.

Kemudian begitu selesai upload video, langsung share ke media sosial. Kalau cuma diunggah saja, tidak ada yang nonton, jadi harus dibagikan ke media sosial dan grup-grup WA atau Facebook.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.