Skip to content

5 Ikan Hias Air Tawar Untuk Anak Kecil

Ikan Hias Air Tawar Untuk Anak Kecil

Burungnya.com – Pelihara ikan hias air tawar ternyata mudah. Anda bisa memberikan tanggung jawab kepada anak untuk merawat ikan hias.

Ada beberapa jenis ikan hias air tawar yang cocok untuk anak-anak kecil. Mereka bisa diberi tanggung jawab sekaligus belajar merawat hewan.

Dengan begitu, tingkat kemandirian dan rasa sayang akan tumbuh. Mereka juga akan lebih peduli terhadap sekitar karena terbiasa merawat ikan.

Daripada main HP, anak-anak lebih baik diberi ikan hias air tawar untuk dipelihara. Ikan-ikan tersebut lucu dan bisa menjadi sahabat anak-anak.

Baca juga: 10 Gambar Ikan Terbesar di Dunia, Berat dan Panjang

Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Anak Kecil

Anak-anak bisa memelihara beberapa jenis ikan air tawar yang mudah dalam perawatan. Dengan begitu, anak-anak bisa berlatih tanggung jawab dan ikan tidak stres.

Ada berbagai jenis ikan hias air tawar yang bisa dipelihara anak kecil.

1. Ikan Cupang

Ikan Hias Air Tawar Ikan Cupang

Ikan Hias Air Tawar Ikan Cupang

Tahukah Anda, ikan cupang termasuk ikan hias air tawar yang paling mudah dipelihara. Bahkan anak kecil bisa merawatnya dengan mudah.

Ikan ini tidak butuh perawatan khusus. Bahkan, ikan cupang juga bisa diberi pakan pelet kecil-kecil.

Kalau ada cacing kecil, ikan cupang akan lebih bahagia. Warna ikan akan keluar dan dia terlihat lebih sehat serta aktif.

Tempat atau wadah ikan cupang juga bisa di mana saja, termasuk toples dan botol bekas. Jadi, Anda tidak perlu beli aquarium mahal, karena pakai botol bekas juga bisa.

2. Ikan Guppy

Ikan Guppy Motif Macan

Ikan Guppy Motif Macan

Sementara untuk ikan hias air tawar yang lebih bagus, Anda bisa memberikan ikan Guppy. Ikan ini bisa dikatakan hampir sama dengan ikan cupang.

Namun, ikan Guppy terbilang lebih mahal. Selain itu, ikan Guppy tidak cocok tinggal di botol atau toples.

Jadi, setidaknya Anda harus menyiapkan aquarium kecil untuk pelihara ikan Guppy. Ikan ini juga butuh aerator udara supaya bisa bertahan hidup.

Baca juga: 7 Jenis Ikan Channa Termahal dan Gambarnya

3. Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra

Ikan hias air tawar ini memiliki warna tubuh yang tidak kalah berwarna dengan ikan guppy. Neon tetra termasuk ikan hias yang paling populer di kalangan pecinta ikan.

Mereka memiliki pola biru dan merah memanjang. Tidak seperti biasanya, warnanya tampak bersinar di bawah pencahayaan akuarium. Itu yang menjadikan dia diberi nama “Neon”.

Selain itu, neon tetra juga merupakan ikan sosial, terbiasa aktif berkelompok dan tidak mudah marah saat bersentuhan dengan spesies lain. Hal ini tentunya akan semakin menyenangkan bagi anak kecil.

Seperti ikan hias air tawar akuarium lainnya, neon tetra mudah dirawat. Ikan ini menyukai area yang luas untuk berenang dan tanaman hias.

Dalam hal makanan, ikan hias air tawar ini adalah omnivora, terbiasa dengan semua jenis makanan.

4. Ikan Platy

Ikan Platy

Ikan Platy

Ikan Platy merupakan spesies ikan asli Amerika Selatan. Ada banyak jenis ikan Platy seperti Sunset, Hawaiian, Red Coral, Black Tail, Simson dan Platy Cagak.

Sebagian besar platy di pasaran adalah platy cagak. Sebagian besar aquarist hias memelihara platy dalam kepadatan yang cukup tinggi di kolam semen terbuka.

Namun, ketika ikan ini dipelihara di kolam terbuka, mereka menjadi mangsa atau diganggu oleh larva capung, kutu Argulus dan lernaea.

Gangguan apapun dari hama ini dapat menyebabkan kondisi ikan memburuk, sehingga kualitas ikan juga akan turun.

Jika ingin membudidayakan ikan playty sebaiknya kolam ikan diberi obat pencegah kutu seperti larutan PK, larutan abate pereduksi, dan merendam ikan dalam air garam.

Baca juga: 12 Makanan Ikan Channa Biar Warna Cepat Keluar

5. Ikan Yoyo Loach

Ikan Yoyo Loach

Ikan Yoyo Loach

Yoyo Loach adalah ikan hias air tawar asal Pakistan. Menariknya, nama “yoyo” ternyata dari corak hitam di badannya yang mirip kata “yoyo”.

Selain itu, hewan air ini juga memiliki kebiasaan mencari makan di dalam akuarium. Ini pasti akan membuat anak kecil terhibur saat mereka menontonnya.

Ikan ini juga suka lumut-lumut yang tumbuh liar di aqurium. Asalkan lumutnya masih sedikit, pasti ikan hias ini suka sekali. Namun, bila lumutnya sudah lebat, ikan tersebut tidak mau memakannya.

Oh iya, mereka juga dapat tumbuh hingga 6 cm dan membutuhkan ruang yang cukup untuk berenang. Sediakan setidaknya akuarium berukuran 90 liter untuk satu ikan.

Kesimpulan

Demikian beberapa ikan hias air tawar untuk anak kecil. Mereka bisa dipelihara dengan mudah, bahkan cukup diberi makan saja dengan rutin, ikan-ikan hias tadi bisa hidup.

Namun, jumlah takaran pakan ikan hias air tawar harus diperhatikan. Maksimal berikan pakan dua kali sehari.

Jika Anda memberikan ikan terlalu sering dan banyak, air akan cepat kotor dan ikan mudah mati.

Selain itu, ajarkan kepada anak untuk tidak mengobok-obok ikan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow berita terbaru di Google News. Terima kasih.

x

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.