Skip to content

Ini Waktu yang Tepat Murai Batu Ikut Lomba

Waktu yang Tepat Murai Batu Ikut Lomba

Burungnya.com – Kapan Murai Batu ikut lomba? Apakah Anda sudah tidak sabar ingin mengikutkan burung lomba di lapangan? Jika memang demikian, coba dipikir-pikir lagi.

Mungkin Anda bernafsu sekali melihat kemenangan Murai Batu di lomba. Memang di rumah Murai Batu gacor sekali. Namun, ketika bertemu lawan, belum tentu mereka juga mau gacor.

Kebanyakan justru Murai Batu yang masih muda mentalnya drop. Ini dikarenakan dia tidak mengetahui bahwa di luaran sana masih banyak burung yang lebih bagus.

Kalau di rumah mungkin tidak ada lawan, sehingga burung tersebut sangat percaya diri. Begitu ikut lomba kejuaraan, mentalnya hancur karena takut melihat lawan yang lebih gacor.

Baca juga:

Kapan Murai Batu Ikut Lomba?

Pertanyaan yang bagus, bagus biar kicau mania memahami pentingnya umur yang matang. Kalau Murai Batu belum siap lomba tapi sudah dilombakan, nanti awalnya bagus, tapi secara berkelanjutan akan hancur.

Kisah Sedih Murai Batu Muda Sudah Dilombakan

Kapan Murai Batu Siap Lomba

Sama seperti kejadian yang menimpa Syamsul Saputro pemilik SKL Bird Farm. Dari keterangan Omkicau, awal-awal dulu Syamsul pernah menurunkan Murai Batu untuk pertama kalinya ke lomba tingkat nasional.

Burung ini masih muda dan belum berpengalaman. Namun, burung tersebut langsung mendapat jura pertama.

Lawan-lawan Murai Batu tadi sebenarnya para senior dan bukan burung sembarangan. Salah satunya ada burung Murai Batu jawara seharga Rp 250 juta.

Namun, Murai milik Syamsul dapat mengalahkannya dan meraih juara pertama.

Burung ini baru mabung pertama kali tapi mentalnya sangat fighter. Durasi performanya nyaris sempurna dari awal gantang sampai akhir lomba.

Syamsul bangga karena Murai Batu kemarin sore bisa mengalahkan Murai Batu jawara.

Sayangnya hal tersebut tidak berlangsung lama. Murai Batu tadi perlahan melakukan tingkah aneh, seperti mematuki bulunya sendiri, tidak mau bunyi, mabung tidak beraturan, dan tidak tuntas.

Cara Merawat Murai Batu Lomba Agar Juara

Cara Merawat Murai Batu Lomba Agar Juara

Kemudian pada akhirnya Murai Batu tersebut mati. Syamsul sangat menyesalinya padahal para senior sudah mengingatkannya.

Dari situ Syamsul banyak belajar tentang karakter sampai sekarang SKL Bird Farm sudah terkenal di mana-mana. Walau harga Murai Batu miliknya dijual di atas harga rata-rata, semuanya laris manis.

Waktu Melombakan Murai Batu

Dari situ dapat diambil kesimpulan melombakan Murai Batu setelah mabung pertama, hasilnya sangat fatal.

Murai Batu boleh ikut lomba minimal sudah mabung kedua atau ketiga. Biasanya puncak performa Murai Batu setelah mabung ketiga.

Sekarang tinggal Anda mau sedikit bersabar atau terburu-buru dalam mengambil tindakan.

Alasan Harga Murai Batu Mahal Bisa Seperti Harga Rumah

Alasan Harga Murai Batu Mahal Bisa Seperti Harga Rumah

Usia Murai Batu Mabung Pertama

Kapan Murai Batu mabung pertama? Rata-rata Murai Batu mabung pertama kali di usia 4 bulan. Namun bila asupan proteinnya tinggi, Murai Batu bisa mabung lebih cepat yakni usia 2 bulan.

Murai Batu yang dirawat di sangkar aviary juga mabung lebih cepat.

Jadi kemungkinan dalam setahun, Murai Batu bisa mabung dua kali. Apakah kita harus menunggu 1 tahun supaya burung siap lomba?

Kalau mau aman dan mentalnya lebih kuat, tunggu saja sampai usia burung 2 tahun. Biasanya burung sudah mabung 2-3 kali, sehingga dari kualitas emosi, mental, pengalaman tentunya sudah bagus.

Doping Murai Batu Gacor (pikiran-rakyat.com)

Doping Murai Batu Gacor (pikiran-rakyat.com)

Murai Batu Ikut Lomba Tapi Terlalu Dini

Dari sini Anda seharusnya sudah mulai berhati-hati saat akan mengikutkan Murai Batu lomba. Walau masih kecil burung sudah gacor, tapi kalau mental dan umur belum mencukupi, nanti justru berdampak buruk pada burung tersebut.

Oleh karena itu, kita harus memahami dulu karakter burung Murai Batu. Setidak Anda mengetahui kapan dia lahir, kapan mabung, dan kapan waktu kawin.

Kalau sudah tahu semuanya, Anda bisa dengan mudah mengikutkan Murai Batu lomba. Burung sudah siap dan mental fighter. Walau bertemu lawan gacor, mentalnya tidak drop.

Kesimpulan

Demikian waktu yang paling tepat melombakan burung Murai Batu. Murai Batu siap lomba jika sudah mabung kedua. Namun untuk performa terbaik, tunggu mabung ketiga.

Jadi pada dasarnya tunggulah burung setelah usianya 2 tahun. Sambil menunggu, burung jangan diturunkan di lomba kelas nasional.

Burung Murai Batu bisa ditrek dengan burung tetangga yang usianya sepadan. Kemudian burung juga bisa dimaster dengan Murai Batu jawara. Sekali lagi pilih usia yang sepadan dan jangan terlalu tua.

Nanti takutnya mental burung drop. Sebab mendengarkan suara Murai gacor dari YouTube atau MP3 bisa membuat burung ngedrop mentalnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • https://burungnya com/ini-waktu-yang-tepat-murai-batu-ikut-lomba/
  • murai 1 tahun masuk kelas dewasa umur berapa
  • usia brpa murai siap gantang

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.