Jadi Inspirasi Bendera Indonesia, Burung Elang Ini Tersisa 10 Ekor

Jadi Inspirasi Bendera Indonesia, Burung Elang Ini Tersisa 10 Ekor

Burungnya.com – Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa burung Elang ini dulu pernah berjasa bagi Indonesia. Hal ini berkaitan dengan bendera Indonesia yang berwarna merah putih. Namun sayang, jumlah burung Elang Flores diyakini semakin berkurang dan hampir punah.

Semua terkejut saat mengetahui bahwa burung Elang Flores (Nisaetus floris) jumlahnya tinggal 10 ekor saja. Ya, Bupati Ende, Marsel Petu mengatakan bahwa populasi burung Elang Flores di kawasan wisata Taman Nasional Kelimutu semakin terancam punah.

Baca juga: 20 Jenis Burung Langka di Indonesia Lengkap dengan Gambar

Bagaimana tidak, sekarang jumlah Elang ini kurang lebih sekitar 10 ekor saja. Elang Flores semakin langka padahal burung ini mempunyai peran penting dalam sejarah Indonesia.

Jadi Inspirasi Presiden Soekarno

Ya, burung Elang Flores berhasil menginspirasi Ir. Soekarno saat menetapkan warna bendera negara Republik Indonesia. Saat itu, Ir. Soekarno menjalani masa pengasingan di Ende tahun 1934-1938.

Burung Elang Flores memiliki warna dada putih dan sayap merah. Dua warna tersebut mengilhami Soekarno untuk menetapkan warna bendera negara Indonesia berwarna merah putih.

Burung Elang Flores (surfbirds.com)
Burung Elang Flores (surfbirds.com)

“Elang Flores itu dadanya warna putih, sayapnya warna merah, itulah yang mengilhami Soekarno untuk menetapkan bendera negara Indonesia berwarna merah-putih,” kata Marsel Petu seperti dikutip dari trubus.id (10/4/2019).

Loading...

Baca juga: Kucing Rumahan Ini Bunuh Semua Burung di Pulau Sampai Punah

Kejadian Mistis Burung Elang Flores

Selain dijadikan inspirasi penetapan warna bendera negara Indonesia, burung Elang Flores juga dianggap memiliki sisi mistis.

Menurut Bupati Marsel Petu, selama lima tahun terakhir, burung-burung Elang ini akan berterbangan di langit Kota Ende setiap mereka menggelar Parade Kebangsaan, terutama parade saat memperingati Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni.

Oleh karena itu, bupati Ende meminta pihak pengelola Taman Nasional Kelimutu untuk menjaga populasi burung Elang Flores yang masih tersisa agar tidak punah. Selain, penjagaan Elang ini harus diperketat agar tidak dijadikan sasaran perburuan.

Baca juga: Akibat Penangkapan Liar, Burung Kacer di Aceh Jadi Langka

Demikian mirisnya keberadaan burung Elang Flores yang sekarang ternyata tinggal 10 ekor di Taman Nasional Kelimutu. Coba bayangkan, betapa gagahnya burung Elang ini ketika bertemu dengan Ir. Soekarno.

Tak heran, Bapak Proklamator Republik Indonesia sampai menjadikan burung Elang ini sebagai penetapan warna bendera negara Indonesia. Apabila dulu Presiden Soekarno tidak bertemu dengan Elang Flores, kira-kira warna bendera negara Indonesia apa ya?

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung falcon indonesia
  • burung garuda putih
  • Elang burung
  • foto burung elang

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!