Jahe untuk Cendet di Musim Hujan dan Perawatannya

Burungnya.com – Selama ini jahe identik dengan minuman hangat yang nikmat. Selain bisa mengembalikan stamina, jahe bisa menjaga tubuh agar tidak mudah sakit di kala pandemi virus Corona. Jahe juga bermanfaat untuk burung Cendet di musim hujan.

Burung yang mengonsumsi jahe akan lebih sehat karena tubuhnya terasa hangat. Apalagi bila jahe tersebut dikonsumsi di saat musim hujan, tentunya akan lebih bermanfaat.

Perawatan Cendet di Musim Hujan

1. Jemur Cendet saat Ada Matahari

Matahari jarang terbit di musim hujan. Anda harus siaga dan cepat-cepat menjemur burung Cendet begitu matahari muncul. Paling tidak burung mendapatkan sinar matahari 30 menit sampai 60 menit.

2. Dekatkan Lampu

Kalau seharian atau dari pagi sampai malam hujan terus, Anda bisa mendekatkan burung Cendet di lampu yang hangat. Kehangatan lampu bisa membantu menghangatkan tubuh Cendet.

Sama seperti anak ayam yang dimasukkan inkubator buatan dengan lampu pijar. Tapi kalau burung Cendet cukup digantung di dekat lampu saja.

3. Tidak Perlu Mandi

Selama musim hujan, Cendet tidak perlu dimandikan setiap hari. Saat cuaca terlihat cerah, baru burung bisa dimandikan. Sebab, nanti setelah mandi dia langsung bisa dijemur. Kalau mandi cukup disemprot sedikit saja, yang penting sejuk, tidak perlu sampai basah kuyup.

4. Simpan di Dalam Rumah

Burung Cendet jangan digantung di depan rumah untuk diangin-anginkan. Sebab udara dan angin di musim hujan sangat dingin. Lebih baik burung dimasukkan ke dalam rumah atau disimpan di dalam ruangan.

5. Sangkar Dikerodong Full

Terakhir sangkar burung dikerodong full begitu selesai penjemuran. Misal, pagi hari ada matahari, jemur saja sebentar, lalu burung dikerodong full. Dengan begitu, tubuh burung akan tetap terasa hangat dan tidak kedinginan.

Manfaat Jahe untuk Cendet (klikdokter.com)
Manfaat Jahe untuk Cendet (klikdokter.com)

Pakan Jahe untuk Cendet

Jahe termasuk salah satu jenis tanaman yang memiliki sejuta manfaat. Anda pasti sudah pernah merasakan khasiat jahe bagi kesehatan. Ternyata kalau diberikan ke burung Cendet juga sama baiknya.

Loading...

Manfaat Jahe bagi Burung Cendet

  • Menjaga suhu tubuh Cendet agar tetap hangat.
  • Mengontrol kadar lemak dalam tubuh.
  • Burung makan Jahe tidak akan kegemukan.

Cara Memberikan Jahe ke Burung Cendet

  1. Jahe diberikan sebagai pakan jangkrik, terus jangkriknya dijadikan makanan Cendet.
  2. Potong jahe kecil atau diparut kemudian dimasukkan ke tubuh jangkrik, lalu jangkrik diberikan ke Cendet. (agak tidak manusiawi dan tidak tega)
  3. Jahe diparut sampai halus kemudian dicampur ke makanan Cendet.
  4. Tambah ulat hongkong setiap pagi dan sore masing-masing 2 ekor.
  5. Cendet juga bisa diberi daging ayam mentah yang masih segar. Berikan ayam dalam bentuk potongan kecil.

Kesimpulan

Demikian cara pemberian jahe untuk Cendet di musim hujan dan perawatannya. Burung Cendet termasuk burung fighter, sehingga butuh asupan makanan hangat agar tidak loyo di musim hujan.

Baca juga:

Jangan hanya menjaga kesehatan burung Cendet saja, tapi juga jaga kesehatan diri Anda sendiri. Di musim pancaroba ini biasanya tubuh mudah drop dan jatuh sakit seperti flu atau demam. Untuk menghindari penyakit tersebut konsumsi saja wedang jahe dan madu secara teratur.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!