7 Jenis Buah yang Disukai Kacer dan Bagus Untuk Kesehatan

Burungnya.com – Tidak hanya voer saja, burung Kacer juga suka dengan buah-buahan. Di alam liar, burung Kacer paling suka makan buah.

Namun, karena dipelihara manusia, buah-buahan tersebut diolah menjadi voer dan suplemen lainnya. Padahal, kalau dipikir-pikir sepertinya lebih bagus memberikan buah secara langsung kepada Kacer.

Sayangnya, buah mudah busuk dalam hitungan jam. Pagi burung Kacer diberi buah, sorenya buah sudah busuk. Kalau voer masih tetap awet dalam beberapa hari.

Ini yang menjadi alasan kicau mania lebih sering memberi voer daripada buah. Meski begitu, sesekali Anda juga harus memberikan buah ke burung Kacer agar kesehatannya terjaga.

Buah yang Disukai Kacer

1. Pisang

Banyak burung diberi pisang karena buah ini memang bagus untuk kesehatan burung. Pisang mengandung banyak mineral yang gunakanya untuk pemenuhan vitamin.

Buah pisang juga bisa menjaga daya tahan tubuh serta menambah stamina burung Kacer. Kualitas suara Kacer akan semakin bagus bila setiap hari diberi buah pisang.

2. Pepaya

Buah Pepaya disukai Kacer (nusantaratv.com)
Buah Pepaya disukai Kacer (nusantaratv.com)

Buah lain yang disukai Kacer adalah pepaya. Vitamin K di dalam buah pepaya sangat baik untuk kesehatan tulang burung. Pepaya juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan burung.

Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A yang bagus untuk mata Kacer. Sementara kandungan airnya bisa membuat Kacer terhindar dari dehidrasi.

3. Buah Apel

Selanjutnya buah apel juga bagus untuk Kacer. Alasannya di dalam apel terkandung vitamin V yang bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Apel juga mengandung kalsium dan antioksidan yang bagus untuk memperkuat kepadatan tulang Kacer. Apel sendiri tidak membuat gemuk dan dapat menyeimbangkan tubuh burung Kacer.

Kandungan serat yang tinggi pada apel dapat membuat burung Kacer lancar dalam buang kotoran.

4. Mentimun

Masih terjadi pro kontra terkait mentimun termasuk kategori buah atau sayur. Mentimun mengandung banyak sekali mineral dan zat-zat bergizi, seperti vitmain K, vitamin C, dan vitamin B.

Selain itu, tahukah Anda bahwa biji mentimun sangat ampuh untuk burung Kacer yang sedang diare atau mencret.

Sebab, dengan biji mentimun tersebut bila dimakan Kacer, maka dia akan sembuh dan secara alami bisa mengeluarkan cacing pita dari dalam pencernaan.

Loading...

5. Buah Mengkudu

Burung Kacer yang obesitas bisa diberi buah mengkudu. Kemudian Kacer yang suaranya serak juga bisa disembuhkan dengan mengkudu.

Buah ini sangat bagus untuk kesehatan burung dan melancarkan sistem pencernaan Kacer. Daun mengkudu juga bagus untuk meningkatkan suara burung Kacer.

6. Jeruk

Buah jeruk sudah pasti sangat banyak mengandung vitamin C. Nah, kandungan vitamin C ini selain untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga bisa memperlancar pencernaan.

Bahkan, vitamin C juga bisa menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh Kacer. Namun, yang terpenting dalam buah jeruk memang untuk memperkuat stamina burung Kacer.

7. Buah Kersen

Ada yang unik dalam buah kersen. Buah ini memiliki banyak nama panggilan. Di setiap daerah mempunyai penyebutan yang berbeda-beda.

Ada yang menyebutnya buah kersen, anggrung, dan masih banyak lagi. Namun, di sini yang terpenting adalah manfaat buah kersen untuk Kacer.

Pasalnya, Kersen bisa membuat Kacer cepat gacor. Ini bukan isapan jempol belaka karena sudah banyak kicau mania yang membuktikannya.

Buah Kersen diberikan 2 kali dalam seminggu. Porsinya cukup 3-4 buah dalam sekali pemberian.

Selanjutnya, daun buah kersen bisa juga dipakai sebagai anti bakteri dan anti parasit di tubuh Kacer. Menarik sekali bukan?

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis buah yang bagus untuk Kacer. Buah-buah ini mudah sekali didapat dan harganya tidak terlalu mahal.

Jadi, selain voer atau pakan extra fooding dari bahan hewani, lebih baik tambahkan pula buah-buahan. Selain alami, burung akan menjadi lebih gacor karena sesuai dengan makanan Kacer di alam.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Apakah bagus pemberian buah pepaya dan pisang untuk burung Kacer
  • kacer dengan buah pear
  • kacer doyan buah pir
  • Manfaat buah pada burung kacer

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!