Skip to content

15 Arti Burung Masuk Rumah, Pertanda Baik atau Buruk?

Burung Masuk Rumah Pertanda Baik atau Buruk (youtube.com)

Burungnya.com – Burung masuk rumah menurut budaya masyarakat di Jawa tidak hanya kebetulan, tetapi ada pesan tersembunyi. Setiap jenis burung yang terbang masuk rumah mempunyai tanda yang tidak sama, karena artinya bisa baik atau buruk. Oleh karena itu, mari memahami lebih jauh tentang arti burung yang masuk rumah.

Ya, berbagai mitos dan keyakinan sudah tersebar dalam budaya masyarakat di Indonesia. Walau sekarang zaman sudah modern, tetapi hal-hal seperti ini masih banyak dipercaya oleh sebagian kalangan.

Arti Burung Masuk Rumah

Arti Burung Masuk Rumah

Arti Burung Masuk Rumah

Salah satu pertanda yang banyak jadi perdebatan di zaman modern adalah masuknya jenis burung tertentu ke dalam rumah. Mengapa jadi perdebatan, karena tidak semua orang percaya dengan mitos seputar firasat burung masuk rumah.

Meski begitu, pertanda tersebut diyakini dapat membawa pesan atau kabar baik bagi pemilik rumah dan anggota keluarga yang lain. Sayangnya, burung yang masuk ke dalam rumah tidak selalu berarti baik.

Pesan atau kabar yang disampaikan tergantung dari jenis burung yang masuk ke dalam rumah. Jadi setiap burung memiliki arti yang tidak sama, bisa pertanda baik, tapi bisa juga berarti buruk.

Buku Primbon Mujarobat

Pengetahuan tentang arti burung masuk rumah diketahui dari buku Primbon Mujarobat yang dikutip dari PrimbonKedutan.net. Menurut informasi dari blog spiritual tersebut masuknya burung bukan kebetulan, tapi karena membawa pesan, kabar, atau pertanda tertentu.

Jenis Burung Masuk Rumah

1. Burung Gereja

Menangkap Burung Gereja (youtube.com)

Menangkap Burung Gereja (youtube.com)

Terdapat jenis burung yang paling sering masuk ke dalam rumah yakni burung Gereja. Menurut buku Primbon Jawa, jika burung yang masuk rumah adalah burung Gereja, maka hal tersebut bisa berarti pertanda baik. Jadi pemilik rumah dalam waktu dekat akan kedatangan tamu yang membawa suatu kabar baik.

2. Burung Walet

Persamaan Walet dan Sriti (hbw.com)

Persamaan Walet dan Sriti (hbw.com)

Terkadang burung Walet juga masuk rumah. Biasanya jenis burung ini hanya ditemukan di daerah sekitar persawahan atau lahan yang luas dan jauh dari perkotaan.

Namun, apabila burung Walet tiba-tiba masuk rumah, menurut Primbon Jawa adalah pertanda bahwa pemilik rumah dalam waktu dekat akan mendapat rezeki yang besar atau kaya mendadak. Oh iya, rezeki tersebut datang dari jalan atau perantara yang tidak diduga-duga sebelumnya.

3. Burung Sriti

Beda Burung Walet dan Burung Sriti (hbw.com)

Beda Burung Walet dan Burung Sriti (hbw.com)

Masuknya burung Sriti ke dalam ruamh merupakan pertanda buruk. Burung Sriti atau burung layang-layang adalah sejenis burung yang bentuknya hampir sama seperti burung walet. Ya, menurut buku Primbon Mujarobat, masuknya jenis burung ini ke dalam rumah dapat membawa pertanda buruk.

Bahkan, bisa jadi pemilik rumah dalam waktu dekat diramalkan bakal terkena tipu daya atau pencurian oleh orang yang sudah dipercaya, seperti keluarga, teman, atau tetangga sendiri.

4. Burung Merpati

Racikan Pakan Merpati untuk Menambah Nafsu Makan (danstrefour.blogspot.com)

Racikan Pakan Merpati untuk Menambah Nafsu Makan (danstrefour.blogspot.com)

Selanjutnya burung Merpati masuk rumah karena akan ada kabar baik tentang perjodohan atau cinta dari salah satu penghuni rumah. Kalau tidak berkaitan langsung dengan penghuni rumah, kemungkinan dalam waktu dekat ini penghuni rumah akan menerima undangan pernikahan dari saudara.

5. Burung Gagak

Burung Gagak (msu.edu)

Burung Gagak (msu.edu)

Dari dulu, Gagak dianggap sebagai burung yang memiliki energi negatif. Oleh sebab itu, apabila rumah kemasukan burung Gagak atau burung Gagak bertengger di atap rumah, maka itu adalah seburuk-buruknya pertanda.

Sebagian kalangan percaya, dalam waktu dekat, kemungkinan akan ada salah seorang dari penghuni rumah yang akan meninggal dunia karena penyakit atau musibah.

6. Burung Hantu

Burung Hantu Elf Mencari Mangsa (arizonabirder.com)

Burung Hantu Elf Mencari Mangsa (arizonabirder.com)

Untuk jenis burung Hantu yang masuk ke dalam kamar atau rumah berarti akan ada kabar buruk. Salah satu penghuni rumah akan mengalami suatu kejadian yang menyedihkan. Jadi, Anda harus segera mengusir burung Hantu tersebut, apabila tidak ingin ramalan buruk ini menjadi kenyataan.

7. Burung Pipit

Tahun Baru Imlek Tradisi Melepas Burung Pipit (okezone.com)

Tahun Baru Imlek Tradisi Melepas Burung Pipit (okezone.com)

Jika ada burung Pipit yang masuk rumah atau berkicau di sekitar rumah, berarti penghuni rumah akan kedatangan tamu istimewa. Misal, penghuni rumah akan kedatangan seseorang yang sedang dirindukan, seseorang yang sangat berarti, dan seseorang yang akan datang dengan kabar baik membawa kebahagiaan.

8. Burung Perkutut

Burung Perkutut Jinak makan pisang dan roti (jupacami.net)

Burung Perkutut Jinak makan pisang dan roti (jupacami.net)

Jenis burung Perkutut bermacam-macam. Apabila ada salah satu jenis Perkutut yang masuk rumah, maka bisa berarti pertanda baik atau buruk. Sebab, hal ini tergantung kecocokan antara pemilik rumah dengan burung Perkutut yang bersangkutan dan tergantung pula oleh jenis Perkutut.

Perlu Anda ketahui, terdapat Perkutut yang dapat membawa keberutungan dan ada pula Perkutut yang bisa membawa kesengsaraan. Jika Perkutut tersebut tidak cocok dengan penghuni rumah, maka walau sudah dimasukkan sangkar, biasanya keesokan harinya akan lepas atau hilang.

Kalau memang burung Perkutut tersebut yang memilih masuk ke dalam rumah dan pemilik rumah tidak mimpi yang berkaitan dengan burung tersebut, berarti Perkutut tadi sudah cocok atau sengaja memilih pemilik rumah menjadi tuannya. Sang penghuni rumah dapat merawat burung Perkutut tadi dengan aman dan damai.

Arti burung masuk rumah dalam Islam

Ternyata dalam Islam juga dijelaskan arti burung masuk rumah. Meski begitu, hal tersebut tidak bisa dijadikan kepercayaan mutlak.

Pasalnya, terkadang masyarakat cuma menyangkutpautkan kejadian sesuatu dengan kehidupan mereka.

Walau sebagian kejadian benar, tapi kepercayaan seperti ini sebenarnya masih aneh dan sulit dilogika.

1. Pesan Tamu Jauh Datang

Arti burung masuk rumah dalam Islam biasanya karena ada pesan dari seorang tamu yang akan datang bersilaturahmi.

Ini bukan tamu sembarangan, melainkan tamu yang datang dari jauh dan lama tidak berjumpa,

2. Mendapat Rezeki

Apa hubungan burung masuk rumah dengan rezeki? Ini sulit dipercaya tapi sebagian masyarakat mengatakan bahwa burung masuk ruma pertanda Anda akan mendapat rezeki.

Burung tersebut disimbolkan seperti wujud datangnya rezeki yang Allah sampaikan. Contohnya rezeki tentang kabar umroh, haji, dan rezeki besar lain.

Kalau ada yang tanya, burung masuk rumah pertanda apa? Jawab saja, Anda akan mendapatkan rezeki yang tidak disangka-sangka arahnya.

3. Kabar Buruk

Ternyata burung yang masuk rumah juga bisa sebagai pertanda kabar buruk. Contoh kabar tersebut akan ada ilmu hitam yang datang ke rumah.

Mungkin saja ada persaingan bisnis atau orang yang tidak suka dengan Anda.

Sehingga Anda dikirimi sesuatu yang tidak kasat mata. Namun, sekali lagi hal tersebut belum tentu tentang ilmu hitam.

4. Ada Hantu di Rumah

Kalau tiba-tiba ada burung liar masuk rumah, bisa jadi di rumah Anda ada hantunya. Hantu bisa mengundang hantu lain kemudian menjelma sebagai burung.

Terkadang karena hantu, burung-burung jadi mendekat karena pikatan dari hantu di rumah.

Meski begitu, tidak semua kejadian tersebut karena rumah Anda ada hantunya.

5. Keluarga Minta Didoakan

Jika burung masuk rumah tanpa sebab, mungkin ada salah satu sanak saudara yang sudah meninggal minta didoakan.

Terkadang mereka bisa datang lewat mimpi. Namun, ada juga yang datang lewat perantara burung.

Mungkin ini teguran karena Anda lupa tidak datang ke makam beliau. Jika Anda tidak bisa datang ke pemakaman karena jarak yang jauh, lebih baik segera mendoakan keluarga Anda.

6. Pertanda Ada Musibah

Burung masuk rumah bisa jadi pertanda akan ada musibah. Entah musibahnya dalam bentuk apa, tapi dalam waktu dekat pasti akan datang.

Jenis musibah ini bisa berbentuk penyakit, orang kecelakaan, sial, dan lain-lain. Sehingga Anda harus lebih waspada terutama saat berada di luar rumah.

7. Penjahat

Awas bisa jadi arti burung masuk rumah karena penjahat atau maling. Anda harus waspada saat bepergian karena bisa saja penjahat sedang mengincar rumah Anda.

Penjelasan tadi sebagian memang berkaitan dengan hal-hal gaib. Anda bisa percaya atau tidak, sepenuhnya menjadi hak Anda.

Namun, sebagai umat Islam, kami menyarankan untuk berpacu ada ajaran Islam, kitab suci Al Quran dan hadist.

Kesimpulan

Demikian beberapa arti burung masuk rumah lengkap dengan arti dan pertanda baik atau buruk. Anda bebas, boleh percaya atau tidak percaya dengan ramalan atau mitos dari buku Primbon Mujarobat. Hal-hal gaib seputar burung memang sudah ada sejak zaman dulu, tapi di zaman modern seperti sekarang, banyak orang yang kurang percaya dengan hal begituan.

Baca juga:

Bagi orang yang tidak percaya hal-hal mistis, tentu burung masuk rumah bukan suatu pertanda baik atau buruk, melainkan cuma burung yang nyasar saja. Mungkin burung salah arah atau kebingungan sehingga salah masuk ke dalam rumah dan tidak bisa keluar.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • https://burungnya com/jenis-burung-ini-masuk-rumah-pertanda-baik-atau-buruk/
  • burung masuk rumah
  • arti burung masuk rumah
  • mimpi burung masuk rumah
  • burung gereja masuk rumah
  • burung sriti masuk rumah
  • hikmah burung masuk rumah
  • mitos burung sriti
  • pertanda burung masuk rumah
  • burung walet masuk rumah

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.