7 Jenis Burung Kecil Suara Merdu dan Mudah Gacor

Burungnya.com – Rumah akan terasa sunyi sepi tanpa kehadiran burung-burung kecil. Kalau pagi terdengar suara burung kecil yang merdu pastinya rumah menjadi ikut ramai.

Suara burung selain bisa meramaikan suasana, suaranya bisa membuat hati jadi tenang, tentram, dan damai. Bahkan sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa suara burung bisa menghilangkan stres.

Jika Anda punya burung di rumah, sepulang kerja pasti disambut burung-burung tersebut. Rasanya lebih nyaman daripada tidak ada sama sekali.

Nah, apabila Anda ingin membeli burung kecil bersuara merdu tapi bingung mau cari apa, kami akan memberikan beberapa pilihan. Ada beberapa burung kecil di Indonesia yang dijual di pasar burung.

Burung-burung ini sudah pasti tinggal di persawahan atau kebun. Sehingga mereka tanpa diberi perawatan ekstra pun bisa mudah gacor dan rajin bunyi.

Baca juga: 15 Jenis Burung Terkecil di Dunia Lengkap dengan Gambarnya

Selain itu, harga burung kecil relatif murah. Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena cukup mengeluarkan uang di bawah Rp 100.000 sudah bisa membawa pulang burung tersebut.

Kalau untuk harga kandang biasanya juga lebih terjangkau karena ukurannya kecil. Rata-rata harga sangkar burung kecil di antara Rp 100.000 – Rp 200.000 untuk yang standar.

Jadi, Anda tinggal bawa uang Rp 200.000 ke pasar burung, pulangnya bisa membawa burung bersuara merdu.

Jenis Burung Kecil Suara Merdu dan Mudah Gacor

Jenis Burung Kecil Suara Merdu dan Gacor Yaitu Pleci (youtube.com)
Jenis Burung Kecil Suara Merdu dan Gacor Yaitu Pleci (youtube.com)

1. Pleci

Sudah banyak orang yang pelihara burung Pleci karena ukuran kecil tapi suara merdu. Jadi, kalau burung ini sudah gacor, suaranya merdu seperti di hutan.

Makanan burung Pleci cukup diberi voer dan buah-buahan. Anda tidak perlu repot-repot beli kandang besar karena ukuran kandangnya minimalis dan minim tempat.

Pleci termasuk burung koloni, jadi kalau mau pelihara burung ini minimal harus ada 2-3 ekor di rumah agar ramai.

2. Prenjak

Anda yang tinggal di pedesaan pasti sudah tak asing dengan burung Prenjak. Burung ini terutama yang kelawu memiliki ciri khas badan warna abu-abu buram dan kepala kemerahan.

Loading...

Suaranya sama seperti Prenjak di sawah-sawah. Perawatan burung ini cukup mudah karena cukup diberi voer kecil dan buah saja.

Baca juga: Jenis Kucing Terkecil di Dunia dan Cirinya

3. Burung Kemade atau burung Cabai

Sesuai namanya, burung kemade memang disebut pula burung cabai. Warna tubuhnya bagian atas, sebagian besar merah merona.

Untuk suara sudah pasti nyaring dan merdu. Kurang lebih suara burung kemade mirip burung kutilang, trucukan, hingga Pleci.

4. Kolibri

Bagi yang sudah burung kecil berbulu indah, Anda bisa pelihara burung Kolibri. Tenang saja, Anda tidak perlu mencarikan madu setiap hari.

Soalnya Anda bisa mengganti madu dengan cairan gula. Terlebih pakan Kolibri kemasan yang mirip madu sudah tersedia di marketplace. Jadi tinggal pesan, dua hari kemudian sampai.

5. Kenari

Burung Kenari mempunyai tubuh kecil menuju ke sedang. Walau kami masukkan ke kategori burung kecil, tapi burung ini memiliki suara merdu dan mudah gacor.

Makanan utama burung Kenari cuma biasanya biji-bijian canary seed. Anda juga bisa memberikan berbagai macam sayur dan buah segar pada Kenari.

Baca juga: Burung Hantu Terkecil di Dunia, Tingginya Cuma 15 Cm

6. Tledekan

Untuk burung Tledekan suaranya lebih ke merdu dan kristal. Suara burung ini begitu bening sehingga terdengar nyaring sekali.

Kalau rumah Anda cukup luas, nanti suara burung Tledekan bisa menggema bagus. Burung ini juga tipikal burung yang mudah gacor dan rajin bunyi.

7. Ciblek

Salah satu burung kecil yang gacor dan merdu adalah Ciblek. Burung ini mempunyai suara tembakan keras dan ngerol panjang. Kalau sudah gacor dan juara lomba, harganya bisa selangit.

Awalnya dulu Ciblek cuma burung sawah biasa. Setelah gacor dan viral, burung ini mulai jadi primadona. Bahkan, di Indonesia ada transaksi Ciblek hampir Rp 30 juta.

Baca juga: 10 Perbedaan Cara Memberi Makan Burung Hantu Besar dan Kecil

Kesimpulan

Demikian beberapa burung kecil suara merdu dan mudah gacor. Kalau untuk pemula, kami merekomendasikan burung-burung di atas. Soalnya, harga burung murah dan tidak terlalu sulit dalam hal perawatan.

Sayang kalau Anda beli burung langsung mahal tapi belum bisa merawat. Pertama beli burung murah, dirawat sampai gacor. Kemudian beli burung lagi, pasti hasilnya bagus.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!