Skip to content

3 Jenis Burung Kecil Suara Merdu Untuk Burung Rumahan

Jenis Burung Kecil Pleci

Burungnya.com – Banyak yang bertanya-tanya tentang jenis burung kecil suara merdu. Mengapa banyak orang lebih suka burung kecil?

Alasannya sudah pasti karena jenis burung kecil terlihat mungil dan lucu. Tubuhnya kecil tapi mempunyai suara merdu.

Terlebih sangkarnya juga kecil sehingga bisa diletakkan di mana saja. Jika Anda tidak mempunyai tempat gantungan, Anda bisa meletakkan di atas meja.

Baca juga: 7 Jenis Burung Kecil Suara Merdu dan Mudah Gacor

Alasan Pelihara Jenis Burung Kecil

  • Burung kecil mudah dirawat.
  • Harga burung kecil murah.
  • Sangkar burung terlihat kecil dan unik.
  • Sangkar bisa diletakkan di mana saja.
  • Pakan dan minum hemat.
  • Tidak memerlukan tempat yang luas.

Itu tadi beberapa alasan memelihara jenis burung kecil. Burung kecil memang banyak dipelihara karena gampang dan menyenangkan.

Sekarang jenis burung kecil apa saja yang diminati masyarakat? Kami tidak melakukan survei tapi melihat dari sekian banyak rumah, tentu sudah kelihatan jenisnya apa saja.

Kami merangkum beberapa jenis burung di antaranya, nanti Anda bisa menambahkan di kolom komentar.

Jenis Burung Kecil

1. Pleci

Setingan Pleci Lomba Gacor (tribunnews.com)

Setingan Pleci Lomba Gacor (tribunnews.com)

Sudah pasti jenis burung kecil suara merdu adalah Pleci. Burung kacamata ini masuk urutan pertama karena ukuran tubuhnya kecil dan suaranya merdu sekali.

Banyak kicaumania di Indonesia memelihara burung Pleci, dan sering diikutkan lomba. Harga burung Pleci masih terbilang cukup mahal untuk ukuran burung kecil.

Namun karena suaranya merdu, sehingga tidak masalah orang-orang mengeluarkan uang lebih untuk memelihara burung Pleci.

Nah, orang yang memelihara Pleci sering dipanggil Pleman atau Pleci Mania.

2. Kolibri

Jenis Makanan Burung Kolibri (forestsoils.org)

Jenis Makanan Burung Kolibri (forestsoils.org)

Selanjutnya jenis burung kecil lainnya adalah Kolibri. Burung ini mempunyai ukuran tubuh kecil sekali, bahkan lebih kecil dari jari-jari tangan orang dewasa.

Suara burung Kolibri juga nyaring dan cenderung nyerecet merdu. Burung Kolibri sampai burung kolibri ninja masuk daftar burung terkecil karena ukuran tubuhnya.

Ada juga jenis Kolibri yang kecil tubuhnya dan panjang paruhnya. Paruh kolibri panjang karena dia mencari makan nektar di mahkota bunga.

Baca juga: Jenis Kucing Terkecil di Dunia dan Cirinya

3. Prenjak

Harga Burung Prenjak (olx.co.id)

Harga Burung Prenjak (olx.co.id)

Burung Prenjak sering dijumpai di persawahan. Namun, sawah dekat kota sudah sulit ditemukan burung Prenjak.

Mungkin karena lingkungan di dekat kota sudah tidak nyaman untuk burung, sehingga dia lebih memilih untuk pergi jauh perkotaan.

Suara burung Prenjak mempunyai ciri khas seperti pedesaan. Bila Anda mendengar burung Prenjak, rasanya seperti berada di kampung halaman.

Cara Merawat Burung Kecil

Metode merawat burung kecil sebenarnya mudah. Anda bisa merawat setiap hari dan membersihkan sangkar setiap hari.

Perawatan jenis burung kecil cuma ganti makanan dan minuman. Anda juga perlu mengembunkan burung bila perlu.

Saat matahari terbit, langsung saja mandikan burung dengan cara disemprot halus. Bulu tidak perlu terlalu basah, cukup disemprot sekenanya saja.

Untuk penjemuran dilakukan pagi hari karena sinar matahari masih hangat. Waktu penjemuran yang bagus, sekitar jam 06.00 – 08.00.

Namun, waktu penjemuran maksimal 1 jam. Sebab, burung kecil ukuran tubuhnya kecil, sehingga tidak baik kalau dijemur terlalu lama.

Selanjutnya kasih makan sesuai makanan burung kecil di alam. Kalau dia makan makanan serangga, berarti Anda juga harus memberikan serangga.

Bila dia tipikal burung yang suka sayuran dan nektar, maka berikan makan sesuai kegemarannya.

Minuman burung cukup air kran saja. Kalau mau yang lebih bagus, Anda bisa memberikan air mineral galon.

Apakah jenis burung kecil butuh latihan fisik? Menurut kami itu tidak perlu karena kasihan lihat burung kecil terbang bolak balik untuk olahraga fisik.

Kalau pemasteran, burung-burung kecil bisa dilatih walau tidak semuanya berhasil. Meski begitu, memutarkan suara burung gacor bisa membuat burung kecil menjadi lebih gacor.

Baca juga: 12 Jenis Burung Kecil Gacor yang Bagus Dipelihara

Kesimpulan

Demikian beberapajenis burung kecil suara merdu yang cocok untuk burung rumahan. Burung-burung kecil seperti ini mudah dirawat dan tidak terlalu menguras isi dompet.

Anda dapat beli burung Pleci dulu. Nah, karena Pleci termasuk burung koloni, Anda bisa membeli burung Pleci lebih dari satu.

Biasanya burung Pleci akan sahut-sahutan dengan temannya. Berbeda bila Anda pelihara satu ekor burung Pleci, pasti dia kesepian dan malas bunyi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.