Pelaut Prancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15

25 Jenis Burung Kenari Berdasarkan Bentuk, Warna, dan Suara

Burungnya.com – Burung Kenari memiliki banyak jenis. Saat membicarakan masalah jenis burung Kenari, jenisnya dibagi menjadi tiga kategori, di antaranya bentuk, warna, dan suara.

Sebenarnya jenis Kenari sangat banyak sekali. Kami akan memberikan gambaran jenis Kenari dari ciri fisik, bentuk, ukuran, warna, dan suara. Jadi, jenis burung yang kami tunjukkan ini merupakan jenis dasar burung Kenari.

Jenis Burung Kenari Berdasarkan Bentuk atau Ukuran

Kalau jenis Kenari dikategorikan dalam bentuk dan ukuran, berarti yang membedakan jenisnya adalah ukuran dan bentuk. Sudah pasti dari bentuk fisik burung sangat berbeda. Dilihat dari bentuk bulu juga berbeda, baik bulu di kepala, maupun bulu di tubuh.

Jika Anda mau mengoleksi burung Kenari, mungkin Anda akan tertarik dengan jenis-jenis tersebut. Pasalnya, bentuknya berbeda-beda sehingga cocok untuk koleksi di rumah. Kalau dilihat dari sisi bentuk, tentu suaranya tidak terlalu menonjol, sehingga kelebihan burung ini hanya pada bentuknya yang unik.

  1. Scotchfancy
  2. Yorkshire
  3. Crest
  4. Fife
  5. Larquet
  6. Gloster
  7. Frilled
  8. Norwich
  9. Rasmi
  10. Border

Jenis Burung Kenari Berdasarkan Warna

Nah, lain lagi dengan jenis Kenari yang dibedakan dari warna. Sebab, Anda bisa melihat perbedaan berbagai jenis burung Kenari melalui warnanya. Ada banyak warna burung Kenari, mulai dari kuning, merah, cokelat, silver, putih, biru, orange, dan lain-lain.

Burung ini juga bisa dijadikan koleksi karena variasi warna yang beragam. Anda yang suka dengan visual burung ketimbang suaranya, cocok sekali mengoleksi berbagai warna burung Kenari. Terlebih burung Kenari ini kemudian di tata berjajar di depan rumah, pasti indah sekali.

  1. Green
  2. Red Factor
  3. Yellow
  4. Blue Factor
  5. Agate
  6. Silver Factor
  7. Pied
  8. Pastel Factor
  9. Isabel
  10. White

Jenis Burung Kenari Berdasarkan Suara

Untuk jenis Kenari berdasarkan suara juga sangat bervariasi. Perbedaan suara Kenari cukup beragam, mulai dari lembut, keras, gacor, ngerol, berulang-ulang, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih burung Kenari yang memiliki ciri khas suara tertentu atau yang memiliki kombinasi semuanya.

Burung Kenari yang dimaster lebih bagus lagi suaranya. Sebab, suara isian burung Kenari jadi lebih variatif. Tentu burung Kenari dengan banyak suara isian akan dihargai sangat mahal. Oleh karena itu, orang yang memelihara Kenari jenis suara juga banyak sekali. Mereka sering membawa burung ini ke lomba. Jadi, warna bulu tidak menjadi masalah, yang penting suaranya bagus.

  1. Waterslager
  2. Spanish Timbrado
  3. Russian Singer
  4. American Singer
  5. Harz Roller Jerman

Jenis Burung Kenari Impor

Sejatinya burung Kenari bukan berasal dari Indonesia. Burung ini ditemukan pertama kali oleh Pelaut Prancis bernama Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary. Tak heran sekarang banyak peternak yang impor Kenari dari berbagai negara. Burung tersebut kemudian diternak dan melahirkan spesies baru.

Loading...

Anda yang mungkin kurang menyukai Kenari lokal, bisa mengimpor Kenari dari negara lain. Namun, cara impor burung ke Indonesia terbilang cukup merepotkan. Oleh karena itu, daripada ribet lebih baik serahkan masalah impor kepada ahlinya atau penangkar besar. Anda tinggal mengambilnya saja dari peternak tersebut.

  1. Border
  2. Spanish Timbrado
  3. Scotchfancy
  4. Rasmi
  5. Yorkshire
  6. Larquet
  7. Belgiebosso
  8. Waterslager

Kesimpulan

Demikian berbagai jenis burung Kenari berdasarkan bentuk, warna, dan suara. Ada juga tambahan Kenari impor agar wawasan Anda lebih banyak lagi. Berbicara tentang Kenari impor, sekarang sudah banyak jenis burung tersebut di Indonesia. Jika diminta untuk memilih, Anda lebih tertarik burung impor atau burung lokal?

Mungkin sebagian orang lebih burung lokal karena cinta Tanah Air. Namun, kalau sudah bicara tentang kualitas dan harga, tentu yang lebih spesial adalah burung Kenari impor. Namun, Anda harus berhati-hati karena burung impor sebagian besar sudah disuntik mandul. Sehingga walau diternak beberapa kali, tidak akan pernah berhasil.

Baca juga:

Hal ini untuk menjaga keturunan agar selalu murni dan menjaganya selalu mahal. Selain itu, tujuan suntik mandul agar para pengimpor burung selalu mengimpor lagi dan lagi. Bayangkan jika pengimpor sudah berhasil menangkar burung Kenari, pasti mereka tidak akan impor lagi. Untuk menyiasati hal tersebut, orang-orang dari luar negeri sering menyuntik burung agar tidak bisa berkembang biak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • warna kenari
  • jenis warna kenari
  • nama warna kenari
  • kenari warna
  • Jenis warna burung kenari
  • macam macam warna kenari
  • Jenis kenari warna
  • jenis kenari berdasar warna
  • beda kenari larquet dan ys
  • jenis jenis burung kenari dan warna

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!