18 Jenis Burung Masteran Murai Batu yang Bagus

Burungnya.com – Sudah sejak lama, kicau mania menggunakan beberapa jenis burung untuk masteran Murai Batu. Burung-burung ini bisa diperdengarkan suaranya dalam keadaan hidup atau cuma suara audio MP3. Kedua cara ini sama saja, burung tetap bisa merekam suara masteran tersebut dengan baik.

Lantas jenis burung masteran apa saja yang bagus untuk Murai Batu? Ada banyak jenis burung yang cocok dijadikan masteran atau suara isian Murai Batu. Namun, Anda harus memilihnya yang terbaik karena terkadang ada suara burung yang justru merusak suara Murai Batu.

Jenis Burung untuk Masteran Murai Batu

  1. Kutilang Emas
  2. Kenari
  3. Kutilang Sutera
  4. Burung Gereja
  5. Robin
  6. Burung Panca Warna
  7. Kolibri
  8. Parkit
  9. Gelatik
  10. Lovebird
  11. Kapas Tembak
  12. Sogok Ontong
  13. Burung Elang
  14. Serindit
  15. Tengkek Buto
  16. Burung Pelatuk
  17. Cucak Jenggot
  18. Cililin
Cara Memaster Murai Batu (sklbirfram.com)
Cara Memaster Murai Batu (sklbirfram.com)

Cara Memaster Murai Batu

1. Waktu Pemasteran

Supaya suara burung masteran cepat masuk, Anda sebaiknya memaster Murai Batu saat dia istirahat. Sebab, burung cenderung mau mendengar dan mengingat saat sedang diam atau istirahat.

Jam istirahat Murai Batu di antaranya 09.00-12.00, 13.00-14.00, 17.30-18.00. Burung harus dalam keadaan santai dan tenang. Jika burung sedang tidur berarti tidak dalam keadaan istirahat. Sehingga Anda jangan memasternya saat dia tidur karena bisa menggangunnya.

2. Burung Sehat

Saat memaster burung, sebaiknya Murai Batu dalam keadaan sehat, tidak aktif, nyaman, tidak lapar, dan tidak ngedrop. Bayangkan proses memaster Murai Batu sama seperti Anda sedang belajar untuk ujian.

Burung ditempatkan di tempat yang tenang, kondisi tubuh fit, makan secukupnya, tidak stres, dan kondisi lingkungan nyaman. Lebih baik, Anda memaster burung saat dia sedang mabung. Alasannya, burung mabung cenderung lebih suka istirahat total. Dengan begitu, suara apapun dapat diingat lebih mudah.

3. Lingkungan Pemasteran

Lokasi pemasteran Murai sebaiknya tenang dan nyaman. Tempat tersebut harus bersih dan tidak berisik. Untuk kicau mania yang tinggal di pedesaan, tentu mencari tempat seperti itu cukup mudah. Namun, bagi kicau mania yang tinggal di perkotaan, kesempatan untuk mendapatkan area yang tenang dan sepi cukup sulit.

Salah satu cara dengan membeli perumahan yang berada di pinggiran kota. Biasanya lokasi ini cukup sepi dan jarang dihuni banyak orang. Dengan begitu proses memaster Murai Batu akan berjalan lancar.

4. Pemasteran Murai Batu Trotolan

Tahukah Anda, usia burung yang bagus untuk dimaster adalah usia 3 minggu. Burung yang masih muda atau bakalan cenderung lebih mudah menyerap suara masteran ke otak. Bahkan, burung berusia 1-1,5 bulan bisa dimaster.

Oh iya, burung Murai Batu Trotolan sebaiknya dimaster dengan suara yang halus tapi agak kasar. Misalnya, burung dimaster dengan suara Lovebird, Serindit, dan Parkit.

Ketiga jenis burung ini lebih mudah diingat suaranya, sehingga cepat masuk ke otak. Kemudian, burung usia 3 minggu juga bisa dimaster. Apabila usia burung lebih dari 3 minggu, biasanya proses memaster akan sedikit lama.

5. Masteran Burung Asli

Jika Anda memiliki uang yang banyak, maka Anda harus membeli beberapa burung masteran. Nah, jumlah burung masteran bisa 2 ekor yang sudah gacor. Jumlahnya minimal 2 agar burung masteran dapat bersahut-sahutan.

Loading...

6. Jarak Pemasteran

Kalau bisa jarak pemasteran Murai Batu juga harus diperhatikan. Sebisa mungkin burung masteran berada jauh dari burung Anda. Jadi, fisik burung tidak kelihatan, tetapi suaranya terdengar jelas. Solusinya, Anda bisa meletakkan burung masteran di sebelah ruangan burung Anda.

7. Suara Masteran Burung MP3

Masteran dari audio suara MP3 dianggap paling mudah karena sekarang sudah tersedia internet dan gadget canggih. Anda dapat menggunakan smartphone, tablet, laptopb, PC, sound system, MP3 player, tape, dan lain-lain.

Kalau Anda bingung cara mengunduh suara masteran, Anda bisa mengunduh aplikasi masteran burung. Sekarang sudah tersedia banyak aplikasi di Google play Store. Selain itu, Anda juga bisa streaming video YouTube untuk memaster Murai Batu.

8. Murai Batu Dikerodong

Burung Murai Batu perlu dikerodong agar tidak mudah terpancing emosi dan birahi. Kalau kerodong dibuka, burung bisa melihat sekitar. Sehingga dia akan mengira ada musuh di dekatnya. Kerodong harus ditutup agar Murai Batu lebih fokus pada suara masteran.

9. Tahap Pemasteran Murai Batu

Masteran burung harus yang tipikal suara halus tapi sedikit kasar. Prosesnya bertahap selama 1 bulan dulu. Bulan berikutnya, latihan pemasteran ditingkatkan ke suara burung yang kasar. Sebaiknya tidak mencampur suara burung halus dan kasar, takutnya burung malah bingung.

10. Pemasteran Konsisten

Proses pemasteran burung harus secara konsisten. Artinya, pemasteran tidak bisa berhenti di tengah jalan. Apabila Anda tidak memiliki banyak waktu luang, sebaiknya pasrahkan pada orang lain.

11. Jenis Makanan saat Memaster Murai

Makanan yang bisa diberikan pada Murai Batu adalah jangkrik, kroto, ulat hongkong, dan voer. Namun, saat proses pemasteran, sebaiknya berikan makanan yang lebih enak dan bergizi. Tujuannya agar Murai Batu seperti ada hadiah saat berhasil mengingat suara burung tertentu.

12. Volume Suara

Untuk Anda yang ingin memaster Murai Batu dengan suara MP3, maka volume suaranya pelan saja. Suara pelan membantu burung lebih mudah mengingat suara tersebut. Namun, kalau suara yang keras, burung justru akan merasa minder dan stres.

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis burung masteran Murai Batu yang bagus lengkap dengan cara memaster. Anda harus pintar memilih variasi suara masteran karena jika salah maka sulit mengembalikannya. Burung yang sudah ingat suara burung tertentu, dia akan mengingatnya terus menerus dan bersuara seperti burung tersebut.

Baca juga:

Kalau burung sampai kemasukan suara burung yang tidak diingingkan maka akan sangat bahaya sekali. Selain itu, pastikan burung dalam keadaan sehat, trah berkualitas, pakan bergizi, dan lokasi pemasteran tenang.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • suara burung masteran mp3
  • macam macam burung masteran
  • download suara masteran murai yg bagus
  • auara masteran murai batu
  • Suara masteran murai batu
  • Masteran kasar
  • masteran burung muraibatu
  • master murai batu
  • Nama-nama burung masteran murai
  • Burung apa sajja yg bagus buat masteran murai

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!