Jenis Burung Merpati Hias (viola.bz)

22 Jenis Burung Merpati Hias Terbaik dan Gambarnya

Burungnya.com – Ternyata jenis burung Merpati tidak hanya Merpati Balap, Merpati Tinggian, Merpati Pos, atau Merpati Pedaging. Sebab, masih ada Merpati Hias yang mempunyai ciri tubuh unik dan indah.

Secara fisik jenis Merpati Hias memang tampak berbeda. Ada burung yang bulunya seperti mahkota. Ada juga Merpati hias yang memiliki warna bulu unik. Namun, tidak semua jenis Merpati Hias bisa ditemukan di Indonesia.

Kalau ditemukan Merpati Hias di Indonesia, kemungkinan itu burung impor dari luar negeri. Pasalnya, burung Merpati dengan bulu unik ini sering ditemukan di Benua Eropa, Mesir, India, dan lain-lain.

Jenis Merpati Hias

1. Merpati King atau Show King

Merpati King atau Show King (typesofpet.com)
Merpati King atau Show King (typesofpet.com)

Dulu Merpati King dikategorikan Merpati pedaging, tapi kemudian dikembangkan menjadi Merpati hias. Asal burung ini dari Amerika Serikat dan disebarkan ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ciri Merpati Show King bodi bulat, gemuk, dan montok.

2. Merpati Polish Helmet

Merpati Polish Helmet (pigeontype.info)
Merpati Polish Helmet (pigeontype.info)

Burung ini berasal dari Polandia dan memiliki ciri khas warna bulu berbeda di kepala sehingga mirip helm. Merpati Polish Helmet dulunya berwarna hitam, tapi seiring berjalannya waktu, burung tersebut jadi identik berwarna putih.

3. Merpati Mondain atau French Mondain

Merpati French Mondain (pinterest.com)
Merpati French Mondain (pinterest.com)

Bentuk unik burung Merpati Mondain atau French Mondain adalah tubuh yang bulat dan gemuk. Tak heran burung ini sering dijadikan Merpati pedaging. Untuk mendapatkannya, Anda bisa datang ke daerah asalnya yakni di Prancis.

4. Merpati Nun Pigeon

Merpati Nun Pigeon (alchetron.com)
Merpati Nun Pigeon (alchetron.com)

Burung Merpati hias lainnya adalah Nun Pigeon. Tampilan burung ini sangat menawan dan cantik. Namun, sekilas burung ini terlihat ganas. Walau begitu, kemampuan terbangnya sering diacungi jempol.

5. Merpati Maltese

Merpati Maltese (pinterest.com)
Merpati Maltese (pinterest.com)

Sebutan lain Merpati Maltese adalah Poule Maltais dan Malteser. Awalnya burung ini dikategorikan Merpati pedaging. Namun, karena bentuknya unik akhirnya dikembangkan menjadi kategori hias. Ciri unik tubuhnya adalah lehernya panjang mirip jerapah, sedangkan tubuhnya pendek.

6. Merpati Old Dutch Capuchine

Merpati Old Dutch Capuchine (youtube.com)
Merpati Old Dutch Capuchine (youtube.com)

Salah satu Merpati hias yang paling diidolakan adalah Merpati Old Dutch Capuchine. Sebab, burung ini memiliki semacam jambul yang tumbuh di sekitar kepala. Jadi, Merpati ini terlihat sangat menawan dan mewah.

7. Merpati Modena

Merpati Modena (pinterest.com)
Merpati Modena (pinterest.com)

Seperti namanya, Merpati ini berasal dari Modena, Italia utara. Ciri khas burung ini bulat, gemuk, dan ekornya pendek. Di Indonesia, burung ini dibedakan dalam dua jenis yaitu American Modena dan English Modena.

8. Merpati Satinette Oriental Frill

Merpati Satinette Oriental Frill (tumblr.com)
Merpati Satinette Oriental Frill (tumblr.com)

Ini adalah Merpati hias dari negara Turki. Merpati Satinette Oriental Frill sering disebut-sebut salah satu burung Kesultanan Turki. Ciri unik burung ini memiliki warna putih dan garis pada bagian bahu dan sayap.

9. Merpati Jacobin

Merpati Jacobin (pinterest.com)
Merpati Jacobin (pinterest.com)

Sesuai dengan namanya, burung Merpati Jacobin mempunyai ciri khusus berupa bulu jambul di sekitar leher yang menyerupai mantal Jacob. Bulu tebal di leher ini hampir menutupi bagian kepala. Dari belakang dan samping kepalanya tidak terlihat, tapi cuma kelihatan dari depan saja.

10. Merpati Blondinette Oriental Frill

Merpati Blondinette Oriental Frill (pinterest.com)
Merpati Blondinette Oriental Frill (pinterest.com)

Sama seperti Satinette, burung Merpati Blondinette Oriental Frill juga berasal dari Turki. Hanya saja ada perbedaan yakni burung ini memiliki motif batik di permukaan tubuhnya. Pola batik ini terdapat di seluruh permukaan tubuh. Satu lagi keunikan lainnya, yakni ukuran paruh pendek dan agak menjorok ke dalam kepala.

11. Merpati Kipas atau Fantail

Merpati Kipas atau Fantail (downvids.net)
Merpati Kipas atau Fantail (downvids.net)

Sebagian besar orang terpikat dengan keindahan Merpati Kipas atau Fantail. Burung ini memiliki ekor unik yaitu dapat mengembang bulat seperti kipas. Jumlah bulu ekornya 30-40 helai.

12. Merpati Lahore

Merpati Lahore (pigeons-fall.blogspot.com)
Merpati Lahore (pigeons-fall.blogspot.com)

Burung Merpati Lahore berasal dari daerah Lahore Pakistan. Ciri unik tubuh burung ini hampir sama seperti burung Pinguin. Ya, burung ini memiliki warna putih dan hitam yang dibelah dua. Jadi bagian depan berwarna putih, sementara belakangnya warna hitam.

Loading...

13. Merpati Wina atau Vienna Tumbler

Merpati Wina atau Vienna Tumbler (pigeontype.info)
Merpati Wina atau Vienna Tumbler (pigeontype.info)

Mengapa disebut Merpati Tumbler karena burung ini mempunyai kemampuan terbang putar balik tubuhnya dari depan ke belakang. Namun, karena bentuknya unik, burung Merpati Wina atau Vienna Tumbler dijadikan Merpati hias. Selain itu, ciri unik lainnya yaitu matanya yang bulat besar.

14. Merpati Cropper atau Merpati Pouter

Merpati Pouter atau Merpati Gondok (pinterest.com)
Merpati Pouter atau Merpati Gondok (pinterest.com)

Beda dari yang lain, burung ini memiliki ciri unik berupa tembolok yang besar seperti balon. Di Indonesia sudah ada Merpati cantik seperti Cropper atau Pouter, mereka sering dipanggil Merpati Gondok.

15. Merpati Archangel

Merpati Archangel (pinterest.com)
Merpati Archangel (pinterest.com)

Diketahui burung Merpati Archangel berasal dari Dalmatia atau Illyria. Burung sering dijadikan Merpati hias karena memiliki warna cerah dan metalik di sebagian bulunya.

16. Merpati Chinese Owl

Merpati Chinese Owl (pinterest.com)
Merpati Chinese Owl (pinterest.com)

Banyak yang mengira Merpati ini berasal dari China. Padahal burung Merpati Chinese Owl dari daerah India dan Spanyol. Ciri burung ini memiliki bulu dada agak tebal dan berantakan. Kemudian kepala menyerupai burung Hantu.

17. Merpati German Beauty Homer

Merpati German Beauty Homer (wikipedia.org)
Merpati German Beauty Homer (wikipedia.org)

Dulu Merpati German Beauty Homer dikenal sebagai Merpati Pos. Kemudian sekarang burung ini dikembangkan menjadi burung hias. Sebenarnya dia cocoknya jadi Merpati hias karena mempunyai keunikan pada paruh yang besar dan leher panjang.

18. Merpati Bokhara Trumpeter

Merpati Bokhara Trumpeter (pinterest.com)
Merpati Bokhara Trumpeter (pinterest.com)

Seperti namanya, Merpati Bokhara Trumpeter berasal dari daerah Bokhara Asia. Burung ini sekilas seperti terompet. Kemudian keunikan lain pada bulu jambul di kepala yang menyerupai bunga mawar. Sementara, bagian kakinya terdapat bulu kaki yang panjang sampai menjuntai ke tanah.

19. Merpati Felegyhazer Tumbler

Merpati Felegyhazer Tumbler (wikipedia.org)
Merpati Felegyhazer Tumbler (wikipedia.org)

Ada lagi Merpati yang indah yakni Merpati Felegyhazer Tumbler. Burung ini berasal dari daerah Hungaria Kiskunfelegyhaza. Dulu dia burung penerbang tinggi, tapi sekarang jadi Merpati hias. Keindahan burung ini terlihat di bulu jambul belakang kepala.

20. Merpati Brongsong

Merpati Brongsong (rojokoyofarm.blogspot.com)
Merpati Brongsong (rojokoyofarm.blogspot.com)

Burung Merpati Brongsong berasal dari Indonesia, tepatnya di Tulungagung, Kediri, dan Blitar. Ciri burung ini memiliki bulu agak tebal di sekitar kepala belakang, leher, hingga dada. Bulu di bagian belakang kepala agak jambul sehingga terlihat eksotis.

21. Merpati Pajer

Merpati Pajer (pawirobirdfarm.com)
Merpati Pajer (pawirobirdfarm.com)

Burung Merpati Pajer asli Indonesia sama dengan Merpati Brongsong. Merpati ini memiliki paruh yang panjang, tengkorak kepala pipih, dan jambul di belakang kepala. Keistimewaan lainnya, yakni dia dapat terbang tinggi.

22. Merpati Wulung

Merpati Wulung (pawirobirdfarm.com)
Merpati Wulung (pawirobirdfarm.com)

Salah satu Merpati lokal Indonesia adalah Merpati Wulung. Burung ini disebut Wulung karena memiliki motif bulu seperti burung Elang Wulung, Elang Bondol, atau Elang Laut. Jadi, bagian kepala sampai dada berwarna putih polos, sementara bawahnya warna cokelat pirang. Selain itu, ada jambul di belakang kepala.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis burung Merpati Hias terbaik lengkap dengan gambarnya. Sebagian burung Merpati ini memiliki tubuh yang gemuk dan besar. Sehingga masyarakat menjadikannya burung Merpati pedaging.

Namun, bila dilihat-lihat tentu saja lebih mahal harga Merpati hias daripada Merpati pedaging. Oleh karena itu, daripada dijual kiloan, lebih baik burung tersebut dijual keindahannya dan diikutkan kontes kecantikan. Sehingga Merpati bisa dijual mahal.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Jenis merpati hias
  • merpati hias
  • gambar jenis burung merpati hias
  • jenis merpati hiaa ogc
  • Jenis burung merpati
  • merpati putih kaki berbulu
  • Jenis burung merpati mahal
  • jenis jenis merpati hias
  • merpati maltese
  • merpati show king

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!