Jenis Burung Murah yang Bisa Dipelihara sampai Kakek Nenek

Burungnya.com – Tahukah kalian burung apa yang bisa dipelihara sampai kita kakek nenek? Jelas burung ini umurnya harus panjang lebih dari 50 tahun. Sebab, umur orang-orang di Indonesia rata-rata sampai 80 tahun.

Untuk jenis burung, sebenarnya banyak sekali yang umurnya panjang. Namun, kali ini pembahasannya difokuskan pada jenis burung murah. Artinya, burung yang tidak murah walau umurnya panjang tidak masuk kriteria.

Cara Menjinakkan Perkutut Lokal dengan Daun Randu dan Dadap Serep (sorot.co)

Umur Perkutut Panjang

Nah, jenis burung yang kami maksud adalah Perkutut. Pasti banyak yang belum tahu bahwa burung Perkutut bisa berusia sampai puluhan tahun.

Baca juga: Perkutut Tua Usia Lebih dari 81 Tahun, Begini Kondisinya

Perkutut Umur 80 Tahun

Kami pernah menulis artikel Perkutut tua yang usianya lebih dari 80 tahun. Perkutut tersebut warisan turun temurun dan sekarang sudah dirawat keluarga di generasi ketiga.

Perkutut ini namanya Perkutut Sepuh Ki Buyut. Burung ini dirawat di Pondok Pesantren Albar Al Hikmah Gunung Pati Semarang.

Perkutut Tua Usia Lebih dari 81 Tahun (facebook.com)
Perkutut Tua Usia Lebih dari 81 Tahun (facebook.com)

Perkutut Umur 81 Tahun

Ada lagi Perkutut Eyang Naga Bumi yang sudah dirawat sampai 81 tahun. Kondisi burung tersebut sudah sangat sepuh. Postur tubuh sudah membungkuk dan tidak bisa bertengger di tangkringan.

Perkutut Umur 135 Tahun

Satu lagi Perkutut yang cukup fenomenal tapi belum diketahui kebenarannya. Perkutut ini sudah berumur 135 tahun. Burung Perkutut ini sudah dirawat lebih dari 9 generasi.

Baca juga: Misteri Perkutut Tindih Berusia Puluhan Tahun

Harga Burung Perkutut

Perkutut harganya murah, tapi ada juga yang mahal. Untuk yang murah, namanya Perkutut Lokal. Sementara Perkutut yang mahal biasanya Perkutut Bangkok hasil penangkaran.

Tentu saja karena kualitas suara Perkutut Bangkok sangat bagus dan besar. Ada irama depan, tengah, dan akhir yang bagus mengalun indah. Berbeda dengan Perkutut Lokal yang suaranya kecil.

Meski begitu, katanya Perkutut Lokal semakin tua suaranya semakin mantap dan bagus. Jadi pelihara Perkutut Lokal sampai tua saja.

Harga Perkutut Lokal di pasaran sekitar Rp 20.000 sampai Rp 50.000 (ombyokan tanpa katuranggan). Perbedaan harga ini tergantung dari tempat asal penangkapannya.

Baca juga: 45 Harga Perkutut Terbaru 2021 Jenis Lokal Bangkok Katuranggan

Selain itu, postur tubuh juga. Semakin besar ukuran tubuh Perkutut Lokal, biasanya lebih mahal.

Harganya juga dipengaruhi dari katuranggan. Katuranggan adalah ciri fisik yang hanya dimiliki oleh sebagian Perkutut Lokal. Jadi Perkutut Bangkok tidak punya katuranggan.

Perkutut Tua Sepuh Ki Buyut Usia 81 Tahun Lebih (youtube.com)
Perkutut Tua Sepuh Ki Buyut Usia 81 Tahun Lebih (youtube.com)

Perkutut Lokal sangat berbau mistis sebagian berkaturanggan. Ini sama seperti cincin akik yang sempat viral beberapa waktu lalu. Bedanya, Perkutut mistisnya bukan musiman. Sejak dulu Perkutut Lokal sudah dikaitkan dengan hal-hal gaib.

Untuk Perkutut Lokal katuranggan, tentu harganya lebih mahal. Sebab, Perkutut katuranggan cukup jarang dan langka dimiliki banyak orang. Hal ini yang menjadikan harganya relatif lebih mahal.

Baca juga: Pria Ini Punya 15 Perkutut Katuranggan Langka dan Gaib

Kesimpulan

Jadi Anda sudah mengetahui bahwa burung murah yang umurnya panjang dan bisa dipelihara sampai kakek nekek adalah Perkutut. Burung ini murah karena harganya kurang lebih sama dengan satu bungkus rokok.

Kalau Anda ingin pelihara burung yang bisa menemani masa kecil Anda sampai dewasa kelak, saran kami pelihara burung Perkutut saja.

Selain mudah dirawat, burung ini mempunyai suara yang menentramkan jiwa. Sehingga, saat di usia senja, Perkutut bisa menjadi pelipur lara.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.