15 Jenis Burung Terkecil di Dunia Lengkap dengan Gambarnya

Burungnya.com – Banyak sekali nama-nama burung kecil di alam. Burung-burung ini berukuran kecil hingga hampir tak terlihat saat hinggap di pepohonan. Untungnya sekarang sudah banyak kamera canggih untuk mengambil gambar burung-burung kecil di hutan, bahkan burung terkecil di dunia sekalipun.

Sehingga, kita tidak perlu mencarinya di hutan tapi cukup menikmatinya dari gambar-gambar burung yang tersebar di internet. Dari gambar saja sudah kelihatan burung ini berukuran sangat kecil. Bahkan ada jenis burung kecil yang ukurannya cuma 5 cm, yaitu burung Kolibri Lebah atau Kolibri Madu.

Baca juga: 8 Jenis Burung Paling Beracun di Dunia terdapat di Papua

Jenis Burung, Nama Burung, dan Gambar Burung Kecil

1. Burung Red-cheeked cordon-bleu (12,7 cm)

Burung Red-cheeked cordon-bleu (picdeer.com)
Burung Red-cheeked cordon-bleu (picdeer.com)

Jenis burung kecil warna-warni ini adalah spesies Kutilang Afrika dengan bulu biru langit. Sementara burung Red-cheeked cordon-bleu jantan memiliki bintik merah di pipinya yang membuat mereka terlihat seperti terus memerah dan mempesona.

Burung pipi merah ini hanya tumbuh sekitar 5 inci panjangnya atau 12,7 cm, dan beratnya rata-rata hanya sekitar 9,9 gram.

Spesies burung kecil ini dapat ditemukan di alam liar Afrika Tengah dan Timur, tetapi juga merupakan salah satu spesies finch eksotis paling populer dalam perdagangan hewan peliharaan.

2. Burung Willow tit (11,43 cm)

Burung Willow tit (flickr.com)
Burung Willow tit (flickr.com)

Ini termasuk burung terkecil karena panjang tubuhnya cuma 11,43 cm. Kemudian, beratnya mencapai 8,7 gram sampai 10,77 gram. Burung Willow tit banyak ditemukan di Sub-Arktik Eropa dan Asia Utara.

Bila dilihat sekilas, burung kecil mirip dengan burung Gereja. Namun, bagian kepalanya lebih mirip burung Cendet blangkon karena sebagian besar tertutup bulu hitam. Ciri lain dari burung ini yaitu tubuhnya didominasi warna putih, kecokelatan dan abu-abu di bagian sayap.

3. Burung Verdin (11,4 cm)

Burung Verdin (birdguides.com)
Burung Verdin (birdguides.com)

Salah satu burung kecil ini mempunyai panjang tubuh sekitar 11,4 cm. Saudara burung Verdin ada yang lebih lagi yaitu 10,9 cm. Burung terkecil ini bisa ditemukan di Amerika Serikat dan Meksiko.

Makanan burung Verdin adalah serangga. Sehingga burung kecil ini mudah ditemukan di semak belukar. Biasanya burung ini juga mengambil gula sisa makanan burung Kolibri.

4. Burung American Goldfinch (11 cm)

Burung American Goldfinch (birdsinmyview.com)
Burung American Goldfinch (birdsinmyview.com)

American Goldfinch adalah burung migran kecil dari negara bagian Lowa, New Jersey, dan Washington. Ukurannya berkisar antara 11 cm – 14 cm dan berat 11 gram – 20 gram.

Sebagian besar burung American Goldfinch berwarna kuning cerah dan dahi berwarna hitam. Kemudian sayap dan ekornya berwarna hitam.

Di musim dingin burung-burung kecil ini bermigrasi dari perbatasan Kanada ke Amerika Serikat dan Meksiko. Selama musim kawin mereka pindah ke Carolina Utara Amerika Serikat. Mereka juga melakukan panggilan suara kicauan dengan pola berbeda tergantung pada kondisinya.

5. Burung Tropical Parula (11 cm)

Burung Tropical Parula (pinterest.com)
Burung Tropical Parula (pinterest.com)

Daftar burung kecil lainnya yaitu Tropical Parula. Jenis burung kecil ini banyak ditemukan di Meksiko Selatan dan Texas. Burung ini memiliki panjang tubuh 11 cm.

Burung Tropical Parula sangat mudah dikenali karena warna tubuhnya seperti terbelah dua, yakni bagian atas hitam dan bagian bawahnya kuning cerah.

6. Burung Crimson Chat (10 cm)

Burung Crimson Chat (rwsboa2011.blogspot.com)
Burung Crimson Chat (rwsboa2011.blogspot.com)

Burung kecil ini termasuk burung endemik Australia. Panjang tubuhnya mencapai 10 cm – 13 cm dan berat tubuh burung Crimson Chat sekitar 13 gram. Burung jantan memiliki mahkota dan dada berwarna merah cerah. Sementara burung betina berwarna cokelat dan merah muda.

Salah satu burung terkecil ini sering ditemukan di padang rumput, bukit pasir, semak-semak di tanah, terutama wilayah Australia Barat dan Selatan. Makanan burung kecil ini serangga, laba-laba, buaha-buahan, dan biji-bijian.

7. Burung Gold Headed Cisticola (10 cm)

Burung Gold Headed Cisticola (pinterest.com)
Burung Gold Headed Cisticola (pinterest.com)

Burung terkecil ini sering ditemukan di India dan Australia. Panjangnya hanya 10 cm dan berat 10 gram. Burung Gold Headed Cisticola jantan memiliki kepala emas, tenggorokan, dan payudara.

Selama musim kawin bulu mereka menjadi lebih cerah dari musim lainnya. Sementara burung betina memiliki bagian atas berwarna cokelat gelap dan bagian bawah berwarna krem. Mereka tinggal di lahan basah, lahan pertanian, dan daerah pesisir.

Burung Gold Headed Cisticola membangun sarang menggunakan daun, rumput, dan jaring laba-laba sebelum musim kawin. Ini adalah salah satu pembangun sarang terbaik dalam spesies burung. Mereka mencuri jaring laba-laba untuk menjahit daun dan rumput agar sarang bulat sempurna.

8. Burung Bananaquit (10 cm)

Burung Bananaquit (rollingharbour.com)
Burung Bananaquit (rollingharbour.com)

Jenis burung kecil ini sangat mudah ditemukan di seluruh Amerita Tengah dan Selatan. Burung Bananaquit mempunyai panjang bervariasi antara 10 cm – 13 cm.

Saat musim kawin, salah satu burung terkecil ini membuat sarang berbentuk bola menggunakan rumput dan tumbuhan-tumbuhan lainnya. Makanan utama burung kecil ini ialah nektar dan buaha-buahan.

9. Burung Lesser goldfinch (8,8 cm)

Burung Lesser goldfinch (ebirdr.com)
Burung Lesser goldfinch (ebirdr.com)

Tahukah Anda, burung Lesser goldfinch merupakan burung terkecil atau burung Kutilang terkecil di Amerika Utara. Panjang tubuhnya rata-rata 8,8 cm hingga 11,9 cm.

Kalau beratnya berapa? Burung Lesser goldfinch mempunyai berat sekitar 7,9 gram sampai 11,6 gram.

10. Burung Goldcrest (8,3 cm)

Burung Goldcrest (plugon.us)
Burung Goldcrest (plugon.us)

Nama ilmiah burung Goldcrest adalah Regulus regulus. Apa itu regulus? Ternyata regulus adalah “pangeran atau raja kecil”.

Jenis burung kecil ini merupakan burung terkecil di Eropa. Panjangnya sekitar 8,3 cm – 9,3cm, dan beratnya sangat kecil yaitu 4,5 gram – 7 gram.

Spesies burung ini mungkin kecil tetapi kuat dan tidak main-main ketika sedang kawin. Sebanyak 10-12 telur akan diinkubasi sekaligus, dan kadang-kadang seekor betina akan memiliki dua induk setiap musim kawin.

11. Burung Brown Gerygone atau Gerygone Cokelat (8 cm)

Burung Brown Gerygone (pinterest.com)
Burung Brown Gerygone (pinterest.com)

Burung Gerygone Cokelat termasuk burung terkecil di dunia karena panjang tubuhnya hanya 8 cm – 10 cm. Burung ini hidup di daerah pantai dan hutan hujan Australia.

Ciri fisiknya, burung ini mempunyai bulu bagian atas warna abu-abu zaitun dan bagian bawahnya warna krem. Burung kecil Gerygone lebih banyak menghabiskan waktunya di atas pohon untuk menangkap serangga terbang.

12. Burung Spotted pardalote (7,8 cm)

Burung Spotted pardalote (wikimedia.org)
Burung Spotted pardalote (wikimedia.org)

Ada lagi burung kecil yang cukup unik. Burung tersebut adalah Spotted pardalote. Dia termasuk burung terkecil di Australia Timur dan Selatan. Burung ini biasanya ditemukan di wilayah hutan Eucalyptus.

Panjang tubuh burung Spotted pardalote sekitar 7,8 cm – 9,9 cm. Burung unik ini mengalami penurunan populasi dan dinyatakan langka. Pasalnya, burung kecil ini habitatnya dipakai untuk pembangunan kota dan pengembalaan domba.

Ciri yang menarik dari burung Spotted pardalote adalah bulunya yang dipenuhi bintik putih. Tak heran, burung ini memiliki julukan Diamond bird.

13. Burung Weebill (7,6 cm)

Burung Weebill (hbw.com)
Burung Weebill (hbw.com)

Seperti yang lain, burung Weebill masuk daftar burung terkecil di dunia karena mempunyai panjang tubuh 7,6 cm – 8,8 cm. Burung ini hidup bergerombol dengan kelompok kecil dan tinggal di kawasan hutan Eucalyptus.

Ciri-ciri burung Weebill adalah bulunya kuning kecokelatan. Bagian atas paruhnya seperti ada kumis kucing yang jabrik berdiri. Tatapan mata burung kecil ini cukup menakutkan.

14. Burung Costa’s Hummingbird atau Kolibri Costa (7,6 cm)

Burung Costa's Hummingbird (birdseye.photo)
Burung Costa’s Hummingbird (birdseye.photo)

Berbeda dengan Kolibri Madu, burung Kolibri Costa mempunyai ukuran tubuh lebih panjang sedikit yakni 7,6 cm – 8,8 cm. Sedangkan berat tubuhnya, rata-rata cuma 2,8 gram.

Burung Costa’s hummingbird asli dari Amerika Barat Daya dan berkembang di daerah gurun. Untuk burung jantan biasanya mempunyai warna bulu ungu cerah di kepalanya. Burung ini cukup mencolok di kawasan gurun karena bulunya mengilap bila terkena sinar matahari.

15. Burung Bee Hummingbird atau Kolibri Madu (5 cm)

Burung Bee Hummingbird (hbw.com)
Burung Bee Hummingbird (hbw.com)

Bila burung Goldcrest merupakan burung terkecil di Eropa, maka burung Kolibri Madu adalah burung terkecil di dunia. Pasalnya, panjang burung kecil ini hanya 5 cm – 6 cm. Sedangkan berat badan burung Kolibri ini hanya 1,5 gram hingga 2 gram.

Burung Kolibri Lebah tidak lebih besar dari serangga. tapi tubuhnya lebih besar dari lebah. Tak heran, sekarang burung ini dipanggil Kolibri Lebah atau Kolibri Madu. Ini merupakan burung endemik di Kuba.

Tahukah Anda, burung Kolibri Madu dapat mengepakkan sayapnya sebanyak 80 kali per detik dan dapat meningkat menjadi 200 kali per detik. Setiap hari, burung terkecil di dunia ini mampu mengambil madu di 1200-1500 bunga.

Baca juga: 22 Jenis Burung Termurah Mulai Harga Rp 1.000 – Rp 50.000

Itulah jenis burung terkecil di dunia tapi mempunyai banyak kelebihan dan keunikan. Nama-nama burung ini terdengar asing di telinga karena sebagian besar tidak ditemukan di Indonesia. Namun, dengan begitu kita menjadi tahu ada jenis burung kecil yang tersebar di seluruh dunia.

Kira-kira kalau di Indonesia, burung kecil apa yang pernah Anda temukan? Apakah burung Pleci termasuk jenis burung kecil? Coba ukur panjangnya, siapa tahu burung Pleci masuk daftar burung terkecil di dunia.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!