10 Jenis Burung yang Bagus untuk Bisnis dan Harga Termahal

Burungnya.com – Saat ini bisnis di dunia burung kicau sedang naik tajam. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah mengatakan perdagangan atau perputaran uang di bisnis burung kicau mulai dari budidaya, penangkaran atau ternak, pakan burung, sangkar, dan obat burung, bisa mencapai Rp 1,7 triliun.

Jumlah tersebut sudah bisa membuktikan bahwa usaha di bidang pelihara burung sangat menguntungkan. Namun, Anda perlu mengetahui jenis burung apa saja yang bisa jadi peluang bisnis dan lomba. Kalau sekadar hobi, Anda bebas mau pelihara burung apa saja yang penting burung yang tidak dilindungi.

Namun, bila fokus Anda untuk bisnis atau lomba, tentu jangan pernah sembarangan memilih jenis burung. Bahkan, Anda juga harus memperkirakan ke depannya nanti perkembangan burung tersebut seperti apa.

Jenis Burung Rumahan yang Bagus untuk Bisnis

1. Burung Kenari

Pasangan Burung Kenari Yorkshire (birdsnow.com)
Pasangan Burung Kenari Yorkshire (birdsnow.com)

Tahukah Anda, harga burung Kenari termasuk stabil dibandingkan jenis burung lain. Selain itu, ternak burung ini juga bisa dibilang mudah. Alhasil, banyak orang yang mencoba ternak burung Kenari.

Kalau Anda mau bisnis burung Kenari, cobalah memilih jenis Kenari Yorkshire kelamin jantan karena harganya Rp 7 juta – Rp 10 juta. Ada lagi Kenari Lancashire yang dijual seharga Rp 5 juta – Rp 8 juta. Sedangkan Kenari Crested atau Kenari Jambul biasanya dijual sekitar Rp 2 juta – Rp 7 juta.

2. Burung Murai Batu

Murai Batu Termahal Harga Rp 3 Miliar Tambah Mobil Rubicon (youtube.com)
Murai Batu Termahal Harga Rp 3 Miliar Tambah Mobil Rubicon (youtube.com)

Selain Kenari, ada lagi jenis burung mahal yang bagus untuk bisnis. Burung tersebut adalah Murai Batu. Beberapa bulan yang lalu ada Murai Batu yang ditawar seharga Rp 3 miliar ditambah satu unit mobil Robicon.

Burung Murai Batu bernama Ohara ini ditawar mahal karena memiliki kualitas yang bagus dan sering juara. Pembelinya rela merogoh kocek dalam-dalam demi meminang burung tersebut. Namun, pemiliknya enggan melepas Murai Batu Ohara begitu saja.

Harga burung segini karena pengaruh sering juara lomba. Kalau burung hasil ternakan biasa, harganya masih sekitar Rp 750 ribu – Rp 2 juta.

3. Burung Lovebird

Perjalanan Hidup Lovebird Kusumo sejak 2012 sampai 2018 (kumparan.com)
Perjalanan Hidup Lovebird Kusumo sejak 2012 sampai 2018 (kumparan.com)

Anda mungkin pernah mendengar Lovebird fenomenal yang harganya sampai Rp 2,2 miliar. Ya, Lovebird tersebut bernama Kusumo. Dulu di eranya dia terkenal memiliki kestabilan di lapangan dan ngekek panjang jeda rapat.

Sekarang Lovebird tersebut sudah meninggal dan digantikan dengan Lovebird konslet lain. Pengganti Lovebird Kusumo mungkin tidak akan pernah ada. Namun, Lovebird yang memiliki segudang prestasi seperti Kusumo sudah mulai bermunculan.

Selain Lovebird Kusumo, ada juga Lovebird lain yang harganya sampai miliaran rupiah, yakni Lovebird Awe we Rp 1 miliar dan Lovebird Fretty Rp 1 miliar.

Kemudian ada lagi Lovebird warna atau Lovebird beauty yang mengunggulkan keindahan warnanya. Bicara tentang Lovebird warna, belum lama ini artis Lucky Hakim membeli Lovebird Dun Fallow seharga Rp 280 juta.

Berarti bisnis di dunia burung Lovebird sangat menjanjikan melihat harganya yang mahal-mahal. Apakah Anda tertarik jadi pengusaha burung Lovebird?

4. Burung Kacer

 

Kacer Lancang Kuning (Facebook.com)
Kacer Lancang Kuning (Facebook.com)

Beberapa tahun lalu, ada seekor Kacer bernama Lancang Kuning. Burung ini terkenal tampil bagus hingga ditawar Rp 60 juta. Sontak, pemiliknya tertawa mendengar tawaran tersebut. Soalnya, burung Kacer ini niatnya akan dijual dengan harga Rp 118.888.888.

Harga segitu memang layak karena burung Kacer Lancang Kuning mempunyai banyak prestasi, trofi, dan piagam penghargaan. Pada awal tahun 2016 saja, burung ini bisa mengumpulkan lebih dari 50 trofi juara pertama. Kalau dihitung sampai tahun 2020 mungkin jumlah trofi Kacer ini sudah ribuan.

5. Burung Ciblek

Ciblek Termahal di Indonesia Namanya Viral (hbw.com)
Ciblek Termahal di Indonesia Namanya Viral (hbw.com)

Bisnis burung Ciblek biasanya tidak untuk lomba, melainkan untuk masteran burung lain. Sebab, burung Ciblek bisa menjadi guru vokal yang baik karena terkenal memiliki suara gacor, keras, variatif, dan jeda rapat.

Bicara tentang harga burung Ciblek yang sudah jadi ternyata cukup fenomenal. Burung yang dikenal sebagai burung sawah ini ada yang harganya sampai Rp 28,5 juta. Nama burung ini adalah burung Ciblek Viral.

Tidak hanya itu, ada lagi Ciblek Monster yang dihargai hingga Rp 25 juta. Kedua burung ini mungkin jadi Ciblek termahal di Indonesia.

6. Burung Jalak

Burung Jalak Kebo Blorok (tokopedia.com)
Burung Jalak Kebo Blorok (tokopedia.com)

Banyak yang tidak tahu, sebenarnya burung Jalak dapat menirukan suara manusia. Kalau suara manusia saja dapat ditiru dengan mudah, tentu suara burung lain lebih mudah lagi. Jadi, memiliki burung Jalak seperti memelihara banyak jenis burung lain.

Loading...

Pasalnya, suara burung ini sangat bervariasi, keras, lantang, dan ngerol panjang. Selain itu, burung ini juga bisa dilatih sampai jinak hingga menuruti perintah pemiliknya. Jenis burung Jalak yang pintar menirukan suara adalah Jalak Kebo, Jalak Suren, dan lain-lain.

Harga Jalak Kebo yang rajin bunyi bisa sampai Rp 1,5 juta. Sedangkan Jalak Kebo blorok diperkirakan mencapai Rp 5 juta. Kalau harga Jalak Suren ada yang unik, yakni sampai Rp 7 miliar. Penjualnya memasarkan Jalak Suren prestasi di OLX. Namun, benar tidaknya hal tersebut masih belum bisa dipastikan.

7. Burung Cucak Ijo

Cucak Ijo Gambang Suling (kicaumania.or.id)
Cucak Ijo Gambang Suling (kicaumania.or.id)

Saat musim batu akik, ada burung Cucak Ijo yang ditukar batu akik bacan seharga Rp 30 juta. Kemudian, setelah lama dipelihara dan berprestasi, burung tersebut ditawar seseorang dengan harga Rp 100 juta.

Bagi yang penasaran, nama burung Cucak Ijo tersebut adalah Gambang Suling. Burung ini juga memiliki prestasi yang membanggakan. Tak heran, ada orang yang meminangnya dengan harga Rp 100 juta.

Namun, ingat burung ini sudah lama masuk daftar burung dilindungi. Sehingga Anda harus segera mendaftarkan Cucak Ijo ke BKSDA untuk mendapatkan surat izin.

8. Burung Paruh Bengkok

Burung Paruh Bengkok (instagram.com-bagas.up)
Burung Paruh Bengkok (instagram.com-bagas.up)

Ada banyak jenis burung Paruh Bengkok yang bisa dilatih atraksi. Burung ini sangat menjanjikan untuk bisnis. Pasalnya, harga standarnya saja sudah mahal, kalau dilatih atraksi harganya bisa naik 2-8 kali lipat.

Sebut saja, Bagas Utomo Putro selaku pemiliki Philo Parrot. Dia dulu cuma iseng pelihara burung Paruh Bengkok. Setelah itu, dia melatihnya sampai pintar atraksi. Saat upload video kepintaran burung di media sosial, ternyata banyak suka.

Dari situ ide bisnisnya muncul dan semakin serius menjual burung Paruh Bengkok yang pintar atraksi. Omzet penjualan burung Paruh Bengkok ini mencapai Rp 72 juta per tahun.

9. Burung Merpati

Merpati Jayabaya Rp 1 miliar (pikira-rakyat.com)
Merpati Jayabaya Rp 1 miliar (pikira-rakyat.com)

Jangan anggap remeh bisnis burung Merpati. Di luar negeri harga seekor Merpati Balap bisa mencapai Rp 6,7 miliar, bahkan ada juga yang sampai Rp 20 miliar. Sedangkan di Indonesia, harga Merpati yang paling mahal sebesar Rp 1 miliar, yakni Merpati Jayabaya.

Berita ini langsung viral karena seluruh masyarakat terkejut mengetahui ada Merpati yang harganya sampai Rp 1 miliar. Ternyata ada lagi Merpati mahal di Indonesia yaitu Merpati Garong yang ditawar seharga Rp 1,7 miliar. Sayangnya, burung tidak jadi dilepas.

Bisnis burung ini lebih berkembang sampai ada kos-kosan burung Merpati. Fasilitas kos, meliputi kamar banyak, nama di setiap kamar, sewa bulanan murah, pakan lengkap, mandi dan jemur setiap hari, tempat umbaran luas, serta dilatih terbang sampai 3 Km.

Kos yang diberi nama Kandang Merah Kuning ini terletak di Jalan Pondok Karya IV, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Tarif kos dan pelatihannya antara Rp 70 ribu – Rp 200 ribu per bulan.

10. Burung Perkutut

Perkutut Termahal di Indonesia Harga Rp 3,5 Miliar (batutimes.com)
Perkutut Termahal di Indonesia Harga Rp 3,5 Miliar (batutimes.com)

Bagi Anda yang pernah main burung Perkutut di tahun 1995-1998 pasti sudah tak asing dengan Perkutut Susi Susanti. Burung ini sangat fenomenal dan legendaris karena harganya Rp 3,5 miliar.

Perkutut Susi Susanti berasal dar Tasikmalaya, Jawa Barat. Singkat cerita, burung ini tidak pernah dirawat karena tidak mau bunyi. Burung hasil pemberian teman ini suatu ketika berbunyi indah sekali.

Hal tersebut mengubah kehidupan pemiliknya dari yang semula banyak hutang sampai menjadi kaya raya. Soalnya, harga anakan dan cucu burung ini berkisar antara Rp 5 juta – Rp 100 juta per ekor. Tak heran pemiliknya dapat meraup omzet Rp 100 juta – Rp 300 juta per bulan.

Kesimpulan

Burung-burung tersebut sudah pasti sangat menjanjikan kalau dijadikan ladang bisnis. Soalnya, jenis burung tadi berpotensi dijual sangat mahal. Kalau potensi harganya menyerupai harga property, tentu harga burung akan terus naik dan bisa jadi investasi di hari tua.

Baca juga:

Sehingga, Anda tidak perlu kerja sampai tua. Saat tua nanti, Anda tinggal merawat burung dan menikmati hasilnya. Jadi mulai dari sekarang segera rintis bisnis burung Anda.

Bisnis burung tidak hanya terpaku pada jual beli burung atau ternak burung. Anda juga bisa bisnis pakan burung, aksesoris burung, kandang burung, transportasi pengiriman burung, rumah latihan burung, dan lain-lain.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung murah harga jual mahal
  • burung yang mudah di ternak
  • burung mahal di indonesia
  • burung yang gampang di ternak
  • burung hias mahal
  • jenis burung harga 10 juta
  • burung kicau yang harganya stabil
  • burung termahal di indonesia
  • burung kicau yang mudah diternak
  • Jenis burung mahal

1 thought on “10 Jenis Burung yang Bagus untuk Bisnis dan Harga Termahal”

  1. Terima kasih sharingnya. Kalau beternak burung-burung tersebut apakah bisa dibuat dalam 1 koloni tediri dari beberapa macam burung tersebut?

    Reply

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!