5 Jenis Burung yang Harus Dihindari Manusia karena Berbahaya

Burungnya.com – Sekilas burung tak terlihat berbahaya karena berukuran kecil dan hidup di dalam sangkar. Namun, ternyata ada juga burung yang harus dihindari manusia karena berbahaya. Ya, tidak semua burung mempunyai sifat yang baik kepada manusia. Sebagian jenis burung berbahaya terutama bagi manusia.

Apa saja burung yang dianggap berbahaya bagi manusia? Sedikitnya ada 5 jenis burung berbahaya berikut daftarnya.

Baca juga: 36 Fakta Unik dan Mitos Burung Hantu yang Mencengangkan

1. Burung Hantu Barred

Burung Hantu Barred (youtube.com)
Burung Hantu Barred (youtube.com)

Jika melihat burung Hantu, mungkin Anda tak akan menyangka bahwa burung Hantu termasuk burung yang berbahaya. Sebab, beberapa kicau mania memelihara burung tersebut.

Meski begitu ada juga jenis burung Hantu yang berbahaya yaitu burung Hantu Barred. Burung ini memiliki berat tubuh 600-800 gram dan lebar sayap sekitar 1 meter.

Burung Hantu Barred menyerang mangsanya dengan cara menancapkan cakar tajam ke kepala kemudian dipatuk dan diremas sampai hancur.

Tidak hanya itu, burung ini juga tercatat pernah melakukan penyerangan kepada manusia, tepatnya di Texas, Amerika Serikat. Bahkan, di Pasifik Barat, burung Hantu Barred pernah menyerang kepala manusia sampai menyebabkan kematian.

Setelah diteliti, ternyata burung Hantu ini menyerang manusia karena manusia yang mengganggu duluan. Jadi, ada seorang manusia yang mengganggu burung Hantu Barred di sekitar rumahnya, lalu burung ini balas dendam.

2. Burung Lammergeier

Burung Lammergeier (iyufera.com)
Burung Lammergeier (iyufera.com)

Sebagian dari Anda pasti jarang mendengar nama burung Lammergeier. Ya, burung ini memang jarang sekali dipelihara manusia dan hidupnya di pengunungan kawasan Asia Tengah dan Afrika Timur, hingga Spanyol.

Burung pemakan bangkai ini mempunyai ukuran tubuh maksimal 120 Cm dan beratnya mencapai 6 Kg. Hebatnya lagi, rentang sayapnya bisa mencapai 3 meter. Jadi bisa dibayangkan betapa besarnya burung Lammergeier.

Karena hidupnya di pegunungan, burung ini jarang tercatat melukai manusia. Namun, di selatan Sisilia, terdapat seseorang yang terluka bagian kepalanya karena burung Lammergeier yang sedang membawa mangsa kura-kura menjatuhkannya tepat ke kepala manusia.

3. Burung Emu

Burung Emu (flickr.com)
Burung Emu (flickr.com)

Beda dengan dua burung sebelumnya, burung Emu tidak bisa terbang tapi memiliki tubuh kekar serta berkaki panjang. Kaki burung Emu mempunyai cakar yang bisa dipakai untuk mengeluarkan isi perut hewan.

Loading...

Burung ini bisa berlari hampir 50 Km per jam dan dalam keadaan berbahaya bisa menendang mangsanya. Untuk penyerangan terhadap manusia sangat jarang, tapi burung Emu pernah mengakibatkan berbagai cedera di daerah Australia.

Baca juga: Unik, Burung Ini Bisa Menyamar Jadi Ulat Beracun saat Terancam

4. Burung Unta

Burung Unta (youtube.com)
Burung Unta (youtube.com)

Tak berbeda jauh dengan burung Emu, burung Unta juga tidak bisa terbang. Burung yang hanya ditemukan di Afrika ini merupakan burung terbesar yang masih hidup. Tinggi tubuhnya 2,75 meter dan beratnya lebih dari 150 Kg.

Burung Unta dianggap berbahaya karena memiliki tapak yang kuat dengan dengan dua kaki yang bisa dikembangkan seperti kuku. Burung ini mampu melakukan perlawanan terhadap singa dan bisa berakibat kematian.

Burung yang bisa berlari hingga kecepatan 72,5 Km per jam ini pernah tercatat menyerang seseorang yang memelihara burung Unta di Amerika.

Dia diserang burung Unta karena tongkat stiknya tak sengaja mengenai perut burung Unta. Burung tersebut kemudian menendang balik dan hampir membunuh orang tadi.

5. Burung Kasuari

Burung Kasuari (arthurgrosset.com)
Burung Kasuari (arthurgrosset.com)

Senjata burung Kasuari adalah tanduk di kepala dan kaki yang kuat serta kuku yang tajam. Burung Kasuari terkenal karena pernah membunuh manusia dengan kakinya.

Pada tahun 2012 seorang turis di Queensland, Australia ditendang oleh burung Kasuari dari pagar dan masuk ke badan air tetapi tidak terluka.

Burung yang mampu berlari hingga 50 Km per jam ini juga pernah menyebabkan kematian di tahun 1926. Sekelompok remaja sedang berburu burung Kasuari, tapi burung tersebut melompat ke atas tubuhnya. Setelah itu, burung tersebut memotong urat leher salah satu remaja dengan kuku jarinya yang panjang hingga tewas.

Baca juga: 8 Jenis Burung Paling Beracun di Dunia terdapat di Papua

Ya begitulah, jika dilihat dari beberapa insiden kematian korban, hampir semuanya mengganggu burung-burung terlebih dahulu. Mungkin karena kesal, kemudian burung-burung ini melakukan penyerangan terhadap manusia.

Demikian beberapa jenis burung yang paling berbahaya bagi manusia dan harus dihindari. Anda tak perlu terlalu menghindarinya dengan cara yang kasar. Cukup menjaga jarak saja agar selalu aman dari serangan mereka.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain melalui media sosial. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar