15 Jenis Burung yang Sering Diikutkan Lomba dan Populer di Indonesia

15 Jenis Burung yang Sering Diikutkan Lomba dan Populer di Indonesia

Burungnya.comJenis burung apa saja yang dapat mengikuti lomba? Sampai saat ini banyak sekali jenis burung yang sering diikutkan lomba. Bahkan, burung lomba sudah mendapatkan ruang di hati kicau mania karena dapat menghadirkan banyak rezeki bagi pemiliknya.

Bicara tentang jenis burung lomba, ternyata tidak semua burung mempunyai peraturan lomba yang sama. Dalam hal ini maksudnya penilaian lomba setiap burung berbeda-beda.

Ada jenis burung yang dinilai poin durasi waktu lama berkicau. Ada pula burung yang dinilai pada proses kecepatan terbang. Oleh karenanya, dunia burung saat ini sangat diminati masyarakat, terutama kaum pria.

Baca juga: 13 Manfaat Memelihara Burung yang Hanya Dirasakan Pria

Dengan adanya lomba burung, masyarakat bisa berkumpul untuk berbagi pengalaman dalam merawat burung, silaturahmi antar pecinta burung, jual beli burung, dan lain-lain.

Intinya, banyak hal positif yang didapat dari lomba burung. Kalau pun ada negatifnya, kemungkinan cuma segelintir oknum yang mencari keuntungan dengan cara berlaku tak adil pada saat penilaian lomba burung.

Selebihnya, lomba burung selalu membawa manfaat bagi masyarakat. Bahkan, konon katanya memelihara burung dan hobi ikut lomba burung dapat menghilangkan stres.

Jenis Burung yang sering Ikut Lomba

Lantas jenis burung apa saja yang sering ikut lomba? Bagi yang ingin merasakan sensasi memelihara burung dan ikut meramaikan lomba burung, maka tak ada salahnya Anda memelihara beberapa jenis burung berikut.

1. Burung Lovebird

Kelebihan dan kekurangan Lovebird Konslet (snap361.com)
Kelebihan dan kekurangan Lovebird Konslet (snap361.com)

Sampai saat ini jenis burung yang paling sering diikutkan lomba adalah Lovebird. Jenis lomba burung Lovebird ada dua, yaitu lomba suara dan lomba kecantikan.

Bedanya, lomba suara yang dinilai suara ngekek Lovebird. Sementara, lomba kecantikan yang dinilai poin tentang kecantikan tubuh dan warna Lovebird.

2. Murai Batu

Burung Murai Batu Bahorok (youtube.com)
Burung Murai Batu Bahorok (youtube.com)

Dari dulu sampai sekarang, lomba burung Murai Batu tidak pernah ada pasang surutnya. Harga Murai Batu juga terbilang stabil. Tak heran, banyak orang memelihara burung Murai Batu.

Saking populernya Murai Batu, sampai ada seorang ibu-ibu yang rela menjual sapi untuk ternak Murai Batu. Soalnya, dia tahu harga burung Murai Batu sangat mahal. Sehingga dia nekat jual dua ekor sapi untuk modal ternak Murai Batu.

3. Burung Kenari

Jenis Kenari paling bagus suaranya untuk lomba (googleblog.com)
Jenis Kenari paling bagus suaranya untuk lomba (googleblog.com)

Kenari termasuk burung kecil yang mempunyai suara ngerol panjang. Warna bulunya indah, tapi masyarakat tidak mengikutkan Kenari untuk lomba kecantikan seperti Lovebird.

Mereka lebih suka mendengarkan suaranya yang gacor dan keras. Variasi suara burung Kenari cukup banyak, sehingga burung ini sering dijadikan masteran. Sayangnya, saat ini lomba burung Kenari jarang muncul ke permukaan seiring dengan pamor Kenari yang mulai meredup.

4. Kacer

Kacer Gacor Ngeplong (flickr.com)
Kacer Gacor Ngeplong (flickr.com)

Untuk burung Kacer beda lagi. Memang burung Kacer juga dinilai suaranya. Namun, kicau mania lebih suka melihat Kacer gacor dengan gaya buka ekor seperti ular kobra atau istilahnya gaya ngobra.

Burung Kacer mempunyai suara yang indah dan lantang. Burung ini juga sering dijadikan masteran burung lain karena suaranya yang bervariasi.

5. Burung Cucak Ijo

Cara mengatasi Cucak Ijo macet bunyi dan hanya diam (pinterest.com)
Cara mengatasi Cucak Ijo macet bunyi dan hanya diam (pinterest.com)

Cucak Ijo jadi burung yang diikutkan lomba karena ciri khasnya yakni gaya ngentrok. Burung ini kalau belum bisa ngentrok saat lomba, rasa-rasanya masih belum bisa juara.

Namun, kalau ada Cucak Ijo ngentrok atau njegrik dan suara gacor fighter, sudah pasti juri tak akan berpaling darinya. Ya, kicau mania memang paling suka melihat emosi Cucak Ijo dengan menjegrikkan bulunya sambil ngentrok-ngentrok di lapangan.

6. Jalak

Burung Jalak Suren gacor (flickr.com)
Burung Jalak Suren gacor (flickr.com)

Tahukah Anda, Jalak menjadi salah satu burung paling pintar karena dapat menirukan suara manusia. Coba bayangkan, kalau suara manusia saja dapat ditiru, tentu suara burung lainnya dapat ditiru dengan mudah.

Tidak mengherankan, jika burung Jalak terkadang mempunyai suara isian dari banyak jenis burung fighter. Ini juga yang menjadi salah satu alasan burung Jalak sering dijadikan peliharaan masyarakat.

7. Burung Cendet atau Pentet

Burung Cendet (singaporebirds.com)

Orang Jawa Timur dan Jawa Tengah lebih sering memanggilnya burung Cendet. Namun, orang Jawa Barat dan sekitarnya suka menyebutnya Pentet.

Burung teritorial ini dikenal galak di alam liar. Burung Cendet bahkan gemar memangsa burung kecil lainnya dan juga tikus. Namun, kalau sudah menjadi burung rumahan, burung Cendet biasanya dilatih untuk menguasai berbagai macam suara burung.

Tujuannya, agar burung Cendet bisa jadi juara di lomba. Sayang, lomba burung Cendet mulai hilang dari peredaran. Jarang sekali ada event lomba burung kelas Cendet. Bahkan, sempat diketahui beberapa tahun lalu ada lomba burung Cendet, tapi cuma diikuti dua peserta saja. Kalau tidak salah, lokasinya di Kalimantan Barat.

Loading...

8. Pleci

Gambar burung Pleci buka paruh (IndianBirdsPhotography.blogspot.com)
Gambar burung Pleci buka paruh (IndianBirdsPhotography.blogspot.com)

Burung Pleci dikenal sebagai burung kecil tapi suara nyaring. Ibarat peribahasa, kecil-kecil cabe rawit. Jadi, walaupun ukuran tubuhnya kecil, tapi suaranya gacor, keras, dan lantang.

Saat ini masih cukup banyak dijumpai lomba-lomba burung Pleci. Pasalnya, burung ini harganya cukup terjangkau, sehingga semua lapisan masyarakat tertarik untuk memeliharanya dan mengikutkan lomba.

9. Burung Anis Merah

Burung Anis Merah (hbw.com)
Burung Anis Merah (hbw.com)

Anis Merah mempunyai suara kicauan yang merdu. Namun, burung ini keistimewaannya tidak hanya terletak pada suara, melainkan pada gaya bertarung di lapangan juga.

Perlu Anda ketahui, tidak hanya manusia, ternyata burung Anis Merah juga punya gaya mabuk atau teler. Jadi, Anis Merah mempunyai banyak penggemar karena suara bagus dan gaya telernya. Burung ini kalau sudah teler, kepalanya bisa goyang-goyang ke kanan dan ke kiri seperti dewa mabuk.

10. Kolibri

Beda burung Kolibri dan burung Madu (typepad.com)
Beda burung Kolibri dan burung Madu (typepad.com)

Di alam liar, burung Kolibri sering menghisap madu. Namun, kalau sudah dipelihara, rutinitas burung Kolibri berada di lapangan lomba. Ya, burung Kolibri juga sering diikutkan lomba, walau saat ini sudah tidak terlalu eksis.

Suara burung Kolibri terbilang unik tapi tidak terlalu keras. Meski begitu, peminatnya cukup banyak. Sehingga, banyak kicau mania yang antusias mengikuti lomba burung Kolibri.

11. Burung Ciblek

Burung Ciblek (wikipedia.org)
Burung Ciblek (wikipedia.org)

Tak hanya untuk masteran, burung Ciblek juga sering ikut lomba. Sebab, suara burung Ciblek mempunyai tembakan keras dan tajam. Jika didengarkan, sekilas suara kicau Ciblek seperti suara siulan menggunakan plastik.

Di antara lomba dan masteran, kicau mania lebih sering menggunakan Ciblek untuk masteran burung lain. Entah kenapa, saat ini semangat untuk lomba burung Ciblek mulai menurun.

12. Perkutut

Burung Perkutut Lomba yang bagus (hindustantimes.com)
Burung Perkutut Lomba yang bagus (hindustantimes.com)

Burung Perkutut sudah sejak lama sering diikutkan lomba. Ciri khas lomba burung Perkutut dikerek di tiang yang tinggi. Suara anggungan Perkutut yang mengalun indah menjadi daya tarik tersendiri.

Burung ini selain untuk lomba, masyarakat juga menggunakan burung Perkutut untuk hal-hal gaib. Misalnya, Perkutut untuk pesugihan, penglaris, penolak bala, hingga mendatangkan rezeki dan kedudukan.

13. Burung Merpati

Cara Melatih Merpati Kolong (tribratanewsbantul.com)
Cara Melatih Merpati Kolong (tribratanewsbantul.com)

Beda dari yang lain, untuk burung Merpati yang dilombakan biasanya tentang kecepatan terbang. Jadi bukan suaranya, melainkan bagaimana burung Merpati terbang mulai dari start sampai kembali ke pemiliknya.

Sebagai contoh, ada lomba Merpati Balap, Merpati Tinggian, hingga Merpati Kolong. Ketiga jenis lomba Merpati ini mempunyai peraturan lomba yang berbeda-beda.

14. Burung Macaw

Burung Scarlet Macaw
Burung Scarlet Macaw

Tak hanya cantik, burung Macaw juga sering diikutkan lomba terbang bebas. Peraturan lombanya, burung yang terbang lama atau paling akhir kembali ke pemiliknya, maka dia dinyatakan sebagai pemenang.

Burung dengan warna bulu indah ini juga pintar dan bisa dilatih layaknya hewan-hewan sirkus. Tingkat kecerdasan burung Macaw sangat tinggi sehingga dia bisa memahami perintah manusia.

15. Burung Puyuh

Lomba Burung Puyuh Malam Hari (youtube.com)
Lomba Burung Puyuh Malam Hari (youtube.com)

Mungkin Anda berpikiran mengapa burung Puyuh ikut lomba? Biasanya burung Puyuh memang diternak untuk mendapatkan telur dan dagingnya. Namun, beberapa waktu lalu, burung Puyuh ternyata juga ikut lomba ocehan.

Uniknya, burung Puyuh dilombakan malam hari. Suara burung Puyuh yang panjang dinyatakan sebagai pemenang. Harga burung Puyuh memang tidak seberapa, tapi cukup menyenangkan melihatkan lomba burung Puyuh di malam hari.

Demikian beberapa jenis burung yang sering diikutkan lomba. Setiap jenis lomba tidak sama, tergantung masing-masing burung. Ada yang dinilai suaranya, gayanya, terbangnya, dan lain-lain. Walau berbeda, intinya lomba burung diharapkan dapat mempersatukan kicau mania di seluruh nusantara.

Baca juga: 3 Juri Cantik Lomba Burung yang Bikin Mata Kicau Mania Tak Berkedip

Selain itu, dengan adanya lomba burung, tingkat ekonomi masyarakat diharapkan juga ikut berkembang melalui jual burung, jual pakan, jual aksesoris, ternak burung, dan lain-lain.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • jenis burung lomba
  • jenis burung yg bisa di lombakn dalam evend lotber/lotbres
  • jenis burung untuk lomba
  • Jenis burung lomba paling banyak 2019
  • jenis burung limba 2019
  • jenis burung kecil yg di lomba ka
  • Jenis burung apa aja yang baik untuk di tiru burung murai
  • burung yg sering d plihata
  • burung yang sering ikut kontes
  • burung yang banyak dilombakan

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!