10 Jenis Kenari yang Paling Bagus Suaranya Untuk Lomba

Burungnya.com – Banyak kicau mania mencari jenis burung Kenari yang suaranya bagus untuk lomba. Ini memang bukan perkara mudah karena suara burung Kenari yang bagus cukup sulit didapat, kalau bukan dari penangkaran trah jawara atau para pemenang lomba.

Terlebih jenis Kenari sangat banyak, ada yang impor maupun lokal. Jika disuruh memilih salah satu antara Kenari impor atau Kenari lokal, maka jawabannya Kenari impor dari negara lain. Sebab, burung-burung Kenari tersebut terkenal mempunyai suara yang gacor dan bagus.

Selain suaranya yang bagus, burung Kenari impor memiliki mental bertarung yang luar biasa. Maka tak heran, banyak orang yang lebih tertarik memelihara burung Kenari impor daripada lokal. Tak hanya itu, burung Kenari impor juga sering diikutkan lomba karena suaranya yang merdu dan lantang.

Baca juga: 7 Cara Menambah Volume Kenari Menjadi Lebih Keras

Berikut beberapa jenis Kenari yang paling bagus suaranya untuk lomba:

  1. Burung Kenari Holland
  2. Burung Kenari Stafford
  3. Burung Kenari Persia
  4. Burung Kenari Yorkshire
  5. Burung Kenari Lancashire
  6. Burung Kenari Border
  7. Burung Kenari Taiwan
  8. Burung Kenari Merah
  9. Burung Kenari Roller
  10. Burung Kenari Frill

1. Burung Kenari Holland

Jenis burung Kenari Holland (youtube.com)
Jenis burung Kenari Holland (youtube.com)

Burung Kenari Holland mempunyai tubuh yang lumayan besar dan panjang, yakni 13 cm -15 cm. Burung yang dikenal mempunyai kombinasi warna 100 persen ini biasanya memiliki warna bulu bervariasi seperti merah, putih, kuning, hijau, orange, abu-abu tua, dan cokelat.

Jenis burung Kenari Holland dipercaya sangat bagus bila diikutkan lomba atau kontes burung. Pasalnya, burung ini mempunyai kualitas suara kicauan dan mental fighter yang cukup mengagumkan. Di samping itu, suara Kenari Holland lebih tebal dan mempunyai banyak variasi suara dengan alunan lagu yang berulang-ulang.

Baca juga: Perawatan Kenari Lomba Khusus Latihan Mental, Suara Kristal, dan Gacor Panjang

2. Burung Kenari Stafford

Jenis burung Kenari Stafford (pets4home.co.uk)
Jenis burung Kenari Stafford (pets4home.co.uk)

Burung Kenari Stafford paling mudah dikenali karena memiliki jambul seperti topi di bagian kepalanya. Awalnya, Kenari Stafford mempunyai warna bulu dominan merah, tapi sekarang kare sering disilangkan dengan jenis Kenari lainnya, maka warna Kenari Stafford menjadi beragam, di antaranya seperti burung mozaik, abu-abu, cokelat susu, dan pastel.

Burung Kenari Stafford dipelihara karena suaranya bagus dan warna bulunya yang indah. Tak hanya itu, ciri khas topi yang mirip mahkota ini juga menjadi alasan banyak Kenari mania memelihara burung tersebut.

3. Burung Kenari Persia

Jenis burung Kenari Persia (birdsplanet.com)
Jenis burung Kenari Persia (birdsplanet.com)

Burung Kenari Persia mempunyai panjang tubuh 14 cm – 15 cm, mirip dengan burung Kenari Holland. Saat di penangkaran, burung Kenari Persia dikategorikan menjadi tiga, yaitu burung Kenari kelas pertama, kedua, dan ketiga.

Burung Kenari Persia kelas pertama biasanya hasil dari penangkaran profesional. Sementara, Kenari Persia kelas kedua dihasilkan penangkar semi profesional. Terakhir, burung Kenari Persia kelas ketiga dihasilkan oleh peternak amatiran.

4. Burung Kenari Yorkshire

Jenis burung Kenari Yorkshire (500px.com)
Jenis burung Kenari Yorkshire (500px.com)

Burung Kenari Yorkshire sering dijadikan gacoan juara di lomba-lomba burung. Suara burung Kenari Yorkshire sangat gacor, ngeplong, ngerol, dan banyak disukai kicau mania di Indonesia. Tubuh burung Kenari ini termasuk yang terbesar bila dibandingkan dengan burung Kenari sebelumnya. Sebab, panjang tubuh Kenari Yorkshire bisa mencapai 16 cm – 19 cm.

Kenari Yorkshire dapat dikenali dengan ciri tubuh yang berbentuk seperti wortel terbalik. Artinya, tubuhnya besar mulai dari leher, dada, hingga perut, kemudian mengecil di bagian bawah sampai ekor. Warnanya juga mirip dengan wortel yaitu orange. Kendati demikian, terkadang burung Kenari Yorkshire berwarna-warni seperti lurik, mozaik, dan polos.

5. Burung Kenari Lancashire

Jenis burung Kenari Lancashire (pinterest.com)
Jenis burung Kenari Lancashire (pinterest.com)

Burung Kenari Lancashire mempunyai ciri khas yang hampir mirip dengan Kenari Stafford. Soalnya, bagian kepalanya terdapat jambul yang menyerupai topi mahkota hingga menutupi bagian mata. Meski begitu, ada juga Kenari Lancashire yang tidak mempunyai jambul. Tubuh burung Kenari Lancashire merupakan yang terbesar ketimbang Kenari lainnya karena berukuran 20 cm -22 cm.

Loading...

Maka tak heran, banyak kicau mania menyebut Kenari Lancashire sebagai burung Kenari raksasa. Burung ini memiliki warna dominan berwarna kuning.

Baca juga: 12 Fakta Menarik tentang Burung Kenari Lizard Bersisik Kadal yang Jarang Diketahui

6. Burung Kenari Border

Jenis burung Kenari Border (youtube.com)
Jenis burung Kenari Border (youtube.com)

Burung Kenari Border lebih kecil bila dibandingkan dengan burung Kenari lainnya. Namun, banyak kicau mania menyebut burung ini ideal karena memiliki panjang tubuh antara 13 cm -14 cm. Kenari Border didominasi oleh warna kuning jeruk, dan sebagian bersayap cokelat atau hijau. Burung Kenari Border sangat langka dan sulit ditemukan di pasaran.

7. Burung Kenari Taiwan

Jenis burung Kenari Taiwan (pinterest.com)
Jenis burung Kenari Taiwan (pinterest.com)

Burung Kenari Taiwan juga mempunyai tubuh yang ideal yaitu sekitar 14 cm – 15 cm. Namun sayang, suara burung Kenari Taiwan kurang memuaskan, sehingga sebagian kicau mania tidak mengikutsertakan burung berwarna kuning ini ke kontes atau lomba.

Konon katanya, burung Kenari Taiwan juga sulit dimaster suara burung lain dan susah menirukan suara burung lain. Meski begitu, karena warnanya menarik, tak sedikit pula yang memelihara burung Kenari Taiwan di rumah.

Baca juga: 10 Tips Perawatan Burung Kenari untuk Pemula yang Baru Pertama Kali Pelihara Burung

8. Burung Kenari Merah

Jenis burung Kenari Merah (pinterest.com)
Jenis burung Kenari Merah (pinterest.com)

Seperti namanya, burung Kenari Merah mempunyai warna dominan merah. Tubuhnya indah karena jarang ditemui burung Kenari berwarna merah menyala. Selain warnanya yang mencolok, ternyata suara Kenari Merah sangat menggelegar, sehingga banyak kicau mania sering menang dalam lomba.

9. Burung Kenari Roller

Jenis burung Kenari Roller (petpassion.tv)
Jenis burung Kenari Roller (petpassion.tv)

Burung Kenari Roller termasuk Kenari yang paling kecil karena tubuhnya hanya 12 cm – 13 cm saja. Burung Kenari Roller mempunyai warna yang hampir sama dengan Kenari Taiwan yaitu kuning.

Nah, karena bertubuh mungil, suara burung Kenari Roller terdengar rendah tapi jernih. Kendati begitu, burung Kenari Roller mempunyai irama kicauan yang panjang. Tak heran, semua orang menyebut burung ini Kenari Roller.

Uniknya lagi, ketika burung Kenari Roller sedang berkicau, maka paruhnya tidak terbuka. Hanya bagian leher yang terlihat menggelembung. Orang-orang biasanya tak menyadari kalau burung Kenari Roller sedang berkicau.

10. Burung Kenari Frill

Jenis burung Kenari Frill (pinterest.com)
Jenis burung Kenari Frill (pinterest.com)

Burung Kenari Frill terbilang unik karena bulunya acak-acakan. Jadi, bentuk bulu burung Kenari Frill mengarah ke atas, bukan ke bawah. Sekilas, bulu burung Kenari Frill terlihat berumbai-rumbai dan menjadi salah satu burung Kenari terkecil dengan ukuran tubuh 10 cm -11 cm.

Walau kecil, ternyata burung Kenari Frill ada juga yang berukuran besar yaitu panjangnya 21 cm. Suara burung Kenari Frill kurang diunggulkan dan lebih diminati pada bagian bulunya saja.

Baca juga: 5 Cara Cepat Membuat Kenari Gacor dalam Hitungan Hari

Demikian beberapa jenis burung Kenari yang paling bagus suaranya untuk lomba. Dari semua jenis Kenari tadi tidak semuanya sering diikutkan lomba karena terkadang ada kicau mania yang lebih senang melihat corak bulu di tubuhnya saja.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • jenis kenari paling bagus suaranya
  • jenis kenari yang bagus
  • jenis kenari
  • jenis kenari lokal yang bagus
  • warna kenari yang bagus untuk kontes
  • jenis kenari lomba
  • jenis kenari suara paling bagus
  • jenis warna kenari yang bagus
  • jenis kenari yang bagus untuk lomba
  • kenari yg bagus jenis apa

Berikan komentar