7 Jenis Kucing Kampung di Indonesia

Burungnya.com – Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan kucing yang satu ini? Ya, nama Kucing Kampung diberikan untuk kucing lokal atau domestik yang sering berkeliaran di sekitar warung, pasar atau tempat lain.

Dia sebenarnya bukan salah satu jenis kucing favorit, tetapi jika Anda menjaganya dengan sepenuh hati, kucing Kampung akan lebih manis dari yang lain.

Perlu juga diperhatikan fakta yang membuktikan bahwa kucing Kampung memiliki berbagai jenis dan mempunyai ciri khas tersendiri.

Jenis Kucing Kampung

1. Kucing Kampung Merah Bata

Beberapa orang menyebutnya kuning, tetapi jenis ini sebenarnya disebut kucing Kampung bata merah. Mereka paling sering ditemukan di lingkungan rumah warga dan kadang-kadang bahkan disebut sebagai kucing khas di Indonesia.

Kucing ini periang, penurut, tidak pandai berburu, malas, pandai berkelahi, tetapi sangat mudah diatur, dan suka berada di rumah. Yang mengejutkan dari mereka adalah kucing Kampung Merah Bata paling suka makan. Oleh karena itu, siapkan lebih banyak makanan.

2. Kucing Kampung Hitam dan Putih

Yang kedua adalah kucing kampung hitam putih. Dia dikenal memiliki kemampuan berburu yang baik. Namun, perlu diketahui bahwa kucing ini tidak terlalu menyukai dan cenderung menghindari perkelahian.

Di rumah, meski sebenarnya mudah untuk dipelihara, kucing ini memiliki kepribadian yang agak malas. Tetapi Anda harus tahu bahwa semakin tua usia kucing tersebut, maka semakin sulit untuk dikendalikan.

Oh iya, kucing ini lebih banyak betina ketimbang jantan. Mereka juga mudah diatur tapi agak pemalas. Kalau sudah berkelahi, biasanya mereka kalah dari kucing merah bata. Meski demikian, kalau berkelahi dengan kucing lain, mereka cukup tangguh.

Kucing Kampung Putih (mentalfloss.com)
Kucing Kampung Putih (mentalfloss.com)

3. Kucing Kampung Putih

Selanjutnya, kucing kampung putih yang memiliki warna putih bersih. Kucing kampung yang warnya putih selalu menjadi primadona dan favorit banyak orang.

Jenis kucing ini terkenal pintar, suka bermain, aktif, dan energik. Sayangnya, mereka tidak pandai berkelahi atau berburu. Bahkan, kucing ini juga rentan terhadap berbagai penyakit.

Kucing putih harus sering dimandikan atau dibersihkan. Sebab, bulunya yang putih akan menjadi kusam dan mudah terkena penyakit.

Terkadang kucing ini juga unik karena memiliki warna mata yang berbeda antara kanan dan kiri. Nah, sebutan mata yang berbeda satu sama lain ini dinamakan candaramawa.

Kalau di rumah, kucing ini aktif, gesit, dan mudah dilatih. Namun, kucing kampung putih konon katanya tidak terlalu setia dan bisa hilang tiba-tiba.

4. Kucing Kampung Hitam

Beda dengan yang lain, kucing kampung hitam lebih terkesan garang dan maskulin. Kucing hitam dikenal aktif dan memiliki ilmu berburu yang bagus. Walau hitam dan menakutkan, tapi kucing ini dikenal penurut terhadap pemiliknya.

Terkadang kucing ini akan membawa pulang hasil buruan, berupa cicak, tikus, burung, hingga kadal. Namun, kalau urusan berkelahi, kehebatannya masih di bawah kucing kampung merah bata.

5. Kucing Kampung Putih Merah Bata

Yang satu ini merupakan kombinasi kucing kampung putih dan merah bata. Karakter kucing ini aktif dan senang diajak main.

Loading...

Caranya beradaptasi dengan lingkungan cukup cepat, sehingga tidak mudah stres. Namun, saat usianya sudah mulai dewasa, dia lebih suka berkelahi dengan pemiliknya.

Kalau di rumah, kucing putih merah bata ini lebih suka tidur dan malas-malasan. Meski begitu, dia jago juga dalam berburu mangsa.

Kucing Kampung Hitam (readersdigest.co.uk)
Kucing Kampung Hitam (readersdigest.co.uk)

6. Kucing Kampung Kembang Telon

Namanya kembang telon, jadi bulunya ada tiga. Kucing kampung kembang telon hampir 100 persen berkelamin betina. Kalau ada yang kelamin jantan, berarti dia kelainan.

Kucing ini bisa berburu dan berkelahi. Soal kebiasan, dia lebih suka berada di luar rumah daripada di dalam rumah. Tak heran, dia memiliki kemampuan berburu yang cukup hebat dan sempat dijuluki top hunter.

Ibarat kata, kucing kembang telon akan lebih sering menjadi ketua geng di kampung. Sebab, dia jago berkelahi, berburu, dan susah diatur. Karakternya seperti anak bad boy. Jadi, wajar kalau dia sering hilang dan kabur.

7. Kucing Kampung Klawu atau Loreng Abu-abu

Seperti kucing terkenal Maine Coon, Indonesia mempunyai kucing Kampung Klawu atau loreng abu. Secara fisik keduanya hampir sama.

Namun, masih ada perbedaan di antara keduanya, yaitu ketebalan bulu dan ukuran tubuh. Kucing ini mudah dirawat dan tidak rewel. Bahkan, kucing Klawu bisa dilatih dan diajak berlari bersama.

Sayangnya, kucing ini tidak pandai berkelahi. Jadi, Anda harus mendampinginya saat berada di luar rumah.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis kucing kampung yang hidup di Indonesia. Semua kucing tadi pasti sebagian sering Anda jumpai di dekat rumah. Sebab, memang penyebaran kucing-kucing tadi sangat banyak di Indonesia.

Jika Anda seorang pecinta kucing, peliharalah beberapa dari mereka. Kasihan kucing kampung sering mencari makan dari sisa-sisa makanan di tempat sampah. Kalau Anda bisa memberinya makan setiap hari, tentunya akan memudahkan mereka dalam bertahan hidup dan memperbaiki taraf hidupnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!