10 Jenis Kucing Paling Pintar di Dunia yang Cocok Dipelihara

Burungnya.com – Tidak semua jenis kucing pintar. Namun, ada beberapa ras kucing yang bisa dikatakan paling pintar di dunia. Kucing ini dikatakan cerdas karena gampang dilatih, dapat berinteraksi dengan hewan, dan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.

Apakah semua kucing bisa melakukannya? Tentu saja tidak, ini yang menjadikan kami memberikan pernyataan bahwa tidak semua jenis kucing pintar.

Meski begitu, apakah kucing yang dianggap pintar, dia bisa melakukan atraksi layaknya hewan sirkus. Tentu saja tidak, kucing pintar di sini maksudnya kucing yang menurut atas perintah pemiliknya.

Mengerti apa yang kita katakan. Dia juga bisa memahami kondisi psikis kita. Jadi, kalau kita sedang dalam masalah atau bersedih, dia akan datang untuk menghibur.

Bukankah kucing seperti itu termasuk hewan yang pintar. Walau tidak pintar ngomong seperti burung paruh bengkok, tapi kucing bisa mengetahui apa yang diinginkan pemiliknya.

Baca juga: 7 Cara Melatih Kucing Rumahan Jadi Penurut

Jenis Kucing Pintar di Dunia

Jenis Kucing Cerdas (anndzieminanowics.com)
Jenis Kucing Cerdas (anndzieminanowics.com)

1. Kucing Singapura

Seperti namanya, kucing singapura berasal dari jalanan Singapura. Dia datang ke Amerika Serikat di tahun 1970-an dan saat itu masih langka.

Kucing singapura dikenal aktif, suka bermain, selalu ingin tahu, dan suka terlibat dalam aktivitas manusia. Bahkan, dia suka memanjat tempat tinggi dan melompat ke bahu kalian.

2. Kucing Siam

Salah satu kucing paling populer di dunia adalah kucing siam. Kucing ini sudah dikenal lama karena bulunya yang indah.

Kucing Siam sangat pintar, penyayang, dan energik. Dia suka main dan suka diperhatikan. Tahukah Anda, kucing siam bisa menghibur diri sendiri dengan cara bermain sendiri dengan benda-benda di sekitar.

3. Kucing Savannah

Salah satu kucing langka yang cerdas adalah Savannah. Kucing ini terlahir dari perkawinan hewan liar di Afrika dengan kucing domestik.

Namanya, kucing yang indukannya liar, tentu dia lebih aktif dari kucing biasa. Seharusnya dia ditempatkan di ruangan yang luas karena dia suka berlari, melompat, dan bermain.

Kucing Savannah cepat sekali bosan dan butuh perhatian pemiliknya. Hati-hati bila Anda memiliki banyak barang pecah belah di rumah. Sebab, kucing ini suka sekali bermain dengan benda-benda di rumah.

4. Kucing Korat

Anda yang belum tahu, Korat merupakan salah satu provinsi di Thailand. Kucing Korat langka dan dianggap simbol keberuntungan di Thailand.

Yang paling menarik, kucing ini dapat mempelajari trik, contohnya main lempar tangkap, dan berjalan di atas seutas tali.

Kucing ini lebih cepat belajar sesuatu apabila dia diberi hadiah, camilan, dan pujian. Jadi, jangan lupa siapkan semua itu sebelum melatihnya.

Baca juga: 8 Artis Indonesia yang Suka Pelihara Kucing

5. Kucing Havana Brown

Sudah dikenal publik sejak lama, bahwa kucing Havana Brown merupakan kucing yang cantik. Kucing ini relatih langka karena berasal dari kawin silang Siam dengan campuran ras lainnya.

Kucing Havana Brown sangat cerdas, keingintahuannya tinggi, cerewet, suka bersosialisasi, dan cukup energik.

Loading...
Kucing yang Pintar Mencari Perhatian Wanita (bestsmartquotes.com)
Kucing yang Pintar Mencari Perhatian Wanita (bestsmartquotes.com)

6. Kucing Cornish Rex

Beberapa kalangan mengatakan bahwa kucing Cornish Rex lebih mirip anjing. Kemiripan ini bukan dari fisik, melainkan caranya bermain dan tingkat kecerdasannya.

Kucing Cornish suka sekali melakukan permainan lengkap tangkap dan trik main piano. Hebatnya lagi, jarinya yang panjang dapat membuatnya bisa membuka pintu sendiri dan buka lemari.

Kucing dengan bulu bergelombang ini dapat melompat ke tempat tertinggi ruangan Anda. Jadi, selalu waspada ya, takutnya di rumah Anda banyak barang pecah belah.

7. Kucing Bengal

Dari dulu kucing Bengal disukai banyak orang karena bulunya yang eksotis. Ya, semua tahu kucing ini cantik karena mirip dengan jaguar dan macan tutul.

Hal ini wajar, karena kucing bengal merupakan persilangan dari kucing domestik dengan kucing macan tutul asia. Kucing ini sangat pintar, atletis, dan lumayan liar.

Beberapa kucing bengal yang sudah terlatih dapat menyalakan atau mematikan lampu. Dia juga bisa mengeluarkan ikan dari dalam akuarium. Selain itu, barang-barang kecil di dalam laci juga bisa dia obrak-abrik dan dikeluarkan.

8. Kucing Birma

Selanjutnya kucing birma yang pintar, mudah bergaul, gampang beradaptasi, suka main, dan bisa dilatih segala hal.

Apa saja yang bisa dilakukan kucing Birma? Kucing ini bisa duduk, berguling, menoleh saat dipanggil nama, melambai, mengambil mainan kecil, hingga berjalan di atas tali.

Baca juga: 15 Jenis Kucing Paling Mahal di Dunia Hampir Rp 2 Miliar

9. Kucing Balinese

Oh iya, ada lagi namanya kucing Balinese. Dia adalah kucing Siam yang rambutnya panjang. Kucing ini aktif sekali dan suka main dengan manusia.

Kucing Balinese juga cerewet, suka mengambil sesuatu, bisa berjalan di atas tali, dan bisa belajar trik dengan cepat.

10. Kucing Abyssinian

Bagi yang belum kenal, mari berkenalan dengan salah satu kucing terpintar di dunia, namanya kucing Abyssinian. Kucing ini sangat gesit, pintar, atletis, dan penyayang manusia.

Kucing Abyssinian suka sekali ketinggian dan mengawasi dari atas. Abyssinian bisa belajar trik dengan cepat, apalagi kalau dimasukkan dalam kursus ketangkasan kucing.

Kesimpulan

Demikian beberapa kucing paling pintar di dunia yang cocok dipelihara di rumah. Apakah Anda suka dengan kucing pintar atau kucing yang lucu? Bagi sebagian orang, mungkin kucing lucu yang menarik.

Namun, tahukah Anda untuk yang suka main sama kucing, sebenarnya lebih asyik memelihara kucing cerdas. Sebab, mereka seperti mengetahui kondisi emosional Anda, kejiwaan, dan fisik Anda.

Misal Anda sedang murung, biasanya kucing ini tidak akan mengganggu atau justru akan menghibur Anda. Berbeda bila Anda memiliki kucing lucu, mungkin dia terlihat lucu, tapi tidak semuanya bisa mengetahui apa yang sedang Anda alami.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!