18 Jenis Kucing Peliharaan Paling Populer di Indonesia

Burungnya.com – Apakah Anda sedang ingin memelihara kucing jadi hewan peliharaan? Jika iya, Anda harus memahami beberapa jenis kucing yang populer di Indonesia. Harapannya nanti, Anda bisa menyayangi kucing sepenuh hati, bila kucing ini juga dicintai banyak orang.

Tidak perlu bingung dalam memilih jenis kucing. Bila banyak orang yang memelihara kucing tersebut, berarti kucing ini viral dan populer. Biasanya kaklau kucing populer, dia merupakan kucing lucu, lincah, dan menggemaskan.

Walau ada juga kucing populer karena viral di media sosial. Namun, di sini yang dimaksud populer adalah kucing yang banyak disukai orang. Anda yang awalnya tidak terlalu suka kucing, mungkin saja bisa berubah dan membuatnya jatuh cinta.

Baca juga: 10 Jenis Kucing Paling Pintar di Dunia yang Cocok Dipelihara

Jenis Kucing Peliharaan yang Populer

1. Kucing Kampung atau Kucing Domestik

Kucing Kampung (halodoc.com)
Kucing Kampung (halodoc.com)

Tahukah Anda, kucing domestik atau kucing kampung paling populer di Indonesia. Kucing ini sering dipelihara masyarakat karena jumlahnya sangat banyak di lingkungan sekitar.

Perawatan kucing Domestik bisa dibilang mudah karena jenis makanannya hampir sama dengan manusia. Bila pemiliknya sedang makan ikan pindang, maka kucing juga bisa menikmatinya, tentunya di wadah yang berbeda.

Apabila Anda cuma punya tempe dan nasi, maka Anda bisa memberikan dua makanan tersebut. Yang jelas, tempenya harus direbus dahulu agar pencernaan kucing nanti tidak mengalami kendala.

2. Kucing Persia

Kucing Persia (loperonline.com)
Kucing Persia (loperonline.com)

Selanjutnya ada lagi yang namanya kucing Persia. Kucing ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena memiliki tubuh yang indah dan lucu.

Dari raut muka, kucing Persia sudah tampak cantik dan ganteng. Tubuh proporsional dengan bulu yang panjang, membuat kucing Persia cukup menjadi primadona di kalangan masyarakat.

Mayoritas warga Indonesia mempunyai kucing Persia berdarah campuran karena kucing Persia asli harganya sangat mahal. Anda mungkin akan terkejut karena seekor kucing Persia bisa dihargai seperti rumah dan mobil.

Oh iya, perawatan kucing Persia memang sedikit lebih sulit karena Persia merupakan kucing yang tipe pemilih. Jadi, perlu waktu ekstra dan perawatan yang mahal bila ingin memelihara kucing Persia.

Diharapkan Anda sudah memiliki penghasilan sendiri karena kucing ini selalu membutuhkan pengeluaran bulanan yang cukup besar.

Baca juga: 7 Jenis Kucing Persia Terlengkap di Indonesia

3. Kucing Anggora

Kucing Anggora (petvblog.com)
Kucing Anggora (petvblog.com)

Sama seperti kucing Persia, kalau kucing Anggora mempunyai dari tarik tersendiri. Tubuhnya sedikit lebih gendut dengan raut muka yang lebih rata ketimbang kucing Persia.

Hidungnya yang pesek membuat orang-orang ingin memeliharanya. Tahukah Anda, semakin pesek hidung kucing tersebut, maka kucing tadi akan semakin mahal harganya.

Kucing domestik tertua dari Ankara Turkin ini dijual cukup mahal, yakni Rp 1 juta ke atas. Kalau mau yang murah, Anda bisa membeli kucing Anggora campuran kucing kampung. Sebab, harga kucing hasil kawin silang antara kucing Anggora dengan kucing kampung, harganya bisa mencapai ratusan ribu saja.

Coba cari saja kucing Anggora di beberapa grup Facebook, pasti Anda akan mendapatkannya dengan harga miring.

4. Kucing Siam

Bagi yang belum tahu, kucing Siam merupakan kucing ras oriental yang mudah ditemukan di negara Siam Thailand. Anda pasti mudah mengenalinya bila bertemu kucing siam di Indonesia.

Sebab, masih jarang kucing siam di Indonesia. Ciri khas kucing siam yakni bagian wajahnya cenderung hitam seperti gosong. Entah itu gosong karena luka bakar atau memang seperti itu. Kami juga tidak tahu.

Yang jelas dari lahir kucing siam sudah mempunyai muka hitam. Apakah tubuh yang lain juga hitam gosong? Tentu tidak, bagian tubuh yang lain ada warna putihnya.

Bagian hitam bisa ditemukan di sekitar wajah, kaki, telinga, dan bagian belakang tubuhnya. Kalau kucing kitten siam, warna hitamnya terletak di bagian hidung saja.

Ada tiga jenis kucing Siam, di antaranya kucing siam tradisional, kucing siam klasik, dan kucing siam modern. Harga kucing siam ini juga bervariasi yaitu antara ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah.

Baca juga: 15 Jenis Kucing Imut saat Bayi Lengkap dengan Gambar

5. Kucing Ragdoll

Bila dilihat sekilas, Anda mungkin akan bingung saat melihat kucing Siam dengan kucing Ragdoll. Sebab, keduanya memiliki ciri yang hampir sama.

Kucing Siam wajahnya hitam, sementara kucing Ragdoll juga memiliki wajah yang sedikit hitam. Bedanya, bulu hitam di wajah Ragdoll berada di area dahi menyebar ke mata sampai pipi.

Sementara bagian hidung dan mulut kucing Ragdoll justru tidak hitam. Selain itu, tempat ditemukannya kucing ini juga berjauhan dari kucing Siam. Bila tadi siam ditemukan di Thailand, kalau kucing Ragdoll ditemukan sebagai kucing ras terbesar di dunia dan dikembangkan oleh Ann Baker dari Amerika Serikat.

Harga kucing Ragdoll sekitar Rp 3.500.000 – Rp 10.000.000.

6. Kucing Maine Coon

Salah satu ras kucing tertua di dunia adalah kucing Maine Coon. Kucing ini berasal dari Maine Amerika Serikat. Sekilas dia mirip dengan kucing Anggora.

Memang banyak yang bilang kalau nenek moyang kucing Anggora berasal dari ras kucing Anggora. Sehingga kalau keduanya mirip ya wajar sekali.

Meski begitu ada ciri yang begitu kentara di antara keduanya, yaitu kucing Maine Coon memiliki bulu yang lebih lebat di bagian ekor. Kemudian raut muka kucing ini lebih garang dan sangar.

Tak heran kucing ini bisa dipelihara bersama dengan anjing. Walau kucing ini terlihat galak, tapi pada dasarnya kucing yang tenang dan friendly.

Harga kucing Maine Coon relatif mahal karena usia 3-4 bulan saja harganya bisa mencapai Rp 8.000.000. Coba bayangkan kalau kucing tersebut sudah sedikit tua, pasti lebih mahal lagi.

Loading...

7. Kucing Sphynx

Oh kalau kucing yang satu ini terbilang unik karena tidak memiliki bulu sama sekali. Namun, hal tersebut yang menjadikan kucing Sphynx populer dan dihargai mahal.

Bagaimana tidak, seekor kucing Sphynx saja laku dijual seharga Rp 14.000.000. Padahal dia tidak memiliki bulu tapi kenapa harganya mahal? Itu karena dia spesial dan berbeda dari kucing lainnya. Tak heran harganya ikut mahal.

Apakah kalian tidak ingin memelihara kucing Sphynx? Perlu Anda ketahui, perawatan kucing ini bisa dibilang agak susah karena dia tidak punya bulu. Jadi, berhati-hatilah saat cuaca sedang dingin, mungkin dia akan tersiksa.

Baca juga: 8 Jenis Kucing Sphynx, Sejarah, Cara Merawat, dan Harga

8. Kucing Russian Blue

Dari namanya sudah ketahuan bahwa dia merupakan kucing dari Rusia. Ya, kucing Russian Blue memang berasal dari sana. Bulunya yang menjadikan namanya Russian Blue.

Sekilas matanya juga berwarna biru, padahal hijau cerah. Tapi kalau dilihat dengan saksama, justru bulu kucing ini yang abu agak kebiruan. Sehingga tak mengejutkan bila kucing ini dihargai mahal yaitu sekitar Rp 39.000.000.

Kalau harga campuran kucing Russian Blue lebih murah, yakni Rp 900.000 saja. Anda bisa membeli Russian Blue versi ekonomis bila dirasa harga versi aslinya terlalu mahal.

9. Kucing Bengal

Siapa yang tidak terpesona saat menatap jenis kucing populer ini. Siapa lagi kalau bukan kucing Bengal. Kucing ini populer sekali karena bulunya menyerupai macan tutul.

Bila Anda belum pernah melihatnya, mungkin Anda akan ketakutan karena ada anak macan berada di sekitar Anda. Padahal, ini cuma seekor kucing yang bulunya eksotis mirip macan tutul.

Walau terlihat liar, faktanya kucing Bengal cukup tenang dan bisa jinak. Bahkan, dia bisa ramah terhadap pemiliknya bila dirawat dengan baik.

Kucing Bengal asli bisa dijual sekitar Rp 10.000.000. Kalau campuran dengan kucing domestik, harga kucing Bengal bisa turun jauh, yakni Rp 2.500.000.

10. Kucing Munchkin

Ada lagi jenis kucing paling populer di Indonesia, namanya kucing Munchkin. Dia sangat populer karena kaki yang pendek. Aneh bukan, biasanya kaki yang panjang jadi primadona tapi di dunia kucing justru yang pendek jadi populer.

Ya, ini karena kucing kaki pendek jalannya lebih lucu dan menggemaskan. Gerakannya megal megol lucu sekali dibandingkan kucing biasa.

Terlebih kucing ini tipikal kucing mungil jadi perkembangannya agak lama dan selalu kecil mungil menggemaskan. Harga kucing Munchkin yang asli bisa Rp 5.000.000, tapi yang campuran cuma Rp 900.000.

Baca juga: 7 Jenis Kucing Kaki Pendek yang Lucu dan Imut

11. Kucing British Shorthair

Kalau mau kucing dengan bulu karpet, Anda bisa membeli kucing British Shorthair. Sebab, kucing ini bulunya memang halus dan tidak panjang. Jadi, apabila Anda sudah resah dan gelisah saat melihat bulu kucing berjatuhan di mana-mana, coba pelihara kucing tersebut.

Kucing British Shorthair paling enak dibelai karena bulunya halus dan rapi. Namun, harganya juga cukup mahal karena menyesuaikan dengan penampilannya yang memukau. Kalau di pasaran, harga kucing ini sekitar Rp 8.000.000 dan versi campuran sekitar Rp 850.000.

12. Kucing American Shorthair

Walau sama-sama bulu pendek, tapi kucing American Shorthair kurang berkelas bila dibandingkan dengan British Shorthair. Alasannya simpel sebenarnya, dulu sejarahnya kucing ini dipakai untuk menekan perkembangan tikus.

Sehingga pekerjaannya lebih berat dan sedikit rendah. Tak heran, bila kualitas bulu kucing ini sedikit di bawah British Shorthair. Kendati demikian, masih banyak peminat kucing American Shorthair karena harganya yang terjangkau, yaitu Rp 1.300.000.

13. Kucing Scottish Fold

Untuk kucing Scottish Fold letak keunikannya di telinga. Jadi, telinga kucing Scottish Fold itu tidak lurus, melainkan terlipat. Berat kucing ini bisa mencapai 4-6 kg.

Kelebihan kucing Scottish Fold lainnya terletak pada suara keras dan tidak gampang stres. Jadi untuk warga perkotaan, kucing ini sangat cocok tinggal di sana.

Tak kaget, bila kucing Scottish Fold banyak dipelihara oleh masyarakat di kota-kota besar. Untuk harga kucing di perkotaan, mungkin Scottish Fold masih terjangkau.

Harga kucing ini sekitar Rp 6.000.000. Kalau Scottish Fold versi campuran harganya bisa lebih murah, yakni Rp 2.500.000.

Baca juga: 4 Jenis dan Harga Kucing Persia Terbaru 2021

14. Kucing Balinese

Tahukah Anda kucing Balinese termasuk dari kucing oriental yang ditemukan pada kucing siam. Jadi, dari sisi fisik, keduanya masih hampir sama. Wajah kucing ini ada gelap-gelapnya gitu seperti wajah gosong.

Lantas bagaimana cara membedakannya? Kalau dari fisik cukup sulit dalam membedakan keduanya. Namun, kucing Balinese cenderung lebih gelap semuanya, cuma mulut saja yang putih.

Agar akurat, Anda bisa menanyakan pada pemilik kucing atau pemilik penangkaran mana yang kucing Balinese. Ini lebih akurat dan tentu Anda tidak salah dalam membedakan kucing Balinese dan kucing Siam.

15. Kucing Japanese Bobtail

Sejak ribuan abad yang lalu ada kucing unik yang ekornya pendek dan bundel. Kucing tersebut ialah kucing Japanese Bobtail. Sekilas mirip dengan kucing kampung warna orange.

Soalnya dari fisik, dia tipikal kucing yang kuat dan bertenaga. Kalau disamakan dengan kucing kampung mungkin sebelas dua belas karena mirip sekali.

Berapa harganya? Harga kucing Japanese Bobtail ras murni bisa mencapai Rp 7.000.000 sampai Rp 10.000.000. Semakin muda dan berkualitas, biasanya lebih mahal.

16. Kucing Singapura

Salah satu kucing terkecil yang menarik adalah kucing Singapura. Kucing ini mempunyai karakter periang, kepo atau ingin tahu, suka main, tidak suka merusak barang, dan interaktif terhadap manusia.

Kucing ini sekilas mirip kucing Persia tapi bulunya tidak terlalu panjang. Untuk urusan harga jangan ditanya ya, karena kucing ini mahal sekali. Anda bisa membawa pulang kucing Singapura dengna harga Rp 18.500.000 sampai Rp 47.000.000.

Baca juga: 7 Jenis Kucing Kampung di Indonesia

17. Kucing Savana

Ada lagi kucing Savana atau kucing Sabana yang cukup unik karena mirip kucing liar dan buas. Faktanya kucing ini ramah, cerdas, setia, dan suka bersosialisasi.

Dia adalah hasil persilangan antara kucing Afrika, kucing Bengal, kucing Siam, dan kucing Mesir. Sehingga secara fisik, kucing ini mirip kucing Bengal liar.

Jangan kaget bila sudah berbicara soal harga kucing. Pasalnya harga kucing ini bisa dijual seharga Rp 343.000.000 untuk kualitas terbaik.

18. Kucing Manx

Sama seperti kucing Japanese Bobtail, kucing Manx juga memiliki ekor pendek. Kucing ini ekornya sangat pendek dan hampir tidak ada sama sekali.

Ini karena kelainan genetik sehingga ekor kucing Manx pendek. Kucing ini berasal dari Britania Raya atau Island of man. Soal harga, kucing ini bisa dibeli dengan mengeluarkan uang Rp 40.000.000.

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis kucing peliharaan populer di Indonesia dan sekitarnya. Kami menyebutnya populer karena sering dibicarakan masyarakat dan sesekali viral di media sosial.

Kalau Anda sendiri menurut kalian kucing apa yang paling populer? Apakah kucing kampung karena jumlahnya banyak dan penguasa jalanan di Indonesia?

Mungkin Anda memiliki jawaban masing-masing dan berbeda setiap individu. Jadi kami merangkumnya menjadi satu agar Anda lebih mudah mengetahui kucing populer di Indonesia.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Jenis kucing

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!