13 Jenis Kucing Ragdoll dan Fakta Menarik

Burungnya.com – Tahukah Anda, kucing Ragdoll merupakan salah satu jenis ras kucing terbesar di dunia. Hal tersebut sudah diakui oleh Guinness World Records.

Berarti sudah diakui di seluruh dunia bahwa Ragdoll merupakan jenis kucing yang besar. Warnanya cukup unik karena sebagian tubuhnya berwarna putih dan khusus di bagian kepala ada semacam topeng warna hitam.

Sejarah Kucing Ragdoll

Kucing ini dikembangkan pertama kali oleh Ann Baker dari Amerika Serikat. Siapa itu Ann Baker? Dia adalah peternak kucing Persia yang juga pecinta kucing ras Ragdoll.

Ann saat itu meminjam kucing jantan warna hitam dari seorang tetangga bernama Mrs. Pennels.

Bagi yang belum tahu, kucing hitam bernama Blackie ini mempunyai ciri fisik hampir sama dengan ras kucing Persia. Sementara indukannya bernama Josephine warna putih dan mirip dengan ras kucing Anggora.

Baca juga: 18 Jenis Kucing Peliharaan Paling Populer di Indonesia

Suatu ketika induknya tertabrak mobil, dan cuma bisa terbaring di jalan selama beberapa hari. Setelah ditemukan pemiliknya, kucing tersebut dibawa ke rumah sakit hewan. Sebelah matanya rusak.

Kemudian setelah sembuh, kucing warna putih boleh dibawa pulang. Kucing tersebut kembali hamil dan melahirkan anak. Setelah lahiran, Josephine jadi jarang sakit dan lebih tenang.

Jenis Kucing Ragdoll dan Fakta Kucing Ragdoll (unsplash.com)
Jenis Kucing Ragdoll dan Fakta Kucing Ragdoll (unsplash.com)

Ann jadi semakin jatuh hati sama kucing Josephine. Dia ingin mengembangkan keturunannya. Josephine memiliki anak jantan lainnya yang diberi nama Daddy Warbucks.

Josephine akhirnya disilangkan dengan Blackie dan Daddy. Lalu terciptalah ras baru yaitu Ragdoll. Dari informasi yang beredar, Ragdoll memiliki tiga ras berbeda yaitu Persia, Burmese, dan Birman.

Kucing Ragdoll terus dikembangkan dan di tahun 1971, Ann mendirikan organisasi khusus penggemar Ragdoll. Suatu ketika ada pasangan suami istri yang beli sepasang ras kucing Ragdoll.

Mereka membeli kucing Ragdoll untuk membuat standar dan menstabilkan sifat genetik dari ras Ragdoll serta bisa diakui semua pendaftaran kucing.

Setelah dilakukan pengembangbiakan yang ketat, akhirnya didapat sifat-sifat standar ras kucing Ragdoll.

Lalu mereka mendirikan organisasi Ragdoll Fanciers Club International (RFCI) untuk membuat aturan dan panduan bagi para peternak kucing Ragdoll.

Baca juga: Asal Usul Kucing Himalaya dan Cara Merawat

Karakteristik Kucing Ragdoll

  • Tubuh kucing Ragdoll besar dan lebar.
  • Berat badan kucing jantan 5-9 kg.
  • Berat badan kucing betina 5-7 kg.
  • Bulu Ragdoll cukup panjang atau medium.
  • Tekstur bulu seperti Kelinci.
  • Ragdoll punya pola warna bicolor atau dua warna, mitted, vandan point, solid, lynx, dan tortie.

Kepribadian Kucing Ragdoll

Kucing ini mudah beradaptasi dengan hewan lain, contoh kucing lain, anjing, hingga hamster. Ragdoll cukup vokal dan sering mengeong dibandingkan kucing lainnya.

Selain itu, kucing Ragdoll jinak dan manja terhadap pemiliknya. Ini sama seperti kucing Persia yang terkenal jinak dan suka dimanja.

Loading...
Ragdoll (catappy.com)
Ragdoll (catappy.com)

Fakta Kucing Ragdoll

1. Kucing Janus Tertua

Kucing janus adalah kucing yang terlahir dengan dua wajah. Ini disebabkan oleh cacat bawaan yang sangat langka disebut diprosopia. Ada kucing Ragdoll dengan rekor kucing janus tertua yaitu Frankie dan Louie.

Kucing tersebut bisa hidup lama sampai 15 tahun. Dia memiliki satu otak, dua mata (mata tengah tak berfungsi), dua hidung, dan dua mulut.

Baca juga: Jenis Kucing Terkecil di Dunia dan Cirinya

2. Kucing Ragdoll Peringkat Teratas di Cat Fanciers Association

Tahukah Anda kucing Ragdoll pernah menduduki peringkat teratas di Asosiasi Pemelihara Kucing tahun 2018 atau Cat Fanciers Association 2018.

3. Kucing Lambat Dewasa

Banyak yang belum tahu bahwa kucing Ragdoll cukup lambat dewasa. Kucing ini dianggap dewasa kalau sudah berusia 4 tahun. Nah, seiring bertambahnya usia, warna bulu Ragdoll juga berubah-ubah.

4. Bulu Kucing Ragdoll Tidak Terlalu Rontok

Beda dengan yang lain, bulu kucing Ragdoll tidak terlalu banyak yang rontok. Anda bisa merawat bulu Ragdoll dengan menyisirnya setiap beberapa hari sekali.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok Paling Mudah

5. Kucing Ragdoll Seperti Boneka Ragdoll

Kucing ini ternyata sesuai namanya, dia gemar didandani seperti boneka Ragdoll. Tidak dipungkiri bahwa kucing Ragdoll akan sangat suka bila diberi pakaian kucing, dikasih wig, dan lain-lain.

Kucing Himalaya (catfoodinsider.com)
Kucing Himalaya (catfoodinsider.com)

6. Kucing Ras Terbesar

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, bahwa kucing Ragdoll merupakan salah satu ras kucing terbesar. Kucing bisa memiliki berat sekitar 9 kg. Namun, perlu Anda waspadai bila kucing terlalu besar karena banyak penyakit yang mungkin menyerang kucing Anda.

7. Mata Biru Cerah

Salah satu ciri khas kucing Ragdoll adalah dia memiliki mata biru cerah. Fakta kucing Ragdoll asli memiliki mata biru. Kalau Ragdoll campuran matanya biru tua, hijau, emas, dan lain lain. Mata kucing ini berubah sesuai usianya.

8. Warna Bulu Berubah karena Suhu

Kucing Ragdoll mempunyai gen pengubah untuk mencegah pigmen berkembang pada bulu dan menyebabkan albinisme. Perubahan pigmen bulu ini terjadi di suhu 37-39 derajat Celcius.

Perubahan bulu juga berlangsung saat dalam kandungan atau terpapar suhu yang panas. Saat suhu 37 derajat Celcius, gen warna bulu kembali aktif.

Baca juga: 5 Merek Vitamin Bulu Kucing dan Cara Pemakaian

9. Bukan Kucing Ras Tua

Oh iya, kucing Ragdoll bukan termasuk jenis kucing ras tua. Sebab, usia kucing Ragdoll kurang dari 100 tahun. Jadi, kalau ada kucing berusia 100 tahun lebih, berarti itu kucing luar biasa dan legend.

Kesimpulan

Demikian jenis ras kucing Ragdoll dan fakta menarik. Kami juga menjelaskan beberapa sejarah, karakteristik, tekstur, hingga kepribadian.

Kucing Ragdoll termasuk kucing yang spesial karena masuk salah satu kucing ras terbesar di dunia. Bayangkan beratnya saja bisa mencapai 9 kg. Bawa gas 3 kg dan beras 5 kg saja berat, apalagi kucing Ragdoll 9 kg.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!