8 Jenis Kucing Sphynx, Sejarah, Cara Merawat, dan Harga

Burungnya.com – Salah satu kucing mahal tanpa bulu adalah kucing Sphynx. Kucing ini terlihat eksotis karena tidak mempunyai bulu sama sekali. Kemunculan kucing Sphynx ternyata dari seekor kucing lokal atau kucing kampung dari Kanada.

Bayangkan ada satu ekor kucing tanpa bulu di Kanada. Dia tidak memiliki bulu karena mutasi genetik. Kemudian, saat melahirkan, ternyata anak kucing tersebut juga tidak mempunyai bulu.

Sejarah Kucing Sphynx

Kami akan menceritakan sedikit tentang sejarah kucing Sphynx. Seperti yang kita bahas sebelumnya, awalnya dia merupakan kucing kampung yang telah mengalami mutasi genetik.

Kemudian dia kawin dengan kucing kampung lainnya dan melahirkan kucing tanpa bulu. Ras kucing ini dinamakan Canadian Hairless.

Pihak Cat Fanciers Association atau CFA mengganggap kucing tanpa bulu merupakan kucing tidak normal. Menurut mereka juga kondisi tersebut dapat menyulitkan kucing dalam bertahan hidup, sehingga pengembangbiakannya dihentikan saat itu.

Tidak berselang lama, kucing Sphynx terlahir kembali dari indukan kucing domestik. Kucing ini tidak berasal dari Kanada, tapi dari Minnesota, Amerika Serikat.

Peternak kucing Georgina Gattenby bereksperimen dalam pengembangbiakan ras kucing tanpa bulu. Dia mengawinkan anak kucing tadi dengan ras kucing Devon Rex.

Hasilnya sungguh di luar dugaan, kucing tersebut benar-benar tanpa bulu sehelaipun, sehat, serta bugar. Nah, hasil kawin silang itu tadi dinamakan Sphynx diambil dari nama patung Sphynx di Mesir.

Jadi, kucing Sphynx tidak berasal dari Mesir melainkan Kanada di tahun 1960-1970 ke atas. Cuma nama yang mirip patung Sphynx di Mesir.

Baca juga: 15 Jenis Kucing Paling Mahal di Dunia Hampir Rp 2 Miliar

Setelah dikenal masyarakat, kucing Sphynx didaftarkan di beberapa organisasi pendaftaran ras kucing, seperti berikut:

  • American Association of Cat Enthusiasts
  • Federation Internationale Feline
  • The International Cat Association
  • Canadian Cat Association
  • Cat Fanciers Association

Jenis Kucing Sphynx

Jenis Kucing Sphynx dan Asal Usul (thehugger.com)
Jenis Kucing Sphynx dan Asal Usul (thehugger.com)

Ternyata setelah mengalami perkawinan berkali-kali, anakan kucing Sphynx menjadi beragam. Jenis kucing Sphynx juga bervariasi dengan bentuk dan fisik yang eksotis.

1. Kucing Sphynx

Asal usul kucing Sphynx dari Kanada. Dulu dia ditemukan di tahun 1960 sampai 1970-an. Orang sering memanggilnya kucing gundul karena tidak mempunyai bulu.

Harga kucing Sphynx terbilang mahal, yaitu antara Rp 1.800.000 sampai Rp 25.000.000 per ekor. Selain mahal, perawatan kucing Sphynx juga cukup sulit.

2. Kucing Don Sphynx atau Donskoy

Ada nama lain yang melekat pada kucing ini di antaranya Don Hairless, Hairless Russian, dan Don Bald Cat atau Donskoy.

Dinamakan Donskoy karena berasal dari kota Rostov on Don. Dia saat itu diselematkan oleh Elena Kovalyova dan muncul pertama kali di tahun 1987.

3. Kucing Sphynx Peterbald

Tak lama berselang, tepatnya tahun 1993, kucing Sphynx dikawinkan dengan kucing sian dan kucing oriental. Dari situ lahirlah kucing Peterbald.

Kucing Peterbald lahir pertama kali tahun 1994. Dia hasil kawin silang kucing jantan Donskoy warna cokelat mackerel dengan kucing betina oriental warna tortoiseshell.

Warna kucing Sphynx ini menjadi sangat eksotis. Sehingga harganya melambung tinggi di kisaran Rp 14.000.000 – Rp 72.000.000.

Baca juga: 25 Fakta dan Mitos Kucing Hitam di Seluruh Dunia

4. Kucing Sphynx Elf

Tahukah Anda kucing Elf berasal dari kawin silang kucing Sphynx dengan kucing American Curl. Ternyata benar, setelah lahir, kucing ini tidak berbulu dan memiliki telinga khas dari kucing American Curl.

5. Kucing Sphynx Dwelf

Kemudian ada lagi yang lebih eksotis karena kaki kucing Sphynx Dwelf pendek dengan telinga yang unik.

Loading...

Ternyata kucing ini terlahir dari hasil kawin silang kucing Sphynx, American Curl, dan kucing Munchkin.

6. Kucing Sphynx Bambino

Selanjutnya ada lagi kucing tanpa bulu tapi kakinya juga pendek, yaitu kucing Bambino. Kucing bisa begitu, karena dikawinkan silang antara kucing Sphynx dengan kucing Munchkin.

7. Kucing Sphynx Ukraina Levkoy

Ada lagi kucing tak berbulu yang unik karena telinga terlipat. Kucing ini adalah Ukraina Levkoy. Hasil perkawinan kucing Sphynx dengan kucing Scottish Fold menjadikan telinganya terlipat.

8. Kucing Sphynx Kohana

Untuk kucing Kohana masih belum terlalu jelas indukannya. Namun, kucing ini merupakan kucing tanpa bulu jenis baru. Dia benar-benar tidak memiliki folikel rambut sehingga diberi nama Hawaiian Hairless atau Kohana.

Kemungkinan kucing ini hasil kawin silang Don Sphynx dengan Sphynx Kanada. Sayangnya hal tersebut belum bisa dikonfirmasi kebenarannya.

Baca juga: 5 Jenis Kucing Hutan Hampir Punah Tidak Boleh Dipelihara

Cara Merawat Kucing Sphynx

Seperti yang kami sampaikan di atas, perawatan kucing Sphynx bisa dibilang cukup sulit. Sebab, kucing ini tidak memiliki bulu sama sekali.

Sehingga kulit kucing ini mudah sekali kotor. Minyak, keringat, serta air liur, akan mudah menempel di kulit.

Anda harus sering membersihkan kucing Sphynx. Paling tidak seminggu sekali kucing Sphynx harus grooming.

Apabila Anda ingin memandikan kucing Sphynx, maka pilih shampo bayi yang mengandung pelembab. Gosok secara perlahan kulitnya, terutama di bagian lipatan.

Pelihara kucing Sphynx di dalam rumah karena kulitnya mudah terbakar saat berada di bawah sinar matahari. Selain itu, mandikan kucing ini secara rutin agar tubuhnya selalu bersih.

Walau tidak berbulu, bagi Anda yang alergi kucing, Sphynx masih bisa menimbulkan reaksi alergi. Jadi, jangan dikira kucing tanpa bulu bisa menghilangkan reaksi alergi ya.

Oh iya, suhu tubuh kucing Sphynx lebih tinggi dari kucing pada umumnya. Jadi, walaupun tidak memiliki bulu, dia tidak akan kedinginan. Meski begitu, dia jangan diletakkan di ruangan ber-AC yang terlalu dingin.

Baca juga: 8 Artis Indonesia yang Suka Pelihara Kucing

Harga Kucing Sphynx 2021

Harga Kucing Sphynx (theoutline.com)
Harga Kucing Sphynx (theoutline.com)

Kami telah mengumpulkan beberapa harga kucing Sphynx di Indonesia. Harga kucing ini diambil di tahun 2021. Jadi bisa dijadikan acuan saat Anda akan membelinya.

  • Kucing kitten Sphynx mata biru = Rp 6.410.000
  • Sphynx jantan 20 bulan pintar kawin = Rp 7.500.000
  • Kucing Sphynx betina dewasa = Rp 9.000.000
  • Sphynx jantan = Rp 4.700.000
  • Kucing Sphynx Elf jantan = Rp 19.000.000
  • Sphynx jantan = Rp 5.500.000
  • Kucing Sphynx betina = Rp 5.000.000
  • Sphynx lucu = Rp 5.500.000
  • Kucing Sphynx jantan berkualitas = Rp 6.000.000
  • Bambino jantan dan Sphynx betina = Rp 32.500.000
  • Kucing ras Sphynx = Rp 8.000.000
  • Sphynx female = Rp 8.000.000
  • Kucing Sphynx jantan = Rp 6.000.000
  • Kitten Sphynx betina = Rp 5.000.000
  • Kucing Sphynx jantan 5 bulan = Rp 4.250.000
  • Sphynx jantan 4 bulan murah = Rp 3.500.000
  • Kucing Sphynx betina kitten Munchkin Bambino = Rp 5.000.000

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis kucing Sphynx yang kami tambahi info sejarah, asal usul, cara merawat, dan harga. Kucing Sphynx terkenal mahal dan perawatannya cukup sulit.

Sehingga kucing Sphynx perlu diberi perhatian khusus. Kasihan kalau sudah keluar uang banyak, tapi kucing dibiarkan begitu saja. Terlebih kucing ini tidak punya bulu, jadi lebih sensitif.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!