10 Jenis Mainan Kucing Terbaik Sesuai dengan Usia

Burungnya.com – Dari dulu kucing adalah hewan peliharaan yang dapat dijadikan sahabat karib. Kucing mempunyai beragam jenis dan sifat yang berbeda-beda. Untuk hiburan, Anda bisa membelikan mainan kucing dengan berbagai jenis.

Tujuan pemberian mainan agar kucing lebih aktif. Kucing yang aktif tubuhnya akan ideal dan kepintarannya bertambah. Berbeda kalau dia tidak pernah main dan hanya tidur aja, kucing akan menjadi gendut dan obesitas.

Mainan kucing bisa menjadi alat olahraga yang efektif. Ada beberapa jenis mainan kucing terbaik yang membuat kucing tidak bosan dan selalu aktif.

Baca juga: 20 Harga Baju Kucing Lucu Murah sampai Mahal

Kucing dikasih mainan biar hubungan kalian lebih dekat lagi. Kalau Anda merasa tidak punya waktu bersama, lebih baik mintalah bantuan keluarga untuk mengajaknya main.

Jenis Mainan Kucing (amazon.com)
Jenis Mainan Kucing (amazon.com)

Cara Pilih Mainan Kucing Terbaik

Untuk menambah aktivitas kucing Anda bisa membelikan beberapa jenis mainan kucing. Namun, Anda jangan sembarangan membelikan mainan kucing.

Sebab, mainan kucing disesuaikan dengan usia kucing. Misalnya, kucing kitten dapat diberi mainan pancingan bulu, mainan boneka, gigitan, dan lain-lain.

Kalau kucing dewasa, Anda dapat memberikan mainan yang mengeluarkan bunyi, gerak cepat, dan bercahaya. Tujuannya agar naluri berburu kucing tidak menghilang.

Ukuran mainan kucing juga harus diperhatikan. Jangan sampai kucing kecil diberi mainan yang besar, takutnya nanti dia kejatuhan mainan tersebut.

Baca juga: 15 Perlengkapan Wajib untuk Memelihara Kucing

Jenis Mainan Kucing Terbaik

Ada berbagai jenis dan karakter kucing. Kucing yang suka berburu biasanya suka mainan pancingan ikan atau bulu. Kemudian apabila kucing suka main sendiri, Anda dapat memberikan mainan bola.

1. Boneka Tikus

Salah satu mainan yang wajib dimiliki adalah boneka tikus. Mainan ini ada yang bisa bergerak sendiri dan ada pula yang bisa bunyi. Kucing yang diberi mainan ini dipastikan bakal lebih aktif dan tangkas.

2. Mainan Pancingan Bulu

Ini mirip dengan pancingan tapi bukan mancing ikan, melainkan pancingan yang ujungnya diberi bulu. Ada juga yang ujungnya dikasih lonceng agar berbunyi nyaring.

Anda seperti sedang memancing kucing. Kucing yang penasaran dia akan mengejar mainan ini dan bahkan menggigitnya. Mainan ini cocoknya untuk kitten.

Mainan Anak Kucing (telegraph.co.uk)
Mainan Anak Kucing (telegraph.co.uk)

3. Boneka Ikan

Tahukah Anda, sekarang ada boneka ikan yang bisa bergerak sendiri. Ini bukan untuk mainan di air, tapi cuma sekadar mainan agar mirip dengan ikan yang sesungguhnya.

Oh iya, versi lain dari boneka ikan adalah di dalamnya ada yang diberi tanaman kering bernama catnip. Kucing akan suka mainan ini karena wangi.

Baca juga: 18 Cara Menjinakkan Kucing Biar Dipanggil Datang

Loading...

4. Play and Scratch

Selanjutnya ada mainan kucing namanya Play and Scratch. Mainan ini mempunyai jalur bola untuk kejar-kejaran kucing dan bulu pom untuk mainan kucing.

Lebih menarik lagi, karena mainan ini dilengkapi dengan alas untuk menggaruk cakar dan menggaruk gigi. Ini mainan versi lengkap dan bermanfaat untuk kucing.

5. Lampu Senter Laser

Ternyata kucing suka penasaran saat melihat cahaya. Anda bisa membeli laser yang bisa mengeluarkan cahaya berbentuk tikus, ikan, hingga telapak kucing.

Mainan ini cukup mengasyikkan bagi kucing dan pemiliknya. Pasalnya, kucing akan mengejar ke manapun sinar laser diarahkan.

Mainan Kucing yang Bagus (figopetinsurance.com)
Mainan Kucing yang Bagus (figopetinsurance.com)

6. Mainan Bola

Kalau Anda ingin memberikan mainan bola untuk kucing, maka Anda harus memilihkan yang kecil tapi tidak bisa masuk ke dalam mulut.

Soalnya, bahaya kalau kucing bisa mainan bola lalu memakannya. Nanti takutnya Anda sedang tidak fokus kepadanya, dan dia malah menelan mainan tersebut.

7. Cat Wobbler

Mainan kucing yang lebih bermanfaat adalah Cat Wobbler. Ini adalah tempat makan kucing sekaligus mainan kucing. Jadi, bila kucing mau makan, dia akan mengeluarkan makanan kering.

Baca juga: 18 Jenis Kucing Peliharaan Paling Populer di Indonesia

8. Rainbow Ball

Ada lagi yang menarik di mainan kucing, yaitu Rainbow Ball. Mainan ini warna-warni dan bisa jadikan untuk gigitan anak kucing. Apabila anak kucing Anda sedang belajar menggigit, maka Anda dapat memberikan Rainbow Ball.

Mainan Kucing Terbaik (marthastewart.com)
Mainan Kucing Terbaik (marthastewart.com)

9. Pohon Kucing

Rumah kucing yang berbentuk pohon, selain bisa untuk tempat istirahat, rumah ini juga bisa dijadikan tempat bermain di ketinggian. Pasalnya, kucing bisa memanjat tinggi dan turun kembali.

10. Mainan Kucing Bentuk Tikus Remote Control

Apabila Anda ingin mainan kucing yang seru, belikan dia tikus remote control. Bila selama ini hanya mobil yang bisa dikontrol gerakannya dengan remote, sekarang ada mainan remote control bentuk tikus.

Ukurannya sama seperti tikus sungguhan. Namun, tikus ini bisa bergerak dan dikontrol mau lari ke mana. Sehingga kucing akan semakin penasaran dan mengejarnya.

Baca juga: 7 Jenis Kucing Persia Terlengkap di Indonesia

Kesimpulan

Demikian beberapa mainan kucing terbaik sesuai dengan usianya. Apabila kucing anakan, dia bisa diberi mainan pancingan ikan atau bulu dan boneka ikan.

Kalau kucing dewasa, Anda bisa memberikan mainan yang bisa mengeluarkan bunyi, gerakan, hingga cahaya. Soalnya, mainan seperti ini membutuhkan energi lebih banyak dan meminta kucing untuk aktif bergerak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!