Skip to content

13 Jenis Makanan Burung Cendet Harian Agar Cepat Gacor

Jenis Makanan Burung Cendet (besgroup.org)

Burungnya.com – Apa saja makanan burung Cendet? Burung Cendet sering dipelihara untuk klangenan atau masteran. Alasannya burung ini mempunyai variasi suara yang beragam. Bahkan, burung Cendet pintar meniru suara burung lain. Kepintaran burung ini berkat pemberian makanan yang bergizi.

Apa saja makanan burung Cendet untuk harian? Apakah burung Cendet bisa diberi makan pisang? Kalau diberi makan Cendet, berapa jumlahnya? Terus, apakah makanan burung Cendet atau Pentet dewasa dan anakan sama?

Makanan Burung Cendet Harian

Pertanyaan seperti ini sering muncul di benak pecinta burung. Kira-kira apakah Anda sudah mengetahui jawabannya? Kalau tentang jumlah jangkrik, tentunya tergantung dari pemilik burung masing-masing, begitu juga tentang pemberian buah pisang.

Nah, sekarang mari membahas tentang makanan yang bagus untuk burung Cendet. Pakan ini bisa berupa buah-buahan, serangga, voer, hingga pakan racikan.

Makanan Burung Cendet Harian (flickr.com)

Makanan Burung Cendet Harian (flickr.com)

1. Buah untuk Cendet

Untuk burung Cendet, Anda bisa memberikan buah pepaya, buah pisang, hingga apel. Ini sekalian menjawab pertanyaan Anda tentang apakah burung Cendet bisa makan pisang.

Buah pepaya kaya akan vitamin A, B, C, E, magnesium, kalium, asam panthotenic, flavanoid, dan lain-lain. Sementara, buah pisang mengandung karbohidrat yang tinggi. Sehingga pemberian pisang jangan terlalu banyak, takutnya burung kegemukan dan malas bunyi.

2. Serangga untuk Cendet

Sudah pasti kalau berbicara tentang serangga yang paling bagus untuk burung Cendet adalah jangkrik. Selain jangkrik, ada juga serangga yang mengandung banyak protein seperti kroto, cacing, ulat bambu, belalang muda, orong-orong, hingga ulat hongkong.

Setiap serangga memiliki fungsi masing-masing. Ada serangga yang bagus untuk kesehatan dan membuatnya gacor. Ada juga serangga yang membuat burung over birahi. Oleh karena itu, sebaiknya pemilihan jenis serangga juga harus dipikirkan sebelumnya.

3. Voer Cendet

Di kios burung hingga toko online sudah banyak yang jual voer khusus Cendet. Kandungan voer sudah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh burung Cendet. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir burung akan kekurangan gizi.

Merek voer untuk Cendet bermacam-macam. Anda bebas memilih merek apa saja yang penting sesuai dengan kantong. Jangan membeli voer mahal kalau khasiatnya sama saja dengan voer biasa.

4. Pakan Racikan Cendet 1

Bahan-bahan:

  • Tepung jagung 2 kg
  • Tahu putih 1 kg
  • Telur ayam 2 butir
  • Ikan 1 kg
  • Tomat 2 buah

Cara membuat:

  1. Bersihkan sisik ikan dan dagingnya diblender sampai halus.
  2. Tahu putih dan tomat dipotong kecil-kecil seukuran dadu.
  3. Kemudian seluruh bahan dicampur jadi satu.
  4. Bagian cangkang telur juga dicampur, tapi sebelumnya ditumbuh dulu sampai halus.
  5. Kalau sudah tercampur, bahan dikeringkan menggunakan over selama 30 menit.
  6. Yang penting jangan sampai makanan Cendet gosong.
  7. Selanjutnya jemur makanan racikan tadi di bawah sinar matahari.
  8. Jika racikan Cendet sudah kering, berikan makanan tersebut ke burung Cendet.

5. Pakan Racikan Cendet 2

Bahan-bahan:

  • Wortel 3 buah
  • Tomat 2 buah
  • Buah gojiberry 1/4 kg
  • Voer ayam 1/2 kg
  • Ikan 1/4 kg
  • Jangkrik 1/4 kg

Cara membuat:

  1. Bahan dari buah-buahan diblender halus.
  2. Ikan dan jangkrik digiling atau diblender.
  3. Campurkan semua bahan menjadi satu dan aduk sampai merata.
  4. Jemur bahan di bawah sinar matahari sampai kering.
  5. Berikan makanan racikan ke burung Cendet.
  6. Anda bisa memberikan makanan dalam bentuk adonan atau dicetak dulu dengan mesin pencetak voer.

6. Buah Pisang

Ternyata makanan burung Cendet paling favorit adalah pisang kepok. Di tempat kami pisang dua biji cuma Rp 2.000. Belikan pisang tersebut untuk konsumsi burung Pentet selama 4 hari.

Sebab, 1 buah pisang bisa dimakan sampai 2 hari. Nanti setelah 2 hari, biasanya buah pisang akan menghitam dan mengeras kulitnya. Lebih baik dalam kondisi ini pisangnya dibuang saja dan diganti yang baru.

Saran kami pilih pisang yang agak muda, tapi sudah berwarna kuning. Alasannya pisang muda lebih tahan lama. Anda bisa memberikan pisang tersebut selama 3 hari pasti kondisinya masih bagus.

Namun kadang pisang sudah habis dalam sehari bila burung Cendet cukup lahap.

7. Buah Pepaya

Alternatif makanan burung Cendet adalah buah pepaya. Buah ini kandungan seratnya tinggi. Sehingga pasti buah pepaya bagus untuk sistem pencernaan Cendet.

Walau demikian, berikan buah pisang seukuran pisang kepok saja atau selebar tiga jari orang dewasa. Porsi ini cukup untuk dua hari. Namun, karena pepaya dikupas kulitnya, Anda bisa memberikan pepaya dalam jumlah lebih sedikit. Alasannya sudah pasti karena pepaya mudah busuk.

8. Jangkrik

Cara Ternak Jangkrik untuk Pakan Burung Kicau (trubus.id)

Cara Ternak Jangkrik untuk Pakan Burung Kicau (trubus.id)

Burung kicauan seperti Cendet pasti suka sekali diberi makan jangkrik. Jumlah pemberian jangkrik cukup 3 ekor pagi dan 3 ekor sore. Anda bisa menambah porsinya bila dirasa kurang.

Jangkrik bukan makanan utama, tapi bisa mendongkrak stamina Cendet. Bila Cendet sehat, nanti burung jadi rajin bunyi dan gacor. Kandungan protein pada jangkrik juga cukup tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan burung.

9. Ulat hongkong

Apakah ulat hongkong baik untuk burung Cendet? Selama diberikan dalam porsi yang tepat, ulat hongkong bisa diberikan sebagai selingan jangkrik.

Ukuran tubuh ulat hongkong tidak terlalu besar atau terlalu kecil, sehingga bisa sekali lahap. Porsi ulat hongkong tidak perlu terlalu banyak cukup 5 ekor saja.

Soalnya, ulat hongkong sifatnya panas. Takutnya burung Cendet over birahi atau bulunya rontok.

10. Ulat kandang

Untuk pakan EF burung Cendet paling ringan yaitu ulat kandang. Namun, sekali lagi jangan memberikan ulat kandang berlebihan. Soalnya, ulat kandang juga bersifat panas.

Ya, walau ukuran ulat kandang kecil, tapi pemberiannya cukup satu sendok teh saja. Anda bisa mengira-ngira apabila tidak memiliki sendok teh.

11. Kroto

Bagaimana mungkin burung kicau tidak diberi kroto? Sebab, kroto termasuk pakan EF paling bergizi untuk burung Cendet. Makanan burung Cendet yang satu ini kandungan proteinnya tinggi sekali.

Namun, di beberapa daerah mungkin mulai jarang menemukan kroto alam. Meski begitu Anda tidak perlu khawatir karena kroto semut rangrang hasil ternak juga bagus sekali.

12. Belalang

Manfaat Belalang untuk Burung Kicau (treknature.com)

Manfaat Belalang untuk Burung Kicau (treknature.com)

Nah, perlu digarisbawahi belalang yang bagus untuk burung Cendet adalah belalang hijau kecil. Mengapa yang warnanya hijau? Soalnya, belalang cokelat kayu terkadang keras sekali dan sebagian beracun.

Daripada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan lebih baik berikan belalang atau walang hijau saja. Pemberian belalang ini cukup seminggu sekali ya atau paling sering 3 hari sekali.

13. Cacing tanah

Burung Cendet bisa diberi cacing tanah. Cari cacing tanah di kondisi tanah gembur atau agak lembab. Biasanya cacing tanah paling banyak ditemukan di dekat area pohon pisang dan pembuangan air.

Porsi cacing tanah cukup 1 ekor saja yang ukuran sedang. Jangan beri cacing besar seukuran pensil, nanti burung Cendet malah takut. Pemberian cacing tanah pada Cendet cukup seminggu sekali.

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan burung Cendet harian agar cepat gacor. Nah, karena jenis makanan Cendet cukup beragam, Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan makanan tadi secara bergantian dan terjadwal.

Baca juga:

Misalnya, hari Senin (voer dan buah), Selasa (voer, serangga dan buah), Rabu (voer, pakan racikan dan buah), dan seterusnya. Yang penting burung tidak cepat bosan. Pemberian pakan bervariasi ini agar Cendet cepat gacor dan mendapatkan asupan gizi yang melimpah.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • Makanan burung cendet
  • apa saja makanan burung cendet
  • cendet biar sehat dan gemuk
  • makanan pokok pentet
  • makanan pur burung pentet
  • pur buat cendet gacor
  • sayuran untuk burung cendet
  • voer ayam untuk cendet

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.