Makanan Burung Hantu Celepuk (fandom.com)

10 Jenis Makanan Burung Hantu Celepuk

Burungnya.com – Pemberian makanan pada burung Hantu tidak boleh sembarangan, terlebih burung Hantu Celepuk. Burung ini cukup banyak dipelihara masyarakat. Biasanya burung Hantu Celepuk dipelihara sejak kecil agar cepat jinak. Namun, sebenarnya pemilihan makanannya tergantung dari ukuran atau besar kecilnya tubuh burung.

Sederhananya begini, burung Hantu besar diberi makanan yang berukuran cukup besar. Sementara, burung Hantu kecil diberi makanan yang ukurannya kecil. Anda bisa memotong kecil-kecil makanan tersebut agar mudah dicerna oleh burung.

Cara Memberi Makan Burung Hantu Celepuk (youtube.com)
Cara Memberi Makan Burung Hantu Celepuk (youtube.com)

Jenis Makanan Burung Hantu Celepuk

Sekarang mari membahas tentang jenis makanan burung Hantu Celepuk. Ada berbagai pilihan makanan yang bisa diberikan pada burung Hantu Celepuk selain jangkrik. Makanan tersebut di antaranya sebagai berikut:

  1. Jangkrik
  2. Cacing Putih
  3. Kecoa
  4. Burung Gereja
  5. Daging Ayam
  6. Ikan Mas
  7. Burung Emprit
  8. Siput
  9. Tikus Putih
  10. Burung Puyuh Kecil

Cara Memberi Makan Burung Hantu

Kalau burung Hantu muda atau anakan bisa diberi makanan dengan cara dipotong kecil-kecil. Tujuannya agar burung Hantu mini bisa mengunyahnya dengan mudah. Sedangkan burung Hantu dewasa bisa diberi makan dalam keadaan hewan hidup. Selain lebih bagus, burung Hantu tersebut bisa berlatih berburu dan memiliki naluri berburu yang tinggi.

Untuk pemberian makanan jangkrik pada burung Hantu, Anda harus memotong dulu kaki-kaki gergajinya. Sebab, kaki jangkrik berduri dan tajam. Kalau tidak dipotong, kaki tersebut bisa tersangkut di tenggorokan dan menyakiti organ pencernaan burung Hantu Celepuk.

Kondisi Makanan Burung Hantu

Seperti yang sempat kami jelaskan, makanan burung ini harus hidup atau segar. Namun, jika burung Hantu masih terlalu kecil, Anda bisa membunuh makanannya dan memotong kecil-kecil. Sebaiknya, makanan yang dihidangkan dalam keadaan mati, harus segera diberikan agar tidak basi dan menimbulkan penyakit.

Loading...

Intinya boleh memberikan makanan dalam keadaan mati, tapi harus segar dan fresh. Pakan tersebut memang mati tetapi baru saja dimatikan sehingga masih segar dagingnya.

Minuman Burung Hantu

Tidak hanya memberi makanan, burung Hantu juga harus diberi minuman. Mengapa burung Hantu harus dikasih minum? Alasannya, burung Hantu agar tidak dehidrasi, sistem pencernaan lebih lancar, dan tubuh lebih segar.

Jenis minuman bisa yang sederhana saja, termasuk air kran, air putih, dan minuman yang Anda minum sehari-hari. Tidak perlu memberi minuman yang mahal, tapi pastikan saja minuman burung Hantu selalu dalam keadaan bersih dan tidak tercemar.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mengetahui apa saja jenis makanan burung Hantu Celepuk. Mungkin jenis burung Hantu yang lain ada yang makanannya sama dan ada pula yang berbeda. Sebab, makanan burung Hantu bisa dibedakan berdasarkan jenis burung Hantu.

Baca juga:

Yang perlu Anda perhatikan, makanan burung ini harus sesuai dengan ukuran tubuhnya. Tujuannya agar burung Hantu Celepuk mudah dalam memakan makanan tersebut. Kemungkinan sisa makanannya ada yang dimuntahkan lagi. Namun, hal tersebut tidak masalah karena sisa makanan ini memang tidak bisa dicerna sehingga dimuntahkan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • makanan burung celepuk selain jangkrik
  • burung hantu celepuk
  • Burung hantu sejati
  • makanan burung celepuk
  • pakan celepuk agar gemuk dan tidak kurus

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!