Jenis Pakan Burung Puyuh (walesonline.co.uk)

8 Jenis Makanan Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur

Burungnya.com – Dulu burung Puyuh cuma sekadar untuk ternak daging dan petelur. Sekarang burung ini juga dilombakan suaranya. Bahkan lebih unik lagi karena lomba burung Puyuh dilakukan malam hari. Kemarin sempat viral lomba burung Puyuh karena sudah ada pakem penilaian sama seperti burung kicau lainnya.

Namun, sebagian besar masyarakat masih fokus pada sektor ternak daging dan telur. Untuk lomba burung Puyuh sepertinya peminatnya masih sedikit karena cuma hiburan semata. Kalau Anda ingin fokus di ternak, maka segala persiapan harus dilakukan termasuk, makanan burung Puyuh, perawatan, pemilihan indukan, kondisi kandang, dan lain-lain.

Kali ini kami tidak akan membahas semuanya, melainkan cuma terfokus pada pembahasan tentang pakan burung Puyuh. Sebab, cepat lambatnya perkembangan burung dan telur tergantung dari makanan.

Jenis Makanan Burung Puyuh (pagespoultry.co.uk)
Jenis Makanan Burung Puyuh (pagespoultry.co.uk)

Jenis Makanan Burung Puyuh

1. Bekatul atau Dedak Padi

Di Indonesia, warga lebih familiar dengan sebutan bekatul atau katul. Kalau dedak padi, sepertinya hanya orang di wilayah barat saja. Makanan ini sebenarnya merupakan limbah sisa pengolahan padi sebelum menjadi beras.

Walaupun cuma limbah sisa, tetapi di dalam bekatul terdapat kandungan protein serta sumber energi yang melimpah. Burung Puyuh yang memakannya pasti akan lebih sehat pencernaannya karena mengandung serat.

Namun, ada baiknya bekatul jangan disimpan terlalu lama karena kandungan lemaknya tinggi. Sehingga bisa keluar bau yang tidak sedap dan menggumpal.

2. Sorgum

Banyak yang belum tahu, bahwa sorgum dapat dijadikan pakan burung Puyuh. Makanan ini mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi dari jagung, tetapi cuma ditemukan di beberapa daerah saja.

Kandungan di dalam sorgum salah satunya xantofil. Selain itu, sorgum juga mengandung nutrisi yang tinggi, dan antinutrisi seperti tanin. Kandungan tanin ini menyebabkan protein sulit dicerna. Jadi, lebih baik berikan sorgum dalam keadaan tidak berwarna agar kandungan taninnya rendah.

3. Jagung

Biji jagung mengandung karbohidrat yang baik untuk sumber energi burung. Biasanya jagung dicampur makanan lain karena biaya untuk membeli jagung lumayan mahal. Meski begitu, bagi Anda yang ingin hasil yang bagus, jangan perhitungan dalam memberikan jagung.

4. Tepung Tulang

Apa itu tepung tulang? Perlu Anda ketahui bahwa tepung tulang sebenarnya adalah sisa dari pemotongan hewan. Tulang hewan tersebut direbus sampai agak lunak dan matang. Kemudian tulang dikeringkan dan digiling sampai menjadi tepung.

Ternyata kandungan di dalam tepung tulang ini banyak, di antaranya kalsium dan phospor. Manfaat kedua kandungan ini dapat membuat telur lebih banyak, telur lebih kuat, dan burung Puyuh cepat bertelur.

Loading...

5. Dedak Gandum atau Pollard

Tadi sudah diberi dedak padi, sekarang tambahkan dedak gandum atau pollard. Dedak gandum ini bagus untuk burung Puyuh petelur. Kandungan lumayan banyak, seperti lemak, protein, dan serat kasar. Anda harus berhati-hati dalam memberi dedak gandum karena terdapat serat kasar yang bisa mengganggu saluran pencernaan.

6. Singkong atau Ketela

Burung Puyuh juga bisa diberi singkong atau ketela. Kandungan yang terdapat pada singkong hampir sama dengan jagung. Sehingga bisa dipastikan singkong bagus untuk burung Puyuh. Walau hampir sama, tapi kandungan proteinnya tidak terlalu tinggi. Selain itu, jangan memberikan singkong pahit karena mengandung sianogenik glukosida atau kandungan antinutrisi.

7. Pelet Pakan Puyuh

Anda bisa membeli pelet khusus pakan burung Puyuh di kios hewan atau pasar hewan. Biasanya pelet tersedia dalam jumlah besar. Anda yang pelihara beberapa ekor Puyuh mungkin akan rugi. Namun, bila Anda memiliki peternakan burung Puyuh, maka berikan pelet saja karena kandungannya sudah lengkap dan bergizi.

8. Makanan Burung Puyuh Sendiri

Selain beli, Anda juga bisa membuat makanan burung Puyuh sendiri. Cara membuatnya cukup membutuhkan tiga bahan saja, seperti jagung, bekatul dan minyak CPO. Pakan ini masih harus dicampur pakan pabrikan agar lebih bergizi.

Cara membuatnya mudah, Anda cukup mencampurkan pelet atau pakan burung Puyuh broiler. Bentuk makanan tadi seperti butiran jagung kecil-kecil. Campurkan semua bahan agar pakan lebih lengket dan bekatul bisa menempel.

Perbandingan makanan ini yakni 3 : 1 : 1. Pakan pabrikan atau pelet 3, jagung 1, dan bekatul 1. Pemberian pakan ini jangan setiap hari tapi cukup seminggu sekali.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis pakan burung Puyuh agar cepat bertelur. Makanan ini ada yang bisa diberikan setiap hari, tetapi ada pula yang diberikan seminggu sekali. Alasannya, karena kandungan di dalam makanan tadi tidak sama. Sehingga, ada sebagian jenis makanan yang justru menimlbulkan gangguan pencernaan.

Jadi, Anda harus memilah-milah lebih jeli tentang pemilihan jenis makanan burung Puyuh. Anda jangan sampai salah pilih karena makanan tersebut berpengaruh pada perkembangan telur dan tubuh burung Puyuh.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Burung puyuh
  • Cara pakan agar puyuh bertelor
  • jenis puyuh petelur
  • makanan puyuh aduan
  • pasaran burung puyuh jantan ocehan

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!