6 Jenis Makanan Untuk Kucing Sakit

Burungnya.com – Sebagai pemelihara kucing yang sakit, Anda pasti akan bingung ketika kucing Anda sedang tidak baik-baik saja. Selain itu, saat kucing sakit, Anda perlu memikirkan makanan yang tepat.

Apalagi jika kucing Anda terkena penyakit seperti diare, sulit untuk berpikir bahwa itu mudah, seperti merawat satu hewan peliharaan.

Perlu diingat bahwa kucing juga kurang suka dalam hal mengganti makanan dengan makanan asing. Perut kucing menjadi sangat sensitif ketika sakit. Nafsu makan berkurang hingga tubuh kurus.

Dalam hal ini, Anda harus bertindak cepat. Untuk membantu kucing yang sakit kembali sehat normal, pilih makanan yang tepat untuk kucing sakit di bawah ini.

Makanan Kucing Sakit

Tanda Kucing Sakit (tufts.edu)
Tanda Kucing Sakit (tufts.edu)

1. Memberi makan makanan bayi

Mungkin membingungkan mendengar bahwa salah satu dari pilihan adalah memberi makan kucing dengan makanan bayi.

Namun, banyak orang yang memelihara kucing mengatakan bahwa memberi mereka susu bubuk memiliki efek positif pada kucing mereka.

Para ahli mengklaim bahwa makanan tersebut juga mengandung taurin, salah satu nutrisi terpenting untuk kucing. Taurin membantu menyembuhkan kucing Anda.

Makanan ini dibuat dengan cara yang sangat sederhana, karena bayi tidak dapat menangani makanan yang mengandung bahan berbahaya yang terlalu tinggi.

Namun, perlu diingat bahwa makanan bayi bukanlah pilihan yang tepat dalam jangka panjang.

Baca juga: 

2. Campuran Obat dan Tuna

Jika Anda pernah ke dokter hewan, Anda mungkin telah diberi obat untuk menyembuhkan penyakit kucing Anda.

Tidak dapat disangkal bahwa obat-obatan hewan memiliki efek yang luar biasa pada pemulihan kucing Anda.

Namun, ini bisa terjadi jika kucing sedang minum obat. Perlu diingat bahwa rasa dan bentuk obat yang diberikan mungkin berbeda dengan selera kucing.

Salah satu cara yang benar adalah dengan mencampurkan tuna kalengan dengan obat yang diberikan. Hal ini dilakukan untuk menyembunyikan rasa asli dari obat tersebut.

Ingatlah bahwa yang harus Anda lakukan hanyalah tidak menyajikan tuna kalengan. Ikan tuna ini menghambat kesembuhan kucing Anda bila diberikan obat ini sudah dimakan hewan peliharaan Anda.

3. Makanan Nasi Ayam Untuk Kucing Anda

Makanan Manusia yang Boleh Dimakan Kucing (thehappycatsite.com)
Makanan Manusia yang Boleh Dimakan Kucing (thehappycatsite.com)

Anda mungkin tahu bahwa makanan kucing dan anjing sangat berbeda. Namun, kedua hewan ini makan makanan yang sama ketika mereka sakit.

Bagi yang belum tahu, nasi dan ayam adalah kombinasi dua makanan yang dipercaya ampuh untuk menyembuhkan kucing Anda yang sakit.

Para ahli percaya bahwa campuran nasi dan ayam, selain rasanya yang dapat diserap oleh lidah kucing, adalah makanan yang sempurna untuk kucing.

Faktanya, campuran ayam dan nasi tidak memiliki rasa yang terlalu sempurna jika dibandingkan dengan ikan tuna.

Namun, jika Anda ingin memberikan makanan yang sehat dan tepat untuk hewan yang sakit, pilihlah makanan ini sebagai penyembuh.

4. Pasta dan daging giling

Campuran makanan yang satu ini sedikit berbeda dengan campuran nasi dan ayam. Jika nasi dan ayam tidak lagi cukup untuk kucing sakit dan dianggap terlalu umum, pilihan lain adalah pasta dan daging giling.

Campuran pasta dan daging cincang mungkin tidak biasa ditambahkan manusia ke piring.

Untuk kucing, pasta dan daging giling mengandung nutrisi seperti campuran nasi dan ayam.

Anda harus ingat cara memasak pasta dan daging giling ini. Sebelum mencampurnya, masak dulu kedua makanan tersebut. Rebus daging sapi cincang, bukan tumis.

Daging sapi giling yang digoreng bisa melukai perut kucing yang sakit. Pemilik kucing juga menganggap makanan ini sangat cocok.

5. Makanan Sup untuk Kucing

Makanan Kucing Bulu Rontok (mypetandi.com)
Makanan Kucing Bulu Rontok (mypetandi.com)

Sekarang, bentuk dan jenis makanan lain untuk kucing sakit adalah memberikannya dalam bentuk cair. Saat sedang sakit, Anda pasti akan memilih makan makanan berupa sup? Ini juga berlaku untuk hewan peliharaan kucing Anda.

Salah satu sup yang bisa Anda berikan kepada kucing Anda adalah sup ayam. Sup ini dianggap kaya nutrisi yang mengalir ke perut kucing dan menenangkan perut.

Resep sop ayam ini juga sangat sederhana. Ambil sekitar seperempat dari kaldu ayam sambil mencampur ragi dan obat yang diberikan oleh dokter hewan.

Campur bahan dengan air dan jus tomat dan didihkan sebentar.

6. Bunga Dandelion

Jangan kaget jika teman Anda menyarankan untuk memberi kucing Anda yang sakit bunga dandelion.

Bagi mereka yang tidak tahu, bunga dandelion mungkin merupakan makanan yang baik untuk kucing Anda.

Para ahli percaya bahwa bunga dandelion mengandung nutrisi yang menyembuhkan alergi dan membantu pencernaan kucing.

Caranya sederhana dan sangat mudah untuk memberikan bunga dandelion ini. Anda hanya perlu memotong bunga dandelion menjadi potongan-potongan kecil, cuci bersih dan keringkan sampai airnya habis.

Namun, sebelum memberikan bunga dandelion ini, pastikan kucing yang sakit tidak alergi terhadap bunga dandelion.

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan untuk kucing sakit tanpa keluar banyak uang. Sebab, makanan ini sejatinya dibuat sendiri di rurmah, bukan beli kemasan.

Makanan kucing sakit yang kemasan juga banyak, tapi alangkah lebih hemat budget bila Anda membuatnya sendiri.

Selain itu, Anda nanti bisa memberikan makanan tersebut bila sewaktu-waktu kucing sakit lagi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.