5 Jenis Masteran Lovebird yang Bagus dan Cara Memaster Lovebird

Burungnya.com – Kira-kira masteran Lovebird yang bagus berasal dari jenis burung apa? Mungkin beberapa kicau mania sempat mempertanyakan masalah tersebut. Soalnya, pemilihan jenis burung untuk masteran Lovebird begitu penting. Jika salah memberikan masteran burung, maka bisa berakibat fatal.

Semisal, jika Lovebird sampai kemasukan masteran suara burung Kedasih, maka suaranya menjadi rusak. Harga jual Lovebird tersebut akan menurun drastis dan kemungkinan malah tidak ada yang mau membelinya.

Itu tadi segelintir contoh buruk kalau sampai salah memaster Lovebird. Oleh karena itu, pemilihan jenis burung masteran Lovebird sangatlah penting. Lantas burung apa saja yang dapat dijadikan masteran Lovebird yang bagus untuk paud dan dewasa?

Berikut beberapa jenis burung yang bagus untuk memaster Lovebird:

Loading...

1. Burung Cililin

Suara burung Cililin terdengar nyaring dan tajam. Sehingga kalau digunakan untuk masteran Lovebird, maka hasilnya akan istimewa. Lovebird bisa cepat ngekek panjang. Terlebih kalau Lovebird masih paud, daya serap memorinya semakin tinggi.

2. Burung Kenari

Melatih mental Kenari (avesypajaros.com)
Melatih mental Kenari (avesypajaros.com)

Tak berbeda jauh dengan burung Cililin, suara burung Kenari yang mengalun dan ngerol menjadi masteran Lovebird yang bagus. Tak hanya itu, burung Kenari juga mempunyai suara dan irama yang lebih bervariasi sehingga bagus untuk masteran burung.

3. Burung Tengkek

Untuk masteran Lovebird lainnya, Anda bisa menggunakan burung Tengkek. Namun, jika Anda tidak memiliki burung tersebut, Anda bisa mencari suara masteran di aplikasi, YouTube, atau suara masteran burung MP3 lainnya.

Karakter suara burung Tengkek terdengar tajam dan rapat, sehingga bagus untuk masteran Lovebird Paud.

4. Burung Cucak Jenggot

Hampir sama dengan tiga jenis burung sebelumnya, ternyata suara burung Cucak Jenggot juga bisa dijadikan alternatif masteran suara burung Lovebird. Kelebihan masteran Lovebird ini dapat menambah variasi suara Lovebird, terutama untuk karakter Lovebird latah.

5. Belalang Kecek

Walang Kecek (youtube.com)
Walang Kecek (youtube.com)

Ternyata belalang kecek bisa dipakai untuk masteran Lovebird yang bagus. Selain Lovebird, belalang kecek juga dapat digunakan untuk masteran burung Murai Batu, Kacer, Cendet, Lovebird, dan lain-lain.

Suara belalang kecek atau walang kecek sangat keras, bahkan suaranya sampai terdengar dalam radius 50 meter. Belalang ini di Malaysia dan China justru dilombakan karena suaranya yang keras.

Demikian beberapa jenis masteran Lovebird yang bagus dan sekarang saatnya untuk membahas cara memaster Lovebird yang benar.

Cara Memaster Lovebird

Sebenarnya ada berbagai cara memaster Lovebird, tapi yang paling benar sebagai berikut:

  1. Anda dapat memaster Lovebird saat burung tersebut masih paud atau anakan.
  2. Pemasteran Lovebird menggunakan suara burung sejenis, seperti burung Cililin, Cucak Jenggot, Ciblek, dan lain-lain.
  3. Masteran Lovebird sebaiknya dipilih dari burung masteran yang suaranya keras.
  4. Jika tak memiliki burung-burung masteran, tak masalah karena Anda bisa menggunakan rekaman suara masteran burung atau aplikasi suara burung. Putar tiga jenis suara burung masteran sekaligus dan putar ulang secara otomatis.
  5. Namun, jika Anda mempunyai beberapa burung masteran, maka Anda cukup menggantangnya di antara burung-burung masteran tersebut (dalam satu ruangan).
  6. Jangan lupa Anda juga harus menempel Lovebird dengan burung masteran setiap hari. Setidaknya, burung masteran tersebut selalu berada di sisinya kapan saja dan di mana saja.
  7. Proses cepat lamanya pemasteran, tergantung dari kepintaran Lovebird, lokasi pemasteran Lovebird, jenis burung masteran, dan usia Lovebird.
  8. Ada baiknya melakukan proses pemasteran Lovebird saat sedang mabung. Alasannya karena Lovebird sedang istirahat ganti bulu dan tidak berkicau. Biasanya saat-saat seperti ini Lovebird lebih berkonsentrasi mendengarkan suara masteran. Sehingga suara masteran Lovebird lebih cepat masuk.

Itulah beberapa cara memaster Lovebird yang benar. Namun, perlu diperhatikan pula bahwa keberhasilan memaster Lovebird juga tergantung dari karakter Lovebird masing-masing. Jadi, walau jenis burung masterannya sama, belum tentu hasilnya sama.

Baca juga: Cara Mengetahui 20 Karakter Lovebird saat di Lapangan atau Lomba

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan disimpan sendiri tapi bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • masteran lovebird yang bagus

Berikan komentar