Jenis Merpati Balap di Indonesia (mongabay.co.id)

13 Jenis Merpati Balap di Indonesia yang Mengagumkan

Burungnya.com – Akhir-akhir ini pembasan kami masih terkait dengan burung Merpati. Burung yang dulu dijadikan alat komunikasi ini sekarang mulai banyak dilirik banyak kalangan, terutama jenis Merpati Balap. Apa yang menarik dari burung Merpati Balap?

Burung ini dapat terbang dengan kecepatan 65-80 km/jam. Bahkan, dalam satu hari, burung Merpati ini dapat terbang sangat jauh yakni sekitar 965 km. Khusus burung Merpati Balap, dia mampu terbang 5 meter di atas permukaan tanah. Sementara burung Merpati Tinggian bisa terbang setinggi 150 meter di atas permukaan tanah.

Cukup spesial bukan, dibandingkan jenis burung yang lain. Burung Merpati juga terkenal sangat mencintai pasangan. Orang-orang sering melatih hubungan kedekatan keduanya sampai mereka berdua giring keket.

Nah, berbicara tentang Merpati Balap di Indonesia, berikut beberapa jenis Merpati Balap paling menakjubkan di Indonesia. Nantinya, kami akan mengelompokkan jenis Merpati tersebut berdasarkan tipenya.

Jenis Merpati Balap Terbaik di Indonesia (kakinesia.com)
Jenis Merpati Balap Terbaik di Indonesia (kakinesia.com)

A. Tipe Terbang Merpati Balap

1. Merpati Full Wing

Burung Merpati Balap ini akan terlihat bulat penuh kepakan sayapnya, bahkan hampir menutup sempurna. Sampai saat ini Merpati Balap Full Wing sangat populer dan jadi incaran para pecinta Merpati.

2. Merpati Tipe 3/4

Kepakan sayap Merpati Balap tipe 3/4 tidak menutup penuh, hanya 3/4 saja. Burung ini kurang populer dibandingkan Merpati Balap Full Wing.

3. Merpati Tipe 1/2

Burung ini tidak diminati pecinta Merpati karena terbangnya setengah-setengah. Biasanya kalau balapan sering kalah. Mungkin karena kepakan sayapnya cuma terbuka setengah saja.

B. Tipe Langkah Merpati Balap

1. Merpati Langkah Panjang atau Satu-satu

Sayap Merpati Balap ini agak jarang-jarang. Dia tidak terbang cepat tetapi lompatan langkahnya panjang. Pegangan Merpati Balap seperti ini cenderung panjang. Sayap serta lari Merpati ini juga panjang. Jadi, dapat dipastikan burung ini sangat ideal untuk lomba Merpati Balap jarak jauh lebih dari 1.000 meter.

2. Merpati Langkah Rapat atau Rapid

Burung Merpati ini memiliki kepakan sayap yang cepat dan cenderung ngotot ingin menang. Langkah burung ini agak pendek tapi ideal untuk diperlombakan sebagai Merpati Balap Sprint atau lomba cepat jarak pendek, misalnya 500 meter.

3. Merpati Kombinasi atau Hybrid

Bisa dibilang ini merupakan Merpati Balap kekinian dan disukai para pecinta Merpati. Alasannya, langkah burung ini panjang dan ngotot. Gaya terbang sprint bagus dan menjadi idaman pecinta Merpati.

C. Tipe Jalur Merpati Balap

1. Merpati Jalur Atas

Burung Merpati Balap ini akan terbang tinggi sampai setengah jarak sebelum sampai ke joki. Saat turun, Merpati ini akan menukik tajam dengan kemiringan yang curam. Biasanya jenis Merpati Balap ini diikutkan dalam lomba jarak jauh.

Loading...

2. Merpati Jalur Tanggung

Saat Merpati ini dilepas maka dia akan terbang tanggung tidak terlalu tinggi atau tidak terlalu rendah. Jadi terbangnya setengah-setengah kemudian menurik turun mendekati joki.

3. Merpati Jalur Bawah

Mayoritas burung Merpati yang terbang jalur bawah, dia merupakan Merpati Balap tipe balap sprint. Jarak lomba Merpati Sprint lebih dekat sehingga saat burung terbang, dia akan selalu berada di bawah atau terbang rendah.

4. Merpati Jalur L atau Kombinasi

Sekali lagi, berbicara tentang burung Merpati kombinasi pasti sangat disukai pecinta Merpati. Burung ini saat dilepas akan terbang naik ke atas dan saat sampai ke tengah dia akan terbang rendah sprint, seolah-olah membentuk huruf L.

D. Tipe Masuk Merpati Balap

1. Merpati Tembak Keras atau Nulup

Burung seperti ini kalau jokinya kurang pengalaman maka dapat menyebabkan burung cedera dan joki juga cedera. Sebab, Merpati Balap akan tembak keras atau meluncur cepat dan ngotot terbangnya. Sehingga waktu sampai ke joki, kecepatannya masih sangat cepat dan tidak berkurang sedikitpun.

2. Merpati Tembak Sedang atau Rapid

Cara terbang burung ini agak sedang jadi tidak terlalu cepat. Sehingga masih aman untuk burung Merpati Balap atau jokinya. Kecepatannya saat mendekati joki tidak terlalu cepat atau tidak terlalu lambat.

3. Merpati Tembak Halus

Burung Merpati ini katanya tidak diminati pecinta Merpati. Hal ini karena burung kurang cepat, kurang greget, lambat, sehingga tidak ada tantangannya untuk joki. Saat terbang terlihat halus sekali sampai rasanya seperti orang berjalan dari satu titik ke titik lainnya.

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis Merpati Balap di Indonesia yang paling mengagumkan. Anda biasa memilih jenis Merpati yang mana? Sebab, setiap Merpati mempunyai karakter dan tipe terbang yang berbeda. Sebagai joki berpengalaman, tentu dia akan memilih Merpati Balap tipe cepat.

Baca juga:

Walau nantinya cukup sulit ditangkap, tetapi burung Merpati seperti ini penuh tantangan. Berbeda bila dibandingkan dengan Merpati tipe lambat yang terbangnya lama sekali. Sehingga banyak pecinta Merpati kurang menyukainya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • kepakan sayap merpati yang cepat

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!