Skip to content

Jenis Murai Batu Golden Shama Unik dan Langka

Jenis Murai Batu Golden Shama (facebook.com)

Burungnya.com – Ada salah satu jenis Murai Batu unik dan langka yang tahun kemarin sempat viral, namanya Murai Batu Golden Shama. Murai ini memiliki warna yang beda dari biasanya.

Anda pasti kaget mengapa Murai ini terlihat berbeda. Biasanya Murai Batu memiliki warna hitam dan cokelat. Namun, Murai Batu Golden Shama warna didominasi warna putih dan cokelat keemasan di tubuhnya.

Ini berbeda dengan Murai Batu albino karena mata Murai Batu Golden Shama masih hitam. Sehingga matanya tidak mengalami masalah saat dijemur di bawah sinar matahari.

Baca juga: Harga Murai Batu Albino Langka Rp 750 Juta

Asal Usul Murai Batu Golden Shama

Nah, karena penasaran kami mencari tahu asal usul Murai Batu Golden Shama. Pencarian kami terhenti pada laman Facebook Peternak Murai Batu Prestasi BSM BF Bandung.

Mereka sering sekali memposting burung Murai Batu Golden Shama. Bahkan, ada beberapa postingan yang menceritakan bagaimana bisa menghasilkan Murai Batu Golden Shama.

Ternyata Murai ini berasal dari Murai Batu Professor Xavier (Prof X), indukan jantan pencetak Golden Shama. Murai Prof X ini berasal dari hutan di daerah Padang Sidimpuan, Sumatera Utara.

Murai Batu Golden Shama (facebook.com)

Murai Batu Golden Shama (facebook.com)

Pemilik burung mengatakan bahwa dia mendapat burung ini dari adik seorang teman yang kebetulan mengepul Murai Batu dari pemikat Murai di hutan di tahun 2015 silam.

Sang pemikat bercerita bahwa ini unik dan langka karena selama lebih dari 40 tahun memikat burung, baru pertama kali dia mendapatkan Murai Batu warna mutasi Golden Shama.

Ada salah satu komentar dari Darto yang mengatakan bahwa “Aku saja yang tinggal di Padang Sidimpuan tidak pernah melihat Murai seperti ini di hutan, apalagi kios burung. Semoga Lestari.”

Baca juga: 3 Gaya Bertarung Murai Batu yang Unik dan Cara Melatihnya

Apakah Murai Batu Golden Shama Albino?

Sempat kami bahas sedikit di atas, apakah Murai Batu Golden Shama adalah burung albino? Jawaban pemilik burung, Murai Batu Golden Shama bukan albino atau cremino.

Sebab, burung ini mempunyai warna mata gelap. Sementara burung albino dan cremino matanya merah.

Genetik Murai Batu Golden Shama bukan dihasilkan dari perkawinan antar indukan normal (split), tapi merupakan hasil dari kombinasi perkawinan antar dua gen mutasi yang berbeda atau multiple alleles.

Jadi dua warna jenis indukan mutasi unik menghasilkan warna gold 100 persen dan tidak ada split yang dihasilkan.

Perlu Anda ketahui, kemungkinan dua mutasi yang berbeda bertemu di alam liar, probabilitasnya sangat kecil sekali 0,000 persen. Jadi ini murni keajaiban atau bisa dibilang kebetulan.

Burung ini masih muda terlihat seperti warna kuning keemasan. Apakah nanti kalau dia sudah tua, warnanya akan menjadi putih polos? Ternyata warnanya tetap tidak berubah.

Baca juga: Murai Batu Ekor 42 Cm Terpanjang di Indonesia

Cara Mencetak Murai Batu Golden Shama (facebook.com)

Cara Mencetak Murai Batu Golden Shama (facebook.com)

Cerita Saat Mendapatkan Murai Batu Golden Shama

Sedikit cerita tentang genetik Murai Gold yang keluar di peternakan BSM BF Bandung. Di awali dari dapatnya dua ekor burung dengan warna unik yang didapat dari alam tahun 2013 silam.

Untuk pertama kalinya, dua jenis indukan mutasi unik menghasilkan 100 persen warna gold dengan warna mata gelap.

Sebenarnya bisa dikatakan bahwa untuk mencetak Murai Batu Gold Shama hanya bisa dihasilkan dari breeding di aviary atau penangkaran kalau di alam liar sangat sulit. Jadi, ini merupakan satu-satunya dan bisa dibilang istimewa.

BSM BF Bandung mulai ternak Murai Batu mutasi gold selama hampir 8 tahun. Untuk mencetak Murai Batu Golden Shama jantan memerlukan waktu yang lama.

Anakan Murai Batu Golden Shama

Anakan Murai Batu Golden Shama

Hal ini disebabkan karena inheritance yang dimiliki mutasi gold adalah s3x-linked. Burung jantan gold hanya dapat diciptakan dengan cara mengawinkan indukan betina gold dengan split / trah gold jantan atau golden jantan.

Dari pengalaman breeding yang sudah dihasilkan, burung Murai Batu Gold yang dikawinkan dengan splitnya, apabila anaknya mutasi gold, maka burung tersebut pasti betina.

Baca juga: 18 Jenis Burung Murai Batu Terpopuler di Indonesia dan Mancanegara

Harga Murai Batu Golden Shama

Banyak kicau mania yang menanyakan harga Murai Batu Golden Shama. Di postingan Facebook Peternak Murai Batu Prestasi BSM BF Bandung dipenuhi dengan komentar “PM harga bos”.

Padahal, diketahui harga Murai Batu ini sangat mahal. Tahun 2021 kemarin, Prio Exellent pernah menawar Murai Batu Golden Shama seharga Rp 250.000.000 (250 juta) tapi tidak diberikan.

Ada kemungkinan harganya dua kali lipat atau lebih, mengingat Murai Batu Golden Shama begitu langka dan spesial. Ibarat kata, cari di hutan sulit dan kalau diternak juga sulit. Jadi enaknya beli aja, tapi harganya mahal.

Jika Anda mau merogoh uang sekitar Rp 500.000.000 (500 juta) ke atas kemungkinan burung ini baru dilepas. Namun, ingat burung ini bisa dijadikan investasi jangka panjang karena sangat langka dan peminatnya banyak.

Anda beli Murai Golden Shama Rp 500 juta, beberapa tahun lagi, harganya mungkin bisa naik jadi Rp 1 miliar. Ini sekadar gambaran karena Murai Batu warna gold ini sangat langka di pasaran.

Kesimpulan

Demikian jenis dan asal usul Murai Batu Golden Shama yang unik dan langka. Setelah adanya penangkaran BSM BF Bandung, semoga burung yang langka ini menjadi lestari dan berkembangbiak lebih banyak lagi.

Mereka sudah mengatakan ini burung unik karena sangat sulit mendapatkan mutasi Murai Batu golden shama dari hutan. Biasanya burung seperti ini didapat dari hasil ternak.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa bertanya di Facebook Peternak Murai Batu Prestasi BSM BF Bandung.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • murai golden shama
  • burung murai batu golden

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.