2 Jenis Murai Batu Juara yang Makan 100 Jangkrik Sebelum Lomba

2 Jenis Murai Batu Juara yang Makan 100 Jangkrik Sebelum Lomba

Burungnya.com – Murai Batu dari dulu sudah makan jangkrik. Setiap hari biasanya Murai Batu diberi jangkrik 10-30 ekor. Namun, ternyata ada 2 jenis Murai Batu yang bisa menghabiskan 100 jangkrik sebelum lomba.

Coba bayangkan Murai Batu makan 100 jangkrik per hari. Kalau tidak terbiasa, burung tersebut bisa langsung over birahi. Namun, jika Murai Batu muda, tidak masalah diberi banyak jangkrik sekaligus.

Bahaya Memberikan Banyak Jangkrik ke Murai Batu

Berbeda kalau Murai Batu dewasa, pemberian jangkrik terlalu banyak malah berbahaya. Apa saja bahaya memberikan banyak jangkrik pada Murai Batu?

  • Murai Batu over birahi.
  • Burung Murai Batu jadi agresif dan galak.
  • Murai Batu sering mencabuti bulunya sendiri.
  • Burung Murai Batu sulit mabung.
  • Murai Batu gesek tangkringan atau gestang.
  • Suhu tubuh Murai Batu meningkat dengan cepat.
  • Burung Murai Batu tidak suka makan voer.
  • Murai Batu kegemukan.

Kendati demikian, kalau setingan Murai Batu memang terbiasa mengonsumsi banyak jangkrik dalam sehari, hal tersebut tidak terlalu bermasalah. Justru, kalau tidak diberi 100 ekor jangkrik, kemungkinan burung Murai Batu tersebut malah tidak bisa tampil maksimal.

Baca juga: 10 Cara Memaster Murai Batu yang Paling Benar Biar Cepat Masuk

Pertanyaannya sekarang burung Murai Batu siapa yang sanggup makan 100 jangkrik dalam sehari? Ternyata Murai Batu tersebut sudah sangat dikenal di kalangan kicau mania karena sudah sering juara lomba.

Nama Murai Batu yang Makan 100 Jangkrik

Burung Murai Batu yang diberi pakan jangkrik sebanyak 100 ekor adalah Murai Batu Superman dan Murai Batu Barongsay. Kedua burung ini sengaja diberi 100 jangkrik sebelum lomba untuk meningkatkan stamina dan membuat Murai Batu bongkar isian.

1. Murai Batu Superman

Seperti yang dikatakan oleh Om Affandi 21 SF Metro Lampung, Murai Batu Superman diberi 100 jangkrik dalam sehari (pagi sampai malam). Bahkan, kalau mau lomba, Murai Batu Superman diberi 100 jangkrik di hari Jumat dan 100 jangkrik lagi di hari Sabtu.

Loading...

Perawatan Murai Batu Superman terbilang standar, yaitu full umbaran dan jemur seperti biasa. Burung ini bisa diprediksi penampilannya bagus atau tidak di lomba, dilihat dari cara mandinya.

Baca juga: Rahasia Murai Batu Juara Ini Jangkrik Putih, Uang Rp 110 Juta Ditolak

Kata Om Affandi, kalau mandinya enak, biasanya Murai Batu Superman akan menang lomba. Kemudian di lapangan, kalau bisa ditempatkan di bagian tengah agar Murai Batu Superman ditekan oleh burung-burung lain. Semakin tertekan, biasanya Murai Batu Superman semakin bagus penampilannya.

2. Murai Batu Barongsay

Burung Murai Batu Barongsay dimiliki oleh Om Jackie Chan dan Andrie Boy. Apakah benar Murai Batu ini kuat makan 100 jangkrik?

Perawatan harian Murai Batu Barongsay sebenarnya menggunakan 40 ekor jangkrik (pagi 20 ekor – sore 20 ekor). Kemudian H-2 lomba Murai Batu ini diberi full kroto.

Baru sebelum lomba, Murai Batu Barongsay diberi 100 jangkrik. Burung ini juga diumbar tapi cuma seminggu sekali.

“100 jangkrik kita boom menjelang lomba akan dimulai. Kita buat kenyang burung, kemudian kita umbar mulai dari pagi sampai siang untuk menggenjot staminanya,” tambahnya, seperti yang disadur dari globalkicau.com (3/12/2018).

Selain itu pemilihan jangkrik juga tidak boleh sembarangan. Jangkrik yang diberikan harus segar. Jadi pilih jangkrik yang lincah dan sehat. Jangan memberikan bangkai jangkrik ke Murai Batu.

Hal yang perlu diketahui lagi, tempat penyimpanan jangkrik jangan diberi wadah bekas tempat telur. Lebih baik berikan pakan sayur, berupa kangkung, sawi, wortel, dan lain-lain.

Baca juga: 10 Pakan Tambahan Extra Fooding Terbaik Untuk Murai Batu Agar Cepat Gacor

Demikian beberapa Murai Batu yang kuat makan 100 jangkrik dalam sehari. Pemberian jangkrik sebenarnya baik, tapi jangan coba-coba memberikan 100 ekor jangkrik sekaligus. Apalagi bila burung Murai Batu Anda tidak terbiasa makan banyak jangkrik.

Hal ini karena bisa membahayakan kesehatan Murai batu tersebut. Kalau burung Murai Batu Anda sudah terbiasa diberi pakan 100 jangkrik, tidak masalah. Namun, kalau belum terbiasa, sebaiknya jangan dipaksakan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • murai batu juara
  • jenis murai batu yang bagus untuk lomba
  • berapa jangkrik untuk murai
  • Murai di beri jangkrik berapa
  • Tidak makan voer juara murai
  • voer juara untuk murai batu
  • jenis burung murai buat lomba
  • jenis burung murai batu untuk lomba
  • jangkerik mkn murai
  • boom full jangkrik cucak hijau

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!