5 Jenis Murai Batu yang Bagus

Burungnya.com – Apa saja jenis murai batu yang bagus? Banyak sekali burung murai terbaik, seperti murai batu ekor panjang atau murai batu gacor. Anda tinggal menentukan ingin membeli murai batu indukan atau murai batu lomba.

Setiap jenis burung murai memiliki keunikan masing-masing. Namun, untuk murai batu lomba, banyak kicau mania lebih suka jenis murai batu medan.

Entah kenapa burung ini lebih spesial. Mungkin karena performa murai batu medan di atas rata-rata jenis murai batu di Indonesia.

Pasalnya, murai batu medan mempunyai suara keras, gacor, dan penampilan lebih atraktif. Jadi, tidak hanya sisi suara saja yang menonjol, murai medan juga dikenal pintar menari dan aktif saat berada di depan burung betina.

Jenis Murai Batu yang Bagus

Namun, pembahasan kali ini tidak hanya tentang murai batu medan, tapi semua jenis murai batu yang bagus.

Kami akan menjelaskan beberapa informasi tentang jenis burung murai batu terbaik di Indonesia.

1. Murai Batu Medan

Murai Batu Medan MH Ekor Panjang Non Gembung Prospek
Murai Batu Medan MH Ekor Panjang Non Gembung Prospek

Menurut penjelasan dari orang Medan, murai batu medan sebenarnya sudah tidak ada lagi di alam. Namun, untungnya burung ini masih banyak yang menangkar.

Sehingga apabila Anda mencari murai batu medan tangkapan alam, dapat dipastikan sudah tidak ada lagi. Burung murai batu medan tersebar di daerah Padang Sidempuan, Pasaman, Aceh, Bukit Lawan, Kaki Gunung Leuser, Bohorok, dan Semenanjung Malaysia.

Ciri murai batu medan asli biasanya bertubuh besar, warna bulu hitam legam, kaki burung hitam, ekornya terdiri dari empat pasang bulu putih dan strip hitam yang memanjang secara horizontal sepanjang 30 cm.

Ciri khas murai batu medan suka cetrek-cetrekkan bulu ekor ke atas dan bawah. Ini untuk menarik perhatian lawan jenis dan menunjukkan dia sedang bahagia.

2. Murai Batu Nias

Jenis Murai Batu Nias
Jenis Murai Batu Nias

Kata penduduk setempat sudah tidak burung murai batu nias di hutan. Apabila ada murai batu yang katanya berasal dari nias, sebenarnya burung tadi dibawa dari Mentawai, Simeulue, dan Sinabang.

Jadi, jangan mudah percaya saat ada yang jual burung murai batu nias asli. Soalnya, burung ini yang asli alam sudah tidak ada. Hanya saja, para penangkar murai batu nias sudah bertebaran. Walau sebagian mungkin tidak berasal dari galur murni.

Ciri murai batu nias bertubuh kecil, ekor hitam, panjang ekor 17 cm, dan lincah. Suara murai batu nias sangat gacor dan pintar meniru suara burung lain.

Jadi ada kelebihan dan kekurangan. Apabila Anda suka jenis murai batu yang bagus dari fisiknya maka pilihlah murai batu medan. Namun, bila Anda suka dari sisi suara, pilih murai batu nias.

3. Murai Batu Kalimantan atau Borneo

Ciri Murai Batu Borneo (kicaumania373.wordpress.com)
Ciri Murai Batu Borneo (kicaumania373.wordpress.com)

Kami mendapatkan info dari Wikipedia bahwa Murai Batu kalimantan merupakan salah satu supspesies dari Copsychus Stricklandii dan Copsychus Barbouri.

Tak heran, kalau dilihat sekilas mereka tampak sama. Burung murai Batu kalimantan kebanyakan memiliki ekor 13 cm. Ada corak putih di bagian kepala yang menjadikan namanya White Rumped Shama.

Kharateristik burung ini suara keras dan lantang. Hebatnya lagi, burung murai batu ini sangat pintar menirukan suara burung lain. Jadi apabila Anda ingin memaster burung tersebut, pasti isiannya cepat sekali masuk.

4. Murai Batu Aceh

Jenis Burung Murai Batu Sinabang Aceh
Jenis Burung Murai Batu Sinabang Aceh

Sudah tak asing di telinga bahwa murai batu medan dan aceh masih berkerabat. Dari fisik mereka tampak sama. Ekor murai batu aceh bisa sampai 30 cm.

Walau ekor panjang, tapi penampilan burung ini bisa sangat memuaskan. Murai Batu Aceh bisa menguasai banyak suara isian. Bahkan, suaranya cenderung ngerol dan gacor.

Apabila orang-orang kesulitan mendapatkan murai batu medan, mereka akan beralih mencari murai batu aceh.

5. Murai Batu Bordan

Jenis Murai Batu Bordan
Jenis Murai Batu Bordan

Kalau Anda sedang mencari jenis murai batu yang bagus, kami merekomendasikan murai batu bordan.

Kenapa demikian? Jelas karena murai batu bordan merupakan kawin silang murai batu medan dan kalimantan atau borneo.

Sehingga wajar, kalau dari segi fisik bagus, kemudian suaranya juga bagus. Bisa dibilang burung ini paket komplit.

Jadi untuk menciptakan gacoan murai batu yang bagus, Anda diwajibkan pilih yang indukannya bagus juga.

Murai Batu Bordan Red King (omkicau.com)
Murai Batu Bordan Red King (omkicaucom)

Kesimpulan

Demikian jenis murai batu yang bagus. Dari semuanya tadi, memang yang paling terlihat mencolok adalah murai batu bordan.

Jadi, fisik bagus, suaranya juga bagus. Namun, apakah mudah menemukan murai batu borneo. Kalau ada penangkarnya di sana, sudah pasti lebih mudah mendapatkan murai batu borneo.

Jadi, primadona dari jenis murai batu sebenarnya adalah murai batu medan, kemudian aceh, dan terakhir kalimantan atau borneo.

Terima kasih telah membaca artikel Burungnya.com. Jangan lupa follow Instagram @burungnyadotcom dan Google News.

Artikel terkait

Leave a Comment