10 Jenis Pasir Kucing yang Bagus, Merek dan Harga

Burungnya.com – Untuk kucing peliharaan di rumah, Anda sebaiknya menyediakan pasir kucing. Pemberian pasir ini ditujukan agar kucing bisa membuang kotoran pada tempatnya.

Jangan sampai kucing dibiarkan buang kotoran atau pipis sembarangan. Nanti kucing bisa membuat seisi rumah kotor dan bau tak sedap. Selain itu, bila kotoran dibuang sembarangan, bisa jadi akan sulit dibersihkan.

Anda yang dari awal ingin memelihara kucing, sebaiknya sudah menyiapkan pasir kucing yang bagus. Soalnya ada beberapa jenis pasir kucing yang wangi dan bisa menyerap air kencing kucing secara maksimal.

Jenis Pasir Kucing

  • Pasir Bentonite
  • Jenis Pasir Organik
  • Pasir Kristal
  • Jenis Pasir Zeolite

1. Pasir Bentonite

Jenis pasir ini daya serapnya sangat tinggi, terutama pada air kencing kucing. Kalau untuk kotoran kucing, dia bisa menggumpal.

Aroma pasir bentonite juga wangi atau anti bau dan bagus untuk kucing rumahan. Selain itu, teksturnya lumayan halus sehingga kucing akan semakin nyaman.

2. Pasir Organik

Seperti namanya, kalau pasir organik berasal dari bahan organik, di antaranya kayu, kertas, hingga jagung. Tahukah Anda jenis pasir ini lebih bersih dari sebelumnya dan tidak mengandung bahan kimia.

Kelebihannya masih sama, yaitu bisa menyerap pipis dan mengurangi bau tak sedap pada kotoran kucing.

3. Pasir Kristal

Daya serap pasir ini sangat kuat. Teksturnya halus sehingga bisa membuat kucing nyaman. Pasir ini anti debu, jadi seisi rumah akan tetap bersih dan wangi.

Sayangnya, pasir kristal gampang menempel pada kaki kucing. Risikonya pasir bisa tertelan kucing.

4. Pasir Zeolite

Selanjutnya ada pasir kucing zeolite atau pasir kucing cuci ulang. Hal yang menarik dari pasir ini adalah dapat dicuci lagi berulang kali sehingga lebih hemat.

Banyak cat lover memilih pasir kucing yang bagus ini lantaran bisa digunakan kembali. Mereka menyebut pasir zeolite lebih hemat dan murah.

Merek Pasir Kucing yang Bagus Terbaik

1. Pasir Catsan

Merek Catsan memiliki tekstur yang sangat halus dan wanginya alami. Pasir tanpa bahan kimia berbahaya. Bahkan, pasir ini mudah menggumpal dan gampang dibersihkan.

Kelebihan pasir ini mudah menggumpal, wangi alami, tekstur halus, bisa untuk semua jenis kucing, dan tidak ada bahan kimia.

Sayang pasir ini cuma tersedia dalam kemasan 5 liter dan baunya monoton tanpa variasi aroma lainnya.

Harga pasir Catsan termurah Rp 40.000 belinya di Shopee untuk kemasan 5 liter.

2. Pasir My Lovely Cat

Salah satu pasir zeolite terbaik memiliki merek My Lovely Cat. Pasalnya, pasir ini mempunyai 3 jenis tingkat kasar. Jenis 1 halus, jenis 2 sedang, dan jenis 3 kasar.

Walau berbeda teksturnya, tapi ketiga pasir ini memiliki harga yang sama. Ada juga kelebihan lainnya yang dimiliki oleh my lovely cat.

Kelebihan pasir kucing My Lovely Cat ialah banyak jenis tekstur, dapat menyerap pipis dengan cepat, bisa dicuci ulang, terbuat dari bahan aman tanpa kimia berbahaya.

Meski begitu, aroma pasir ini kurang wangi dan tersedia dalam satu pilihan kemasan saja.

Harga pasir kucing My Lovely Cat paling murah Rp 51.000 kemasan 25 kg di Bukalapak.

3. Pasir Keskow Organik

Tahukah Anda pasir dengan nama Keskow Organik ini benar-benar pasir organik yang terbuat dari serbuk organik dan kertas. Semua bahan alami tanpa campuran bahan kimia.

Pasir tidak mengandung debu sehingga kucing tidak akan gampang bersin. Tingkat penyerapan pipis kucing cukup tinggi dan cukup wangi. Hebatnya lagi, pasir Keskow Organik ini dapat dijadikan kompos tanaman.

Kelebihan pasir ini 100 persen bahan alami, bisa untuk anak kucing sensitif, tidak berdebu, bisa untuk kompos, dan daya serap tinggi.

Kekurangan Keskow Organik cuma pilihan aroma sedikit dan mudah jamuran apabila disimpan lama.

Harga pasir Keskow Organik paling murah Rp 45.000 belinya di Shopee dengan ukuran 10 liter.

4. Pasir Maxi Catsand

Ada lagi merek pasir yang bagus untuk kucing yaitu Maxi Catsand. Merek ini termasuk pasir bentonite, jadi gampang sekali menggumpal.

Nah, gumpalan ini yang dibersihkan sehingga pasir yang lain bisa dipakai kembali. Aroma pasir Maxi cukup banyak, seperti lavender, kopi, lemon, mawar, dan apel.

Selain itu, tekstur dari pasir ini sangat nyaman untuk kucing karena tidak berdebu. Yang paling penting kelebihan lainnya.

Ada beberapa kelebihan Maxi Catsand di antaranya aroma banyak sekali, pasir mudah gumpal, wangi awet, bahan berkualitas, tidak ada bahan kimia berbahaya.

Kendati demikian, pasir ini tidak murah ya. Terlebih ukurannya cuma satu varian saja, yakni 7 kg.

Saat kami dari Burungnya.com mencari kisaran harga pasir kucing Maxi Catsand, diketahui harga termurah adalah Rp 134.000 per 30 liter di Tokopedia.

5. Pasir Ever Clean

Satu lagi pasir kucing terbaik yang masuk daftar kami yaitu Ever Clean. Pasir ini mengandung karbon aktif yang membuat pasir mudah menyerap kotoran kucing dengan cepat. Baunya pun cepat menghilang mungkin karena karbon aktif tadi.

Untuk kucing sensitif, pasir ini sangat aman karena tidak diberi parfum sama sekali. Jadi wajar kalau pasir Ever Clean tidak terlalu wangi. Meski begitu, pasir ini mengandung antimikroba yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri di pasir.

Kelebihan Ever Clean sudah pasti karena bisa menyerap pipis kucing dengan cepat, mudah menggumpal, tidak ada bahan kimia berbahaya, dan aman untuk kucing sensitif.

Walau kelebihannya banyak, tapi cukup sulit sekali mendapatkan pasir kucing Ever Clean. Jadi jangan harap Anda akan mudah menjumpainya di pet shop pet shop kesayangan Anda.

Untuk harga Ever Clean termurah bisa dibeli di Shopee seharga Rp 91.000 per 10 liter.

Loading...
Merek Pasir Kucing dan Harga (py-pet.com)
Merek Pasir Kucing dan Harga (py-pet.com)

6. Pasir Kitty Sand

Ternyata pasir Kitty Sand tergolong pasir zeolit dari batu kerikil warna putih. Sudah pasti pasir ini bisa menyerap kotoran kucing sangat cepat dan gampang dibersihkan.

Ini karena Kitty Sand terbuat dari batu kerikil. Kelebihan dari pasir merek ini adalah bisa dipakai berkali-kali, daya serap cepat, aman untuk semua kucing, bahan alami, dan mudah dibersihkan.

Meski begitu, pasir tersebut tidak terlalu wangi dan harganya mahal. Kami sempat melihat pasir Kitty Sand di beberapa marketplace, tapi harganya memang tidak murah.

Harga pasir kucing Kitty Sand termurah ada di Shopee yakni Rp 141.800 ukuran 7,6 liter.

7. Pasir Champion

Lagi-lagi merek pasir zeolit untuk kucing yaitu Champion. Kemasan pasir ini cukup menarik karena memiliki zipper. Tidak hanya kemasan saja, Champion juga memiliki sejumlah kelebihan.

Pasir Champion dapat menyerap kotoran kucing dengan cepat. Di samping itu, pasir ini mudah sekali menggumpal dan gampang dibersihkan.

Apa lagi ya? Oh iya, daya serap pipis cepat sekali, kemudian kemasan awet sehingga pasir dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Namun, ada kekurangannya yakni aromanya kurang menyengat dan pilihannya sedikit. Lalu, butiran pasir cukup besar sehingga kadang kucing tidak nyaman.

Harga Champion di Shopee cuma Rp 37.500 dengan kemasan 8 liter. Murah bukan?

8. Pasir Pets Dream Universal Hygienic

Nama pasir ini agak kebaratbaratan ya. Tapi tenang saja, Anda bisa mendapatkan pasir tersebut di pet shop Indonesia.

Tahukah Anda, kenapa namanya cukup asing di telinga karena bahannya juga berbeda dari yang lain. Pets Dream Universal Hygienic terbuat dari bahan serat tumbuhan alami.

Pasir ini tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Anda juga tidak perlu khawatir saat diberikan kucing sensitif karena pasir tersebut tidak mengandung debu.

Walau namanya terkesan mahal, tapi harganya masih standar atau sedang. Kelebihan dari pasir ini bahan alami, cepat gumpal, mudah dibersihkan, dan daya serap tinggi.

Sayang karena bahan yang alami tadi, pasir ini justru tidak tahan lama. Selain itu aroma wanginya tidak terlalu tercium mungkin karena dari serat tumbuhan alami.

Harga pasir Pets Dream Universal Hygienic sekitar Rp 266.500 per 15 kg di Tokopedia. Kalau Anda mau lebih murah, beli saja varian 1 kg seharga Rp 26.000.

9. Pasir Aristo Natural Pine

Tadi cukup kebaratbaratan, sekarang kealamialamian. Bahasa opo sih iki? Maklum efek durung ngopi lur. Haha

Lanjut bos, jadi pasir Aristo Natural Pine dibuat dari bahan organik atau tepatnya pelepah pohon pinus. Jadi wajar bila pasir ini dapat menyerap bau kotoran dengan sangat kilat cepat dan wus wus.

Apalagi di dalamnya tidak ada bahan kimia berbahaya sama sekali. Bahan pasir mbah Aristo ini 100 persen alami tanpa pengawet.

Anda bisa menggunakan pasir ini sebagai kompos atau pupuk tanaman. Sayangnya, pasir ini mudah sekali kotor dan gampang terbakar. Meski begitu, teksturnya lembut seperti tidur di pasir halus.

Hati-hati karena pasir ini mudah terbakar dan kotor. Selain itu harganya terbilang mahal.

Anda bisa mendapatkan pasir Aristo Natural Pine dengan harga Rp 138.000 kemasan 3 kg di Lazada.

10. Pasir Dr. Elsey’s Classic

Seperti namanya, pasir ini merupakan jenis bentonite sehingga mudah sekali menggumpal saat terkena kotoran kucing.

Nah, karena mudah menggumpal, pemilik kucing justru mudah membersihkannya. Anda akan lebih mudah membersihkannya sehingga kandang kucing dan kotak pasir lebih bersih.

Kelebihan lainnya, daya serap tinggi, bahan aman, cocok untuk semua kucing, tidak berdebu, dan gampang dibersihkan.

Sayang aroma pasir ini kurang wangi dan cukup sulit didapatkan di Indonesia. Anda mungkin harus membelinya secara online untuk mendapatkannya.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis pasir kucing yang bagus lengkap dengan merek dan harga. Jenis pasir ada empat sementara merek dan harganya bervariasi.

Anda sebaiknya membelikan kucing pasir yang alami, tanpa bahan kimia berbahaya. Selain pilih pasir yang mudah dibersihkan dan dapat digunakan kembali agar lebih hemat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Referensi: merekbagus.id

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!