5 Jenis Perkutut Bisa Berubah Jadi Ular di Waktu Tertentu

Burungnya.com – Kalau sudah bicara tentang burung Perkutut, terkadang sesuatu yang tidak mungkin bisa menjadi kenyataan. Sama seperti mitos burung Perkutut yang konon katanya bisa berubah jadi ular. Apakah benar ada jenis Perkutut yang bisa mengubah wujudnya menjadi seekor ular?

Salah satu situs dunia spiritual dan supranatural bernama Harta Langit pernah membahas tentang jenis dan ciri burung Perkutut yang bisa berubah menjadi ular di waktu-waktu tertentu.

Perkutut yang berubah jadi seekor ular merupakan misteri dan mitos terkenal di zaman dulu. Orang tua zaman dulu sering menceritakan adanya burung Perkutut yang dapat mengubah dirinya menjadi ular.

Logika Perkutut Berubah Jadi Ular

Kalau dipikir secara logika, tentu hal tersebut sangat mustahil. Sebab, burung Perkutut dan ular merupakan jenis hewan yang berbeda. Satunya hewan yang dapat terbang, satunya lagi tidak bisa.

Namun kalau sudah berhubungan dengan hal gaib, kemungkinan seekor burung bisa diubah menjadi ular. Terlebih corak bulu burung Perkutut ini sekilas mirip dengan sisik ular. Kemungkinan burung tersebut berkamuflase di waktu tertentu sehingga terlihat seperti ular.

Saat Bertemu Perkutut yang Berubah Menjadi Ular

Kata orang tua zaman dulu, saat Anda melihat Perkutut yang ditangkap tiba-tiba berubah jadi ular, maka segera gosok tubuh ular ke tanah yang berdebu atau siram dengan air. Dengan begitu, beberapa saat kemudian efek kamuflase ular akan hilang dan berubah lagi menjadi burung Perkutut.

Kalau perubahan wujudnya terjadi di dalam kandang, maka tutupi kandangnya dengan kerodong batik atau kain batik. Beberapa saat kemudian, ular yang berada di dalam kandang akan berubah lagi menjadi burung Perkutut.

Berbeda ceritanya kalau perut ular tersebut terlihat besar, kemungkinan besar burung Perkutut Anda sudah dimakan oleh ular asli. Sehingga ular tersebut tidak bisa berubah ke wujud burung dan Perkutut Anda akan hilang selamanya.

Jenis Perkutut yang Konon Bisa Berubah Jadi Ular

1. Perkutut Larasati

Perkutut Larasati (hartalangit.blogspot.com)
Perkutut Larasati (hartalangit.blogspot.com)

Burung Perkutut ini mempunyai ciri berupa pantat yang berwarna kekuningan seperti burung Trucukan. Sementara warna bulu, fisik, dan lurik sama seperti Perkutut yang lain.

Konon katanya, Perkutut Larasati bisa berubah jadi ular saat tertangkap manusia. Kalau sedang menjadi ular, dia akan berubah menjadi burung lagi saat disiram dengan air atau tubuhnya digosokkan ke tanah.

2. Perkutut Punden

Ilustrasi Perkutut Punden Katuranggan Songgo Ratu (hartalangit.blogspot.com)
Ilustrasi Perkutut Punden Katuranggan Songgo Ratu (hartalangit.blogspot.com)

Seperti namanya, Perkutut Punden merupakan burung yang gemar mendiami sebuah punden atau tempat keramat. Burung ini sangat sulit ditangkap karena sebagian merupakan burung Perkutut gaib peliharaan makhluk gaib penunggu punden.

Kalau mau menangkap burung Perkutut Punden biasanya diperlukan ritual atau syarat tertentu sebagai mahar atau tebusan. Setelah itu, seseorang baru bisa memilikinya.

Namun, bila Anda sudah dipilih olehnya atau memang sudah berjodoh, maka burung tersebut yang akan datang sendiri kepada Anda.

Loading...

3. Perkutut Mujur

Perkutut Mujur (hartalangit.blogspot.com)
Perkutut Mujur (hartalangit.blogspot.com)

Secara fisik Perkutut Mujur sama dengan jenis Perkutut lainnya. Namun, ada yang unik dan menjadi ciri khususnya yaitu kalau tidur dia selalu posisi sejajar dengan tangkringan.

Pada malam-malam tertentu, konon katanya Perkutut Mujur akan mengeluarkan suara mendesis mirip ular. Kemudian burung ini akan berubah menjadi ular.

4. Perkutut Korowelang

Perkutut Korowelang (hartalangit.blogspot.com)
Perkutut Korowelang (hartalangit.blogspot.com)

Katuranggan Perkutut ini memiliki garis-garis kehitaman mirip ular welang atau weling. Garis tersebut terkadang bisa tembus sampai ke bagian bulu sayap.

Burung Perkutut Korowelang bersarang di tanah. Ini termasuk Perkutut langka dan sulit ditemukan. Konon katanya, di waktu-waktu tertentu, Perkutut ini bisa berubah menjadi ular.

5. Perkutut Sriwiti (Leher Ular Kobra)

Ciri khusus Perkutut Sriwiti mempunyai ekor panjang dan leher panjang melengkung menyerupai ular kobra. Saat bertengger, tubuhnya tegak dengan kepala melengkung dan ekor lurus ke bawah.

Karakter burung ini sangat tenang, suka berdiam lama, dan sorot matanya tajam. Bentuk leher yang mirip ular kobra menjadikannya banyak orang menyebut burung ini Perkutut leher kobra. Konon burung ini juga bisa berubah menjadi ular di waktu-waktu tertentu.

Baca juga:

Kesimpulan

Perubahan burung Perkutut jadi ular belum diketahui apakah benar-benar berubah wujud menjadi ular atau hanya kamuflase. Kemungkinan lain Perkutut tersebut memiliki bulu yang menyerupai ular sehingga saat gelap terlihat seperti ular.

Kalau bicara tentang gaib, ada kemungkinan burung seperti ini memiliki kekuatan atau ilmu yang bisa membuat seseorang melihatnya seolah-olah berubah menjadi ular.

Namun, kami belum bisa memastikannya karena kami juga belum pernah melihatnya secara langsung. Apabila Anda memiliki pengalaman atau cerita tentang Perkutut yang berubah jadi ular, silakan tambahkan di kolom komentar.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • mitos burung perkutut tidur di bawah
  • mitos perkutut larasati
  • perkutut katuranggan sriwiti
  • perkutut larasati
  • burung perkutut berubah jadi ular
  • mitos burung perkutut tidur dibawah
  • katuranggan kutut di kepala ada batiknya
  • ciri perkutut korowelang
  • keistimewaan perkutut mujur
  • ciri burung perkutut sriwiti

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!