5 Jenis Sarang Burung Walet Terbaik di Indonesia

Burungnya.com – Sebenarnya sarang burung Walet yang bagus itu seperti apa? Bagus tidaknya sarang Walet bisa dilihat dari warna, ukuran, dan bentuk. Sarang Walet warna putih belum tentu bagus, karena kemungkinan sudah menjalani proses pemutihan.

Sarang burung Walet terbaik biasanya berbentuk mangkok, original dari sarang, sudah putih bersih saat dipanen, dan minim perlakuan terhadapnya.

Ada beberapa jenis sarang Walet yang dinilai bagus ternyata tidak bagus. Sarang ini mengandung banyak perlakuan, seperti pembersihan, pencabutan sisa bulu, pemutihan, dan penjemuran.

Alhasil sarang Walet jadi kelihatan sempurna, tapi pada dasarnya tidak. Sehingga kalau ketahuan, harga sarang Walet ini bisa turun drastis.

Baca juga: Indonesia Ekspor 80 Ton Sarang Walet ke China Harga Rp 2,2 Triliun

Lebih mahal lagi sarang Walet jenis mangkok dan tanpa modifikasi. Sarang ini hanya dibersihkan sedikit bagian bulu halusnya. Kemudian kuman dihilangkan dengan cara penguapan.

Bila sudah diuapkan, sarang bisa dibersihkan ulang. Kondisi sarang masih utuh sehingga dihargai mahal.

Jenis Sarang Burung Walet Terbaik (yupthatexists.com)
Jenis Sarang Burung Walet Terbaik (yupthatexists.com)

Jenis Sarang Burung Walet Terbaik

1. Sarang Walet Mangkok Bowl AAAA Original

Ini sarang walet terbaik karena perlakuan terhadap sarang sangat sedikit. Kualitas sarang burung Walet sudah baik sehingga harganya mahal.

Ukuran sarang Walet mangkok grade AAAA biasanya lebih dari 3 jari. Perlakuan terhadap sarang seperti sangat minim, biasanya cuma mencabut bulu ringan pada sarang.

Pencabutannya pun dilakukan secara manual sehingga tidak merusak serat pada sarang walet. Setelah dicabuti bulunya, sarang Walet dibersihkan tanpa ada proses pemutihan sama sekali.

Tekstur sarang walet original AAAA bentuk mangkok biasanya berserat dan sedikit bergelombang. Ini tanda sarang masih alami dan kualitasnya bagus.

Kalau sarang kondisi permukaannya mulus dan halus, justru Anda harus curiga karena karena kemungkinan sarang Walet sudah ditambal dan dicampur zat tertentu agar sarang terlihat sempurna.

Baca juga: 7 Ciri Sarang Walet Asli yang Bagus

2. Sarang Walet Warna Merah

Mengapa ada sarang Walet warna merah? Apakah warna merah ini karena bahan pewarna? Perlu Anda ketahui, warna merah di sini merupakan air liur dan campuran darah burung Walet saat proses bertelur.

Jadi ini bukan darah hasil perkelahian antar burung, tetapi murni terjadi alami saat burung Walet mengeluarkan telur.

Sarang Walet merah atau rednest sangat langka sehingga banyak orang memberikan pewarna amoniak dan dicampur feses kotoran Walet.

Padahal hal semacam itu justru tidak sehat dan berbahaya bila dikonsumsi. Lebih baik beli dari penangkaran yang terpercaya agar Anda tidak tertipu sarang Walet merah palsu.

Loading...

Baca juga: 13 Manfaat Sarang Burung Walet Untuk Kesehatan dan Kecantikan

3. Sarang Walet Segitiga atau Sudut

Dari namanya sudah kelihatan bahwa sarang Walet ini berbentuk segitiga. Mengapa bentuknya segitiga? Ini karena sarang yang dibuat Walet terlalu kecil atau lokasinya berada di sudut gedung, sehingga bentuknya segitiga.

Apakah kualitas sarang walet sudut sama dengan sarang walet mangkok? Kalau bicara soal kualitas, tentu lebih bagus sarang walet mangkok karena lebih besar dan empuk.

Sarang Burung Walet Terbaik (delishably.com)
Sarang Burung Walet Terbaik (delishably.com)

4. Sarang Walet Strip atau Sobek

Ada juga sarang Walet strip yang bentuknya seperti sobek-sobek. Sarang ini memang sengaja dijual dalam kondisi sobek. Padahal, bisa saja sarang walet tersebut dicetak dulu dalam bentuk mangkok atau segitiga.

Alasan sarang Walet dibiarkan sobek karena memang dijual untuk campuran makanan seperti sup Walet. Harga sarang Walet strip seperti ini murah tapi kandungan gizinya sama seperti sarang Walet lain.

Baca juga: 7 Perbedaan Sarang Walet Asli dan Palsu

5. Sarang Walet Patahan atau Rusak

Nah, sarang Walet paling murah adalah sarang Walet patahan. Sebab, sarang walet ini sudah disortir yang kualitasnya buruk. Mengapa sarang walet bisa rusak?

Kerusakan pada sarang ini karena pengambilan atau panen yang kurang benar, kerusakan dalam pengiriman, sarang jatuh, atau sisa-sisa sarang Walet.

Sarang Walet patahan murah sekali karena bentuknya tidak sempurna. Namun, biasanya sarang seperti ini tidak mengalami perlakuan berlebih sehingga bisa dibilang alami.

Walau peminatnya tidak terlalu banyak, tapi sarang Walet patahan ada pasarnya tersendiri. Mungkin sarang Walet ini dibeli untuk campuran makanan atau kosmetik lainnya.

Baca juga: Harga Sarang Walet Asli 100 Persen Kualitas Super Grade AAAA

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis sarang burung Walet terbaik di Indonesia. Untuk sarang Walet terbaik biasanya berbentuk mangkok dan segitiga. Apakah yang lain masih bisa dikatakan sarang Walet terbaik? Tentu saja, kandungan di dalam sarang Walet masih sama, hanya bentuk dan tekstur saja yang berbeda.

Meski begitu, setiap peternak Walet mempunyai standar kebersihan dan kualitas masing-masing. Nantinya, kualitas sarang Walet yang terbaik akan mendapatkan hati di kalangan pecinta sarang Walet, terutama di luar negeri.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!