Karakter Burung Kenari Mudah Jinak (omlet.us)

5 Karakter dan Kelebihan Burung Kenari

Burungnya.com – Dari sekian jenis burung, ternyata masih banyak yang mengidolakan burung Kenari. Burung ini termasuk ke dalam jenis burung kecil tapi suaranya merdu dan gacor. Isian lagu burung Kenari lebih banyak dan bervariasi. Namun, tahukah Anda apa saja kelebihan dan karakter burung Kenari?

Sampai sekarang banyak kicau mania memelihara Kenari. Tentu alasannya karena suara Kenari yang gacor dan bisa ngerol panjang. Selain itu, harga Kenari relatif stabil, meski di beberapa daerah harganya menurun tajam.

Hal tersebut tidak masalah, mengingat banyak sekali peternak Kenari. Burung ini termasuk yang mudah diternak, sehingga persaingan di dunia jual beli Kenari menjadi semakin tinggi.

Karakter dan Kelebihan Burung Kenari (chewy.com)
Karakter dan Kelebihan Burung Kenari (chewy.com)

Kelebihan Burung Kenari

Nah, berbicara tentang Kenari, Anda harus tahu kelebihan dan karakternya. Sebab, saat akan memelihara burung, Anda harus mengetahui karakter burung tersebut. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam proses perawatan.

1. Kenari Tidak Mudah Stres

Karakteristik burung Kenari yaitu tidak mudah stres. Jadi apabila ingin bisnis ternak Kenari, Anda tidak perlu khawatir, karena burung ini tidak mudah stres.

Walaupun kerap dipindah kandangnya, burung Kenari tetap akan berkicau. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan Kenari yang tidak dimiliki oleh jenis burung lain.

Biasanya jenis burung lain akan mengalami stres jika dipindah kandangnya. Sehingga, burung tersebut tidak mau berkicau. Namun, burung Kenari lebih tangguh dan mudah beradaptasi, sehingga tidak masalah kalau cuma pindah kandang.

Tak heran Anda kerap melihat burung Kenari memenangkan berbagai jenis kontes burung di Tanah Air.

2. Burung Kenari Tipe Petarung

Di habitat aslinya Kenari dikenal sebagai burung petarung. Kicauannya yang indah dengan suara melengking dapat dijadikan bukti bahwa burung ini ingin diakui kejantanannya.

Hal ini yang menjadi salah satu faktor pecinta burung berbondong-bondong ingin segera membawanya pulang untuk dipelihara.

Bahkan, sebagian orang ingin memelihara Kenari untuk masteran burung lain. Sebab, suara burung ini tipikal kasar yang bisa mengulang-ulang suara atau ngerol.

3. Kenari Mudah Beradaptasi

Tahukah Anda, Kenari sejatinya merupakan jenis burung endemik dari Afrika dan Eropa. Namun, karena kemampuannya beradaptasi di lingkungan baru, maka burung Kenari sangat layak untuk diternakkan sekaligus dipelihara di Indonesia.

Jangan heran, di segala macam cuaca baik panas atau dingin, burung Kenari tetap bisa hidup bahagia. Lihat saja, para peternak Kenari di Surabaya dan Malang.

Loading...

Walau kedua kota tersebut mempunyai suhu udara yang berbeda karena satunya panas dan satunya dingin, tetapi burung Kenari bisa hidup dengan nyaman.

4. Burung Kenari Mudah Dijinakkan

Biasanya burung Kenari mulai berkicau keras saat bertemu dengan pemiliknya atau pasangannya. Burung ini mudah untuk dijinakkan karena bukan burung tangkapan hutan. Kenari merupakan burung hasil dari penangkaran.

Oleh karena itu, Kenari akan cepat mengenali pemiliknya dengan mengeluarkan kicauan merdu melengking dan gacor. Apalagi jika Anda merawat Kenari sejak anakan, tentu hubungan Anda dengan burung tersebut akan semakin erat.

Inilah salah satu karakteristik burung Kenari yang tidak akan ditemukan pada jenis burung lain. Jadi tunggu apalagi, segera beli burung Kenari di kios burung, pasar burung, atau toko online.

5. Kenari Mudah Birahi

Ternyata burung Kenari memiliki kebiasaan yang mudah naik birahinya, terutama burung jantan. Untuk burung lomba, mungkin Kenari jantan akan sedikit sulit dalam proses perawatannya. Namun, untuk ternak justru memudahkan para peternak mengembangbiakkan Kenari.

Sebab, saat lomba sebisa mungkin tingkat birahi Kenari dibuat stabil atau agar birahi sedikit. Namun, ketika diternak, birahi Kenari jantan harus tinggi agar cepat kawin dengan Kenari betina.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian karakter dan kelebihan burung Kenari. Sampai sekarang harga burung Kenari masih tergolong tinggi bila dibandingkan dengan Lovebird. Sehingga banyak sekali yang terpikat untuk memelihara burung Kenari, terutama yang sudah mapan dan gacor.

Kicau mania bisa memelihara Kenari di rumah untuk menghidupkan suasana atau diternak di penangkaran. Jika tidak mau ribet ternak Kenari, biasanya kicau mania lebih memilih mengajak burung tersebut ke arena lomba.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Cara rawat kenari kalakter panas biar gacor
  • kelebihan dan kekurang kenari hasil ternak dan ombyokan
  • Kenari tipe

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!