5 Karakter Dasar Murai Batu untuk Menentukan Perawatan

5 Karakter Dasar Murai Batu untuk Menentukan Perawatan

Burungnya.com – Burung Murai Batu mempunyai karakter yang tidak sama. Sehingga Anda harus memahami seperti apa karakter burung tersebut. Tujuannya agar Anda lebih mudah menentukan perawatan atau setingan yang tepat.

Tidak hanya karakter, sifat, dan gaya bertarung burung Murai Batu juga berbeda. Setiap asal usul Murai Batu ternyata gaya bertarungnya juga tidak sama. Kami pernah membuat artikel perbedaan gaya bertarung Murai Batu ngobra, gembung, dan teler. Masing-masing burung tersebut berasal dari tempat yang berbeda, seperti Medan dan Kalimantan.

Nah, sekarang pembahasan kita fokuskan pada karakter burung Murai Batu. Diharapkan dengan mengetahui karakter Murai Batu, maka Anda dapat menentukan perawatan terbaik untuk burung tersebut.

Murai Batu Bakalan Cepat Bunyi (arenahewan.com)
Murai Batu Bakalan Cepat Bunyi (arenahewan.com)

Karakter Dasar Murai Batu

1. Tipe Petarung

Murai Batu merupakan burung tipe petarung yang cepat sekali panas. Jadi, burung ini mempunyai ego dan emosi yang tinggi. Saat bertemu dengan burung sejenis, Murai Batu biasanya langsung melawan dan ingin bertempur satu lawan satu.

2. Tidak Mudah Stres

Burung Murai Batu konon katanya tidak mudah stres. Sehingga walau dibawa lomba bepergian jauh, burung ini masih bisa tampil maksimal. Berbeda dengan jenis burung lain yang mudah sekali stres saat berada di tempat baru atau berada di pemilik baru. Namun, bukan berarti Murai Batu tidak bisa stres. Burung ini bisa stres tapi jarang sekali.

3. Mudah Beradaptasi

Murai Batu pintar beradaptasi terhadap lingkungan. Walau sering diajak ke gantangan yang berbeda daerah, burung ini dapat cepat menyesuaikan kondisi dengan baik. Jika dirawat dengan tulus dari kecil sampai besar, burung ini bisa jinak.

4. Cepat Naik Birahi

Seperti pria yang sedang melihat wanita s3ks1, burung Murai Batu bisa cepat naik birahi saat melihat burung betina. Bahkan, gara-gara pemberian pakan EF (Extra Fooding) saja burung ini bisa over birahi. Tak hanya itu, Murai Batu juga dapat over birahi saat dijemur terlalu lama.

5. Tidak Mau Kalah

Kalau mental tempurnya bagus, burung Murai Batu selalu ingin bertarung dengan burung lain. Murai Batu seperti burung teritorial yang ingin mempertahankan wilayahnya. Tak heran, saat di perlombaan burung ini selalu memperlihatkan gaya bertarung khas dari daerahnya masing-masing.

Loading...
Ciri Murai Medan (belanjaburung.com)
Ciri Murai Medan (belanjaburung.com)

Perawatan Murai Batu

Setelah mengetahui karakter dasar Murai Batu, Anda pasti bisa menentukan perawatan seperti apa yang cocok untuk burung tersebut.

Misalnya, burung Murai Batu tidak perlu dijemur terlalu lama, pemberian pakan EF tidak perlu berlebihan, diberi untulan agar tidak over birahi, ditrek dengan burung lain agar emosinya naik, dan lain-lain.

Kesimpulan

Demikian beberapa karakter dasar Murai Batu yang dapat membantu Anda menentukan perawatan yang cocok. Burung ini mudah dipahami apabila Anda sudah mengetahui karakter dan sifat dasarnya.

Baca juga:

Jadi, Anda dapat menentukan setingan yang tepat untuk Murai Batu. Dengan begitu, saat di lapangan burung bisa tampil maksimal dan mempunyai mental fighter.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!